Penyebab dan Cara Mengobati Jerawat Batu

Mengobati Jerawat Batu

Dari beberapa macam jerawat, jerawat batu adalah gangguan kulit yang paling menjengkelkan. Selain ukurannya yang besar, terasa keras, sakit, bekas yang ditinggalkan pun membuat wajah kurang menarik. Lokasi munculnya jerawat batu pun tak pilih-pilih. Bisa di dagu, di pipi, di hidung, jidat, leher, bawah mata, bahkan punggung pun tak luput dijadikannya lokasi berkembang. Namun kali ini coba kami bagikan ulasan tentang apa itu jerawat batu sekaligus cara mengobati jerawat batu. Simak hingga tuntas ya.

Mengenal Jerawat Batu dan Penyebabnya

Jerawat batu merupakan jerawat yang terbentuknya di dalam kulit. Penyebabnya bisa karena penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati, ataupun oleh bakteri. Hal ini mengakibatkan jerawat batu letaknya lebih dalam di kulit. Sehingga bentuknya besar, menonjol, bahkan hingga bernanah seperti bisul.

Perilaku penderita jerawat batu kadang semakin memperparah keadaan. Rasa gatal, sakit dan gemes membuat ingin memencet jerawat. Akibatnya jerawat justru semakin parah akibat infeksi dan peradangan.

Dari sisi medis, menurut Dr. Wechsler, penyebab jerawat batu adalah ketidakseimbangan hormon. Hal ini sering terjadi pada perempuan saat menjelang datang bulan. Biasanya jerawat batu muncul di area garis rahang, dagu. Biasanya wanita di masa menopause juga menderita jerawat batu.

Tak hanya perempuan, pada laki-laki di masa remaja pun banyak yang mengalami jerawat batu. Hal ini karena terjadinya peningkatan hormon androgen yang mengakibatkan perubahan kulit yang berujung pada penyumbatan pori-pori.

Oh iya, jerawat juga punya beberapa jenis loh, dan ada juga fakta menarik yang sudah kami bahas di artikel sebelumnya yang berjudul fakta menarik tentang jerawat. Di artikel tersebut kamu bisa mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan jerawat, seperti penyebab utama jerawat dan lain sebagainya.

Gejala dan Ciri-ciri Jerawat Batu

Jerawat batu bisa muncul di berbagai area tubuh. Mulai wajah, dahi, hidung, pipi, leher, kepala, bawah mata, bahkan punggung pun disasarnya. Biasanya ada beberapa keluhan yang timbul sebagai gejala jerawat batu. Antara lain:

  • Bentuk jerawatnya besar, kemerahan, dan terasa sakit.
  • Nodul atau bagian yang menonjol terangkat ke atas dan tidak terlihat komedo putih atau mata jerawatnya.
  • Bernanah dan jika dipencet isi jerawat batu biasanya besar.

Cara Mengobati Jerawat Batu

Jerawat batu memang sangat meresahkan. Selain sakit, juga meninggalkan bopeng yang merusak penampilan. Untuk mengobati jerawat batu yang sudah bernanah, tentunya Anda memerlukan pengobatan dari dokter agar tidak semakin parah. Namun jika belum mengalami peradangan dan infeksi, cobalah ikuti beberapa cara berikut ini.

  • Kentang, cara mengobati jerawat batu dengan kentang terbilang mudah. Tinggal kupas kentang, potong tipis-tipis lalu tempelkan ke bagian yang berjerawat, biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  • Kunyit, untuk mengatasi jerawat batu dengan kunyit, haluskan kunyit lalu peras, ambil airnya, dan campur dengan air jeruk nipis dan 2 sdm madu. Gunakan campuran ini sebagai masker pada wajah Anda selama 10 menit, laluy bilas sampai bersih.
  • Putih Telur, cara mengobati jerawat batu dengan putih telur juga manjur. Ambil bagian putih telur laku kocok sampai mengembang dan gunakan sebagai masker. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air hangat.
  • Lidah buaya, yang digunakan dari lidah buaya adalah gel pada bagian tengah daunnya. Haluskan gel tersebut dengan blender ataupun dengan sendok. Gunakan sebagai masker wajah, diamkan sampai kering, lalu bilas.
  • Kulit Jeruk, cara mengobati jerawat batu dengan kulit jeruk juga ekonomis. Keringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering. Selanjutnya jadikan serbuk dengan cara ditumbuk. Seduhlah serbuk kulit jeruk dengna air lalu aduk hingga menjadi pasta, dan gunakan sebagai masker. Diamkan hingga kering lalu bilas menggunakan air hangat.

Nah, setelah membaca tentang jerawat dan cara mengobati jerawat batu ini, semoga Anda tidak risau lagi. Segera obati sedini mungkin dengan bahan-bahan alami. Tetapi kalau terlanjur infeksi, maka berobat ke dokter adalah jalan terbaik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.