8 Tips Menjadi Orang Produktif

menjadiorangproduktif.6

Kosongan – Meraih masa depan yang gemilang dan kehidupan yang sukses diawali dari kebiasaan kamu sehari-hari. Rutinitas dan pola hidup teratur yang dilakukan selam bertahunptahun akan menghasilkan hal baik di masa depan anda. Untuk menjadi orang sukses, setiap hari anda harus memiliki pecampaian kecil yang diraih. Menjadi orang produktif setiap hari akan mebuahkan hasil yang besar di masa depan kamu dari berbagai pencapaian kecil dalam hidup.

Selama masih muda, lampiaskan segala energi dan dedikasimu untuk kerja keras dan produktif agar di masa tua kamu tinggal menuai hasilnya. Berikut beberapa tips menjadi orang produktif yang bisa kamu terapkan dalam rutinitas sehari-harimu.

8 Tips Menjadi Orang Produktif

1Bangun Pagi

Menjadi orang produktif bisa dimulai dengan kebiasaan bangun pagi. Dengan bangun pagi, kamu jadi memiliki banyak waktu sebelum bersiap-siap mulai hari. Kamu bisa olahraga, mandi dengan santai, sarapan, dan memiliki waktu luang yang cukup untuk memeriksa sosial media dan e-mail kamu. Dengan memiliki me time pada pagi hari, kamu jadi bisa lebih santai dan bersyukur masih diberikan kehidupan pada hari tersebut. Hal tersebut akan menghantarkan energi positif untuk pikiran dan raga kamu.

2Olahraga

Untuk menjadi orang produktif, fisik dan pikiran yang sehat akan sangat dibutuhkan. Mulailah kebiasaan untuk berolahraga untuk kesehatan fisik anda. Bangun pada pagi hari dan lakukan jogging di sekitar tempat tinggal kamu. Jika kamu malas berlari, kamu bisa olahraga sederhana di rumah. Mulailah dengan pemanasan dasar dari kepala hingga kaki, lalu lakukan gerakan olahraga dasar seperti sit up dan push up.

Kamu juga bisa memanfaatkan treadmill atau lompat tali untuk berolahraga di rumah. Dengan membiasakan diri berolahraga, kamu akan memiliki tubuh dan stamina yang selalu bugar dan tidak gampang sakit.

3Merencanakan Rutinitas Sehari-hari

Buatlah jadwal rutinitas sehari-hari kamu dalam sebuah agenda. Tentukan kegiatan apa saja yang harus kamu lakukan dan selesaikan setiap harinya. Dengan membuat penjadwalkan, hari-harimu akan lebih teratur. Jika kamu bukan tipe orang yang suka menulis di buku agenda, ada banyak aplikasi android yang bisa kamu download untuk mengatur rutinitasmu sehari-hari. Aplikasi rutinitas biasanya juga memiliki fitur alarm untuk mengingatkanmu. Catat juga pencapaian apa yang ingin kamu capai setiap harinya dan pastikan kamu memenuhi pencapaian tersebut.

4Hindari Multitasking

Multitasking mungkin merupakan suatu kelebihan pada konteks tertentu, namun tidak berlaku ketika kamu sedang bekerja. Hindari kebiasaan multitasking jika kamu cenderung tidak dapat menyelesaikan banyak pekerjaan. Dengan memulai pekerjaan baru sebelum pekerjaan lama selesai, kamu hanya akan memperbanyak pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu. Misal dalam rutinitas pagi, ketika mandi kamu harus fokus untuk selesai mandi dengan cepat jika tidak ingin terlambat. Lalu buat sarapan ketika sudah selesai mandi. Jangan memenaskan air selagi kamu mandi.

Begitu juga dalam pekerjaan, jika sudah memulai satu tugas, kerjakan tugas tersebut hingga selesai dan jangan teralihkan dengan tugas lain. Mulailah dengan tugas yang paling susah agar kebelakangannya kamu akan merasa lebih ringan dalam bekerja.

5Tidak Tergantung Dengan Social Media

Social Media merupakan salah satu hal yang membuat orang kehilangan tingkat produktifitasnya. Biasakan untuk tidak sibuk dengan social media, karena sekalinya keasikan kamu akan kehilangan banyak waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Contohnya adalah kebiasaan update rutinitas sehari-hari di social media, kegiatan ini akan membuat kamu tidak fokus dan kehilangan banyak waktu. Setelah ambil foto atau video, kamu jadi sibuk menentukan filter dan caption. Belum lagi kalau ada yang komen, kamu akan semakin teralhikan dan membuang banyak waktu.

6Fokus Menyelesaikan Satu Pekerjaan

Hal ini merupakan point yang bersangkutan dengan menghindari kebiasaan multitasking. Jadi, untuk menjadi orang produktif, kamu harus mengerjakan satu hal sampai selesai. Dengan fokus pada satu pekerjaan, pekerjaan tidak hanya cepat selain tapi juga berkualitas. Ingat, setiap hari tentukan beberapa pencapaian kecil dan ketika sudah memulai satu target, kerjakaan sampai selesai. Jika kamu memulai masing-masing pekerjaan setengah-setengah, pekerjaan akan jadi tampak banyak dan kamu jadi malas menyelesesaikannya.

7Menulis Agenda Sebelum Tidur Untuk Evaluasi

Bukan buku diary dengan isi yang sentimental, kamu harus menulis agenda harian tentang kegiatanmu sehari-hari sebelum tidur. Tulis apa saja yang seharusnya kamu lakuakn dan apa kamu telah berhasil mencapainya. Menulis agenda seperti ini bisa menjadi terapi refleksi diri sederhana danefektif untuk mengevaluasi keseharian. Mengawali rutisan sebagao orang produktif mungkin hasil evaluasimu tidak akan maksimal, hal ini kan memacu kamu untuk menjadi pribadi lebih baik di hari berikutnya.

8Tidak Main Smartphone Sebelum Tidur

Hal satu ini telah menjadi kebiasaan sejuta umat bdan pastinya termasuk kamu. Hal ini mengapa figur sukses terkenal tidak banyak jumlahnya. Karena mereka tidak bermain smartphone ketika mendekati jam tidur. Bermain smartphone hanya akan membuat otak kamu bekerja terus dalam mencari informasi, menikmati hiburan, dan bermain game. Untuk bisa bangun pagi, tidur berkualitas amatlah penting. Sebelum tidur, biasakan untuk menulis agenda dan membaca buku jika kamu suka membaca. Isi daya smartphone kamu dan biar smartphone kamu mengisi daya dengan maksimal dengan tidak sambil dimainkan. Selain membuat kamu tidak teralihkan sebelum tidur, kebiasaan ini juga berguna untuk menjaga keawetan gadget kamu.

Itu tadi beberapa tips untuk menjadi orang produktif. Semua tips tersebut tidak akan berguna dan bertahan lama tanpa komitmen dan dedikasi dari diri kamu untuk menjadi orang sukses dengan pola hidup teratur. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.