Mulai Cintai Bumi Kita, Dengan 8 Cara Kurangi Sampah Plastik, Yang Mudah Dilakukan Ini!

Mulai Cintai Bumi Kita, Dengan 8 Cara Kurangi Sampah Plastik, Yang Mudah Dilakukan Ini!
Mulai Cintai Bumi Kita, Dengan 8 Cara Kurangi Sampah Plastik, Yang Mudah Dilakukan Ini!

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa plastik merupakan salah satu temuan yang sangat bermanfaat dalam perjalanan sejarah umat manusia. Karena plastik nyatanya mempunyai sifat yang tahan air, juga tahan lama, dan di anggap lebih praktis. Sehingga plastik dianggap suatu barang yang paling tepat sebagai kemasan atau pelindung segala hal. Namun di zaman sekarang ini, justru kita harus melakukan berbagai Cara Kurangi Sampah Plastik untuk kehidupan bumi yang lebih baik lagi.

Karena tanpa kita sadari, kehidupan kita begitu bergantung pada benda yang susah hancur ini. Bayangkan saja, jika kita memakai barang berupa plastik sekali pakai, barang tersebut setelah di buang nyatanya tidak langsung bisa hancur begitu saja. Bahkan setelah di bakar sekalipun. Oleh sebab itu, kamu juga turut berperan dalam Cara Kurangi Sampah Plastik yang ada di bumi ini.

8 Cara Kurangi Sampah Plastik Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Mudah!

Laut yang indah dengan berbagai biota lautnya yang sangat beraneka ragam, mulai terkotori oleh berbagai sampah plastik yang di buang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sudah tidak aneh jika di Indonesia banyak orang yang selalu buang sampah sembarangan, hingga ujung-ujungnya menyebabkan banjir.

Sampah yang di buang ke selokan, akan hanyut ke sungai, bahkan hingga ke lautan luas. Dan Indonesia, adalah salah satu negara yang paling banyak menyumbang sampah plastik ke lautan bebas. Meski telah banyak himbauan dan aturan terkait pengurangan penggunaan plastik, namun tetap saja hasilnya masih belum terlihat hingga sekarang. Sangat memprihatikan bukan?

Oleh sebab itu, langkah awal yang bisa kita lakukan adalah dengan Cara Kurangi Sampah Plastik yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Kamu inginkan, anak-cucumu bisa hidup dimasa depan dengan menikmati kehidupan dengan lingkungan yang lebih sehat dan bersih? maka dari sekarang mulailah peduli terhadap lingkungan sekitar dan mulai sekarang dengan Cara Kurangi Sampah Plastik.

Untuk itu, kami akan mengulas beberapa Cara Kurangi Sampah Plastik yang sangat mudah di lakukan, yang ada di bawah ini:

1Membawa Tas Belanja Sendiri Saat Hendak Belanja

Membawa Tas Belanja Sendiri Saat Hendak Belanja
Membawa Tas Belanja Sendiri Saat Hendak Belanja

Nah, Cara Kurangi Sampah Plastik yang bisa kamu lakukan adalah, salah satunya dengan cara sederhana, yakni bawalah satu totebag atau juga ecobag saat hendak berbelanja. Baik itu berbelanja ke minimarket atau ke supermarket. Dengan membawa tas belanja sendiri, tidak akan ada lagi tumpukan tas plastik sekali pakai yang menumpuk dirumah dan yang dibuang begitu saja karena memang rata-rata tidak terpakai. Dengan cara inilah, kamu bisa membantu mengurangi sampah plastik sekali pakai. Dan berita baiknya, saat ini sudah banyak minimarket dan supermarket yang merekomendasikan tas belanja.

2Membawa Kotak Makan Sendiri

Membawa Kotak Makan Sendiri
Membawa Kotak Makan Sendiri

Untuk kamu yang biasa makan siang di sekolah atau juga di kantor, mungkin biasanya kamu makan di kantin atau juga membeli makanan yang menggunakan wadah plastik sekali pakai. Atau mungkin juga saat kamu bepergian, wisata kuliner. Salah satu Cara Kurangi Sampah Plastik yang bisa kamu lakukan sekarang, adalah dengan cara membawa kotak bekal sendiri dari rumah.

Mungkin di zaman yang serba modern ini, hal ini akan dirasa ketinggalan zaman. Namun jangan salah, dengan melakukan hal kecil seperti ini, penggunaan plastik sekali pakai akan berkurang. Inilah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menolong bumi. Nah, jika kamu punya tempat makan berbahan plastik tentu tidak apa-apa, karena barang tersebut biasanya sangat awet hingga bertahun-tahun dan bermanfaat. Jadi, saat kamu membeli makanan apapun, kamu tinggal meminta untuk dimasukkan ke dalam kotak makan yang kamu bawa, sangat praktis bukan?

3Bawa Botol Minum Sendiri

Bawa Botol Minum Sendiri
Bawa Botol Minum Sendiri

Sekarang ini, sangat banyak produk minuman yang dikemas dengan menggunakan bahan plastik sekali pakai. Namun, Cara Kurangi Sampah Plastik yang bisa lakukan yang selanjutnya, kamu cukup membawa botol minum sendiri dari rumah. Nah, sekarang ini, botol minum mempunyai berbagai variasi, mulai dari berbentuk botol biasa, hingga berbentuk gelas pun ada.

Jika kamu ingin membeli bubble drink misalnya, kamu tinggal meminta penjual untuk memasukkannya ke dalam tempat minum yang kamu bawa. Jika hendak bepergian, selalu bekal minum dari rumah. Dan jika hendak membeli minuman, pilihlah minuman dengan kemasan yang terbuat dari botol kaca atau juga dari karton. Sangat mudah dilakukan bukan?

4Gunakan Sedotan Alumunium Untuk Mengganti Sedotan Plastik Sekali Pakai

Gunakan Sedotan Alumunium Untuk Mengganti Sedotan Plastik Sekali Pakai
Gunakan Sedotan Alumunium Untuk Mengganti Sedotan Plastik Sekali Pakai

Nah, salah satu bahan plastik yang paling banyak digunakan adalah sedotan plastik sekali pakai. Namun jangan salah, barang yang biasa kamu gunakan ini, sangat susah untuk diurai setelah di buang. Bahan plasik sekali pakai ini akan awet hingga bertahun-tahun lamanya, tentu saja ini adalah hal yang tidak baik bagi bumi.

Cara Kurangi Sampah Plastik yang bisa kamu lakukan, seperti dalam cara sebelumnya, kamu mulai sekarang bisa mulai menggunakan sedotan yang terbuat dari bahan alumunium dan sudah banyak di jual di pasaran. Selain itu, sedotan yang ramah lingkungan ini mempunyai berbagai bentuk yang berbeda untuk masing-masing minuman. Kamu harus coba dari sekarang!

5Gunakan Produk Yang Dikemas Dengan Beling Kaca atau Karton

Gunakan Produk Yang Dikemas Dengan Beling Kaca atau Karton
Gunakan Produk Yang Dikemas Dengan Beling Kaca atau Karton

Cara Kurangi Sampah Plastik yang selanjutnya, bisa sangat mudah di lakukan. Jika kamu hendak berbelanja atau membeli sesuatu, carilah produk yang dikemas dengan beling kaca atau juga dengan menggunakan karton. Manfaatnya, selain mengurangi penggunaan sampah plastik, tentu saja barang-barang tersebut sangat ramah lingkungan.

6Simpan Berbagai Makanan Dan Produk Ke Dalam Botol Atau Jar

Simpan Berbagai Makanan Dan Produk Ke Dalam Botol Atau Jar
Simpan Berbagai Makanan Dan Produk Ke Dalam Botol Atau Jar

Cara Kurangi Sampah Plastik yang selanjutnya sangat penting dilakukan, terlebih di rumah. Sebagai ganti bungkus yang terbuat dari bahan plastik, kamu bisa memanfaatkan botol atau juga jar untuk wadah menyimpan berbagai bahan yang kamu punya di rumah, seperti tepung, bumbu-bumbu masakan, ataupun produk perawatan tubuh seperti sabun. Dengan begitu, barang-barang yang kamu apakai pun akan lebih ramah lingkungan dan lebih sehat.

7Kurangi Penggunaan Tisu Basah

Untuk kamu yang belum tahu, tisu basah terbuat dari resin plastik, karena itulah tisu basah tidak bisa larut dalam air, sangat berbeda dengan tisu kering. Akan lebih baik, jika kamu menggunakan lap kain untuk mengelap, atau langsung basahi saja tisu kering dengan sedikit air.

Sangat mudah bukan, inilah salah satu Cara Kurangi Sampah Plastik yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Menghilangkan kebiasaan seperti ini memang tidak mudah, tapi sangatlah mudah jika dilakukan secara teratur, karena masih banyak barang pengganti yang lebih ramah lingkungan, jika dibandingkan dengan tisu basah bukan?

8Belajar Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Cara Kurangi Sampah Plastik yang satu ini, bisa kamu lakukan dengan cara belajar mendaur ulang sendiri sampah plastik yang ada di rumahmu. Tidak hanya membantu mengurangi sampah plastik, kamu juga bisa jadikannya sebagai lahan bisnis baru. Contohnya saja, kamu bisa mendaur ulang sampah plastik menjadi barang-barang yang bermanfaat, seperti tas belanja, tas, dompet, hingga karpet. Meski tetap berbahan plastik nantinya, tapi nyatanya barang-barang yang sudah di daur ulang tersebut bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.

Nah, itulah berbagai Cara Kurangi Sampah Plastik yang bisa kamu lakukan dengan mudah, untuk membantu melestarikan bumi kembali. Lingkungan yang sehat dan bersih, membuatnya bisa terbebas dari berbagai penyakit. Dan plastik, adalah barang yang sangat susah untuk teruraikan, maka dari itu, jika bukan kita yang memulai, siapa lagi?