Musim Hujan Rasa Musim Panas! Jaga Daya Tahan Tubuh Kamu Dengan 10 Makanan Sehat Terbaik Yang Mudah Didapatkan Ini

Musim Hujan Rasa Musim Panas! Jaga Daya Tahan Tubuh Kamu Dengan 10 Makanan Sehat Terbaik Yang Mudah Didapatkan Ini
Musim Hujan Rasa Musim Panas! Jaga Daya Tahan Tubuh Kamu Dengan 10 Makanan Sehat Terbaik Yang Mudah Didapatkan Ini

Pada umumnya, manusia diciptakan lengkap dengan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Sistem imun dalam tubuh kamu, sangat penting untuk melawan berbagai jenis bibit penyakit mulai dari virus, bakteri, parasit, dan juga radikal bebas serta racun-racun yang mengancam kesehatanmu. Dan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu perlu Makanan Sehat Terbaik untuk mengimbanginya.

10 Makanan Sehat Terbaik Untuk Menopang Daya Tahan Tubuhmu

Ancaman virus dan bakteri tadi bisa datang tanpa kamu sadari, namun daya tahan tubuh kamu secara otomatis dapat merelainya. Unik bukan? Apa jadinya jika kamu tidak mempunyai sistem kekebalan tubuh itu. Maka, kamu harus selalu menjaga daya tahan tubuhmu supaya tidak sampai menurun bahkan menjadi lemah. Nah, salah satu faktor yang dapat menopangnya adalah asupan Makanan Sehat Terbaik tadi.

Apalagi di bulan Oktober ini, yang sejatinya sudah masuk ke musim hujan, namun cuaca menjadi tidak menentu. Di pagi hari angin berhembus sangat kencang, hingga sore bahkan malam hari. Sedangkan suhu udara sangat panas mencapai 30 derajat lebih. Langit mendung namun hujan tak kunjung turun. Begitulah siklus cuaca di tahun 2019 ini, sehingga sangat berpengaruh pada tubuh manusia.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan kami akan menyampaikan beberapa Makanan Sehat Terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang ada di bawah ini:

1Pepaya

Pepaya
Pepaya

Makanan Sehat Terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang pertama, adalah buah Pepaya. Untuk kamu yang belum tahun, buah Pepaya ini kaya akan kandungan vitamin C, sama seperti buah Jeruk. Untuk kamu yang saat ini sedang terserang flu dan batuk, bisa langsung mengkonsumsi buah ini saat sarapan, makan siang atau bahkan saat makan malam.

Saat kamu mengkonsumsi satu buah Pepaya, kamu sudah memenuhi 224 persen rekomendasi harian vitamin C untuk tubuhmu. Selain vitamin C, buah Pepaya juga mempunyai enzim pencernaan yang disebut papain. Enzim ini mempunyai efek anti-inflamasi. Selain itu, buah Pepaya juga mengandung kalium, vitamin B, dan juga folat, yang secara keseluruhan bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu. Sistem imun pun perlahan-lahan bisa ikut meningkat saat kamu rutin mengkonsumsi buah ini.

2Semangka

Semangka
Semangka

Nah, Makanan Sehat Terbaik Buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang satu ini, kaya air dan menyegarkan sekali saat dikonsumsi. Ya, buah Semangka, dan buah ini ternyata memiliki banyak antioksidan yang kuat, yaitu glutathione. Zat ini dikenal dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bisa memerangi infeksi dalam tubuhmu.

Glutathione ditemukan dalam daging buah semangka yang merah dan yang terdekat dengan kulit yang berwarna putih. Nah, untuk menghindari kamu terserang berbagai penyakit, kamu bisa rutin mengkonsumsi buah Semangka kapan saja, agar kesehatan tubuhmu selalu terjaga di musim yang tidak menentu ini.

3Jeruk

Jeruk
Jeruk

Kemudian, Makanan Sehat Terbaik yang selanjutnya ada buah Jeruk. Ya, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan buah kaya manfaat dan mudah didapatkan ini. Jeruk  bisa menjadi makanan yang baik karena mengandung flavonoid, yaitu senyawa kimia alami yang telah ditemukan untuk meningkatkan aktivasi sistem kekebalan tubuh pada tubuh manusia. Buah Jeruk yang kaya akan vitamin C ini, sangat cocok kamu konsumsi kapan saja untuk menjadi makanan penambah daya tahan tubuh. Dan tentu saja, buah Jeruk sangat mudah didapatkan bukan?.

4Yogurt Rendah Lemak

Yogurt Rendah Lemak
Yogurt Rendah Lemak

Makanan Sehat Terbaik yang bisa kamu coba selanjutnya adalah Yogurt. Namun, jangan salah kamu bisa mencoba Yogurt yang rendah lemak ya, dan bisa kamu dapatkan dengan mudah di mana saja. Beberapa peneliti percaya bahwa Yogurt rendah lemak dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit yang mulai menyerang tubuh manusia.

Yogurt juga menjadi sumber vitamin D. Penelitian terbaru telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan meningkatnya risiko terkena flu dan batuk pilek. Maka, saat kamu terserang flu dan batuk, kamu bisa mencoba mengkonsumsi Yogurt rendah lemak ini.

5Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Nah, Makanan Sehat Terbaik yang termasuk ke dalam kategori bumbu dapur ini, adalah Bawang Putih. Perlu kamu tahu, Bawang Putih mengandung antioksidan yang dapat melawan penyakit dan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Di antara target bawang putih adalah H. pylori, bakteri yang dapat menyebabkan tukak lambung dan kanker lambung pada tubuh.

Bawang putih memiliki efek antibakteri, anti peradangan dan juga anti tumor. Sudah terbukti bahwa Bawang Putih sangat bermanfaat untuk tubuh. Bahkan, jika kamu kuat, kamu bisa langsung mengunyah Bawang Putih untuk mengobati flu yang saat ini menyerang tubuhmu. Namun, jika kamu tidak kuat dengan baunya, kamu bisa mencoba cara lain yang lebih nyaman.

6Kacang Almond

Kacang Almond

Makanan Sehat Terbaik yang satu ini, dapat menopang sistem kekebalan tubuh dengan sempurna. Seperempat cangkir kacang almond mengandung hampir 50% dari jumlah kebutuhan vitamin E harian, yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Almond juga mengandung riboflavin dan niacin, vitamin B juga bagus untuk sistem pertahanan tubuhmu.

7Sayur Bayam

Sayur Bayam

Kalau Makanan Sehat Terbaik yang dikenal sebagai “makanan super” ini, sangat  bayam kaya nutrisi. Mengandung asam folat, yang membantu tubuh memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi sehingga baik bagi kamu yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Kandungan zat besi yang tinggi pada bayam juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengikat oksigen dan mencegah risiko anemia.

8Jamur

Jamur
Jamur

Kemudian, Makanan Sehat Terbaik yang mengandung mineral selenium dan antioksidan ini, juga penting untuk memenuhi kebutuhan selenium di tubuhmu.  Karena rendahnya kadar selenium telah dikaitkan dengan peningkatan risiko flu yang lebih parah. Disamping itu, Jamur juga mengandung vitamin B riboflavin dan niacin,  berperan dalam menunjang sistem kekebalan tubuh yang sehat. Penelitian yang telah dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa Jamur memiliki efek antivirus, antibakteri, dan juga anti-tumor.

9Brokoli

Brokoli
Brokoli

Nah, kalau Makanan Sehat Terbaik yang satu ini, bisa membantu merangsang sistem kekebalan tubuh kamu. Brokoli mengandung banyak nutrisi yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan. Brassica sp atau brokoli kaya akan sumber vitamin dan mineral. Tumbuhan ini kaya akan vitamin C, E carotenoid, yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit degenerative seperti diabetes atau hipertensi.

Brokoli juga kaya asam folat yang membantu mengurangi penyakit vaskuler, kanker dan risiko gangguan syaraf. Kamu bisa mengolah sayur brokoli dengan berbagai cara, termasuk mengukusnya atau merebusnya. Tapi, mengonsumsinya secara langsung, adalah cara terbaik untuk mempertahankan kadar nutrisi di dalamnya.

10Ubi

Ubi
Ubi

Ubi juga salah satu Makanan Sehat Terbaik yang mempunyai kandungan antioksidan beta-karoten, yang bermanfaat mengusir radikal bebas yang merusak sel. Ubi jalar juga mengandung vitamin A, yang bisa memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Ubi jalar mengandung kadar polyphenol yangtinggi yang berfungsi selain sebagai antioksidan, juga sebagai anti diabetes, pengobatan luka, anti perlukaan lambung, antibakteria dan juga anti utasi genetics.

Itu tadi beberapa Makanan Sehat Terbaik yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu di musim yang sudah tidak menentu ini. Semua makanan di atas, sangat mudah didapatkan. Nah, tidak sedikit orang yang terkena flu dan batuk akhir-akhir ini. Karena selain cuaca tadi, sistem imun dalam tubuh bisa saja melemah karena kurangnya asupanan makanan sehat ke dalam tubuh. Nah, mulai saat ini jaga makanan yang masuk ke dalam tubuh ya.