Mengenal Tapir, Hewan Bermoncong yang Suka Bermain di Air!

Kosongan – Tapir merupakan hewan primitif yang tidak memiliki perubahan selaman jutaan tahun. Mereka bukanlan babi atau pun trenggiling. Tapir erat dikaitkan dengan kuda dan badak, karena mereka memiliki jumlah jari kaki yang ganjil. Mata dan telinga mereka mungil, tubuh mereka berbentuk seperti tetesan air, runcing di depan dan melebar ke belakang. Tapir jantan berukuran lebih kecil daripada yang betina.

Hidung dan bibir atas tapir menyatu menjadi moncong yang fleksibel, mereka terlihat seperti belalai gajah. Alat ini digunakan sebagai snorkel untuk mereka bernafas ketika berada di bawah air. Selain itu, moncong tersebut juga sangat efektif untuk mendeteksi bau yang mendekati mereka. Mereka juga menggunakan moncongnya untuk mengambil dahan dan melucuti daun atau untuk membantu memetik buah dan memasukkannya langsung di mulut, sama seperti gajah.

Tapir hidup di daerah basah, hutan, savana, dan hutan hujan. Tapir lebih suka area berumput dengan tempat teduh di siang hari. Mereka juga mencari tempat yang dekat dengan sungai dan danau untuk berendam di malam hari. Tapir sangat lincah menyusuri tepi sungai yang curam karena kakinya yang dilebarkan.Mereka juga bisa berlari dan berenang. Ktika ketakutan, tapir bisa turun ke air dan bernapas dengan moncongnya yang muncul di atas permuakaan. Walaupun buaya merupakan predator mereka, tapir dewasa dengan kulit yang keras sanggup menghalaunya.

Tapir sendiri memiliki lima spesies berdasarkan negara mana yang mereka tinggali. Berikut penjelasan singkat tentang kelima tapi tersebut. Tapirus Baird atau Tapir Amerika Tengah: Asli dari Meksiko dan Amerika tengah, bulunya berwarna merah-coklat kehitaman saat dewasa, dengan dada dan dagu putih dan pinggiran telinga putih.

Tapir dataran rendah atau Brasil: Asli dari Amerika selatan sekitaran Kolombia, Paraguay dan Brasil. Kulitnya berwarna gelap di bagian belakang dan lebih terang di bagian bawah. Ia suka tinggal di tempat yang hangat, hujan, dan lembab. Buaya dan jaguar merupakan pemangsa alami mereka.

Tapir gunung atau wol: Tinggal di Pegunungan Andes di America Selatan bagian utara, memiliki kulit berbulu tebal dan hangat yang membuatnya tetap nyaman di pegunungan yang dingin. Mereka merupakan salah satu mamalia yang terancam punah di dunia.

Tapir Malaya: Satu-satunya tapir dari Asia, ditemukan di Thailand, Burma, Malaysia dan Indonesia. Mereka mempunyai pola kulit yang khas, yaitu hitam di depan dan putih di belakang. Warna ini menjadi kamuflase dengan membaur dengan hutam. Mereka sangat takut dengan harimau, karena itu adalah predator alaminya.

Tapir Kabomani: Ini merupakan jenis spesies terbaru dari Tapir, penemuannya diumumkan pertama kali pada tahun 2013. Tapir kabomani ini merupakan yang terkecil dari lima spesies. Mereka mendapat nama dalam bahasa lokal. Tapir ini hidup di hutan dan padang rumput di wilayah Amazon Barat Daya.

Tapir suka menghabiskan banyak waktu di air, makan tanaman air, mendinginkan diri, atau membersihkan parasit kulit. Mereka bisa berdiam di bawah air selama beberapa menit. Bahkan tapir kecil bisa berenang ketika ia baru lahir hanya beberapa hari. Tapir aktif untuk mencari makanan berupa rumput, tanaman dan buah-buahan pada malam hari.

Tapir pada umumnya memiliki masa hidup rata-rata 19,5 tahun. Tinggi mereka bisa mencapai 1 meter tergantung dari spesies mereka. Tapir malaya menjadi spesies terpanjang yang hampir mendekati angka 2.4 meter, sementara tapir terkecil seperti tapir kabomani hanya sekitar 1.3 meter. Tapir memiliki berat dari 110 kg sampai 320kg.

Berikut beberapa fakta menarik dari tapir:

  • Tapir diketahui makan hingga 34kg makanan setiap hari.
  • Mamalia primitif terbesar di dunia, tapir sudah ada sejak 20 juta tahun yang lalu dan memiliki
  • perubahan yang sangat kecil.
  • Moncong tapir dapat ditekuk ke segala arah yang memunkinkan mereka untuk memindahkannya kemana saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.