Peluang Kerja Jurusan Teknik Informatika

Peluang Kerja Jurusan Teknologi Informatika
Peluang Kerja Jurusan Teknologi Informatika

Apa itu Teknik Informatika? Teknik Informatika ialah suatu pembelajaran teknik yang mempelajari pengolahan logika matematika dengan informasi dan pengolahan simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer.

Sebenarnya ada banyak penjelasan mengenai Teknik Informatika itu sendiri. Namun, semua penjelasan itu intinya ialah mengenai suatu pembelajaran atau teknik belajar yang menerapkan logika matematika dan lainnya dengan memanfaatkan teknologi komputer. Atau lebih ringkasnya ialah suatu teknik yang berhubungan dengan teknologi komputer.

Bagi yang telah sedikit mengenal mengenai Teknik Informatika atau TI mungkin akan berpendapat jika seseorang yang belajar atau bersekolah dibidangnya TI pasti akan memiliki masa depan yang cerah dan pasti orang tersebut merupakan orang cerdas.

Mereka berpendapat seperti itu pasti memiliki alasan tertentu, mereka berfikir jika seseorang yang pandai mengoperasikan komputer bahkan yang terjerumus ke dalam dunia tersebut pasti memiliki kemampuan yang luar biasa.

Mungkin pendapat masyarakat mengenai Teknik Informatika ini berlebihan namun mungkin ada benarnya juga. Mengapa? Karena memang biasanya orang TI ini memang cerdas jadi mereka dapat mempelajari sendiri hal-hal baru yang baru saja ada di bidang TI ini. Semua yang berkaitan dengan Teknik Informatika ini berhubungan dengan software bukan hardware.

Semua hal yang dipelajari disini berkaitan dengan software mungkin ada sedikit pembelajaran mengenai hardware supaya dapat mengenal mengenai hardware namun, fokus pembelajarannya tetap pada softwarenya. Sedangkan jurusan yang membahas mengenai hardware komputer bernama Teknik Komputer.

Jika membahas mengenai Teknik Informatika khususnya untuk anak SMK tidak akan lepas membahas mengenai TKJ, Multimedia dan RPL. Pasti banyak siswa SMP yang bingung dalam memilih ketiga jurusan tersebut jika belum tahu pasti apa perbedaan ketiga jurusan tersebut. Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih antara ketiga jurusan tersebut lebih baik Anda perhatikan ulasan dibawah ini. Apa sih perbedaan ketiganya?

1. TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Pada jurusan ini yang akan Anda pelajari ialah berkaitan dengan hardware dan software komputer namun, bobotnya berbeda. Untuk hardware hanya akan di pelajari sekitar 40% dan sisanya akan mempelajari mengenai software. Biasanya pada kelas 1 SMK jurusan ini Anda akan diajarkan semua yang berkaitan dengan TI entah itu dari TKJ, RPL ataupun multimedia. Jadi, Anda dapat mengenal ketiganya dan pada kelas 2 dan 3 barulah Anda fokus mempelajari jaringannya. Dari mulai linux yang merupakan sistem operasi wajib yang harus dimengerti anak jaringan, fiber optik, koneksi jaringan, penyambungan LAN, dan masih banyak lagi mengenai jaringan.

2. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Pada RPL ini Anda akan belajar mengenai program. Bahkan biasanya anak RPL sering disebut sebagai programmer karena memang mereka khusus mempelajari mengenai program dan bertemu dengan coding. Jadi, untuk orang yang mudah bosan biasanya tidak cocok dengan jurusan ini. Jurusan ini memang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena mereka membuat suatu program atau yang notabennya virtual atau tidak terlihat tidak ada wujudnya. Namun, anak coding biasanya banyak dicari perusahaan. Jadi, tidak sia-sia kalian belajar susah-susah seperti itu.

3. Multimedia

Untuk jurusan yang satu ini mungkin bisa dianggap merupakan jurusan yang asik dan tidak membosankan. Jurusan ini akan mempelajari mengenai bunyi, wujud, tulisan dan sebagainya yang masih berkaitan dengan hal tersebut. Atau lebih mudahnya seperti di Dunia televisi.

Kalian akan belajar mengenai grafik dan audio, jadi, peluang kerja Anda setelah lulus berada di stasiun-stasiun televisi ataupun yang lainnya. Anda juga diajarkan mengenai Photoshop, Corel dan aplikasi pengolahan gambar lainnya. Biasanya jurusan ini paling banyak diminati karena memang menarik dan tidak membosankan. Seperti kedua jurusan diatas.

Biasanya ada beberapa anak TI yang kadang takut akan menjadi apa (pekerja) dia setelah lulus jurusan ini karena sebenarnya iya tidak tahu apapun mengenai jurusan ini. Atau bahkan dulu dia masuk jurusan ini hanya ikut-ikut temannya dan gengsi. Hingga akhirnya dia pusing saat akan kelulusan.

Jadi, manfaatkanlah belajar Anda supaya tidak menyesal dikemudian hari. Perlu Anda ketahui juga mengenai peluang kerja yang akan Anda dapatkan juga bersekolah di jurusan Teknik Informatika ini.

Peluang Kerja Jurusan Teknik Informatika

1. Intelligent System Developer

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang mungkin sangat didamba-dambakan oleh para lulusan ataupun sarjana TI. Pekerjaan ini bukan pekerjaan yang main-main. Pekerjaan ini menuntut skill pekerjanya karena pekerjaan ini bukan hanya membuat suatu game saja namun terdapat pembuatan mengenai intelligent system, virtual reality, face, voice recognition ataupun yang lainnya. Jadi, Anda dituntut untuk membuat suatu hal yang dapat memiliki kecerdasan layaknya manusia. Apapun itu yang menggunakan program komputer.

2. Game Development

Game Development ini merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan untuk para lulusan TI. Namun, untuk menjadi seorang game development Anda juga harus memiliki beberapa keahlian misalnya dalam pengolahan grafis dan pengolahan program yang harus benar-benar Anda tekuni. Biasanya dalam membuat game ini dilakukan dengan atau secara tim. Sehingga komunikasi antar tim juga harus dijaga dengan baik dalam menciptakan game-game yang berkelas.

3. Pengajar TI

Anda juga dapat menjadi seorang Guru TI dan pastinya Anda juga dapat menjadi seorang PNS, jadi masa tua Anda terjamin. Namun, untuk menuju ke sana tidaklaj mudah, harus melalui proses-proses yang ada. Menjadi guru TI saja sekarang juga sedang banyak dicari. Karena anak SD saja telah belajar atau diajari mengenai komputer jadi peluang menjadi guru TI memang salah satu pilihan yang tepat.

4. Pegawai pemerintahan bidang TI

Untuk dapat bekerja di bidang pemerintahan biasanya terdapat seleksi-seleksi wajib yang harus dilakukan oleh calon pegawai. Biasanya harus memiliki skill baik dan juga berasal dari tamatan tinggi misalnya S1. Memang sampai saat ini, yang paling diutamakan dalam pekerjaan adalah pendidikan terakhirnya, untuk jurusan SMK bisanya hanya menjadi seorang teknisi.

5. Network Administrator

Pekerjaan yang satu ini pasti sudah diketahui oleh anak TKJ, karena inilah yang tiap hari diajarkan. Pekerjaan ini ialah suatu pekerjaan yang bertugas menjaga keamanan suatu kantor atau perusahaan.

Pekerjaan yang diberikan seperti cara komputer terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP server, hingga DNS server dengan biasanya berbasis Linux karena keamanannya masih terjamin. Intinya saat Anda bekerja menjadi network administrator Anda akan mengurusi semua yang berhubungan dengan jaringan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Teknik Informatika beserta peluang kerja yang dapat menjadi acuan Anda saat bekerja. Namun Anda ingat semua rejeki telah ada yang mengatur walaupun kita paksakan ingin menjadi bagian dari perusahaan TI, apabila Tuhan belum berkehendak maka akan tetap ada jalan yang terbaik bagi Anda. Namun Anda harus tetap berusaha dan belajar lebih keras untuk dapat bekerja dengan apa yang Anda cita-cita kan.