Mengenal Macan Dahan, Spesies Tutul yang paling Kecil!

Mengenal Macan Dahan, Spesies Tutul yang paling Kecil!

Kosongan – Macan Dahan merupakan kerabat dekan dari macan tutul salju. Hewan ini memiliki bintik-bintik mirip dengan awan dan juga dijadikan nama internasional yaitu Clouded Leopard. Kita bisa jenis macan yang satu ini di habitat hutan liar di Asia Tenggara. Tercatat sebagai spesies pada tahun 1821, macan Dahan sekarang masuk dalam subfamili taksonomi Pantherinae, seperti harimau, singa, jaguar dan macan lainnya.

Macan dahan biasanya menghuni hutan hujan, tapi ada juga yang bisa ditemukan di hutan kering di Asia Tenggara. Mereka umumnya juga berbagi habitat dengan harimau dan macan tutul, macan dahan tampak lebih noctural dan arboreal dalam kebiasaan untuk menghindari persaingan makanan. Ekor tebal dan panjang itu memberikan keseimbangan di pepohonan, di mana kucing ini mencari tempat berlindung dan beristirahat.

Macan dahan hidup di Asia Tenggara, kebanyakan dari mereka menghuni hutan hujan tropis, tetapi mereka juga melakukan perjalanan hingga ke padang rumput, semak belukar, dan lahan basah.

Macan dahan benar-benar memiliki mulut yang besar. Ia dapat membuka rahangnya lebih lebar dari kucing lainnya, dan perkembangan giginya sangat miri dengan Sabertooth yang telah punah. Gigi taringnya memiliki panjang mencapai 2,5cm berwarna kelabu. Ukuran ini sama dengan ukuran gigi harimau, meskipun ukuran tubuh harimau 10 kali lebih besar!

Macam dahan memiliki keuntungan ketika pergi berburu. Pergelangan kakinya dapat berputar ke belakang sehingga kucing dapat memanjat ke atas pohoh, bahkan bergantung dengan kaki belakangnya, ditambah cakar yang kuat untuk mencengkram mangsa. Kucing ini juga dapat menyergap mangsa dari atas pohon, melompat ke punggung target dan memberikan satu gigitan mematikan. Meskipun ukurannya kecil, macan dahan menjatuhkan hewan berukuran besar dengan cara ini. Namun, mereka lebih sering memilih untuk memakan jenis burung, tupai, monyet dan babi hutan.

Macan dahan bisa hidup sampai umur 13 tahun. Dengan panjang sekitar 68cm sampai 106 cm, tingginya jika berdiri berkisar 25-40cm. Kucing ini memiliki ekor yang panjang. Macan dahan jantan bermassa 25kg, sedangkan betina hanya memiliki berat 14kg.

Macan yang satu ini hidup secara sendirian, kecuali induk yang merawat anak-anaknya. Karena ukuran jantan lebih besar dua kali betina, kucing betina ini sering mendapat cidera saat melakukan kembang biak. Macan jantan ini juga sering membunuh para betina selama mereka menjalin hubungan. Di fasilitas perawatan, pasangan macan ini akan diperkenalkan satu sama lain pada usia dini agar bisa melakukan perkawinan yang lebih baik.

Kita beralih ke anak macan dahan. Mereka memiliki kulit hitam dan lemah saat dilahirkan. Mereka tidak bisa membuka mata, tidak memiliki gigi, dan mereka tidak bisa berjalan. Sekitar usia dua minggu, mata mereka terbuka, seminggu kemudian gigi mereka akan tumbuh. Mereka akan memasuki masa dewasa saat berusia enam bulan. Induk mereka akan mengajarkan anaknya berburu. Pada usia 20 hingga 30 bulan, mereka sudah siap untuk menyerang secara individu.

Berikut beberapa fakta menarik dari macan dahan:

  • Gigi taring macan dahan adalah yang terpanjang, relatif terhadap ukuran tubuh, daripada kucing lainnya.
  • Macan dahan adalah perenang yang handa dan diprediksi telah mengisi pulau-pulau kecil di luar Vietnam dan kalimantan dengan berenang.
  • Di Malaysia, macan dahan dikenal dengan macan pohon.
  • Di Cina, macan dahan disebut macan tutul mint karena bintik-bintiknya terlihat seperti daun mint.
  • Macan dahan jantang bisa lebih besar dua kali ukuran betina. Ini adalah perbedaan jenis kelamin terbesar dalam keluarga kucing.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.