Kosongan.id – Sobat Kosongan pasti tau kan terdapat berbagai jenis episode special dari sebuah anime. Episode spesial tersebut biasanya dinamakan dengan OVA atau Original Video Animation. Namun tahukan kamu bahwa selain OVA, terdapat pula 2 jenis episode special yakni OAD dan ONA.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas mengenai hal tersebut dibawah ini. Jika kamu punya penjelasan yang lain dan ingin mengutarakan pendapat kamu, silahkan komentar dibawah yah.

Yuk kita simak bersama-sama dibawah ini.

1OVA

OVA sendiri merupakan kepanjangan dari Original Video Animation. Dulunya Original Animation Video atau (OAV), namun banyak yang salah paham mengenai singkatan tersebut dimana mereka mengetahui bahwa OAV itu singkatan dari Original Adult Video, sehingga OAV diubah menjadi OVA.

OVA sendiri merupakan episode tambahan atau episode spesial yang alur ceritanya keluar dari seri aslinya. Tentu saja OVA ini bisa dibilang sebagai episode yang tidak ada keterkaitannya dengan cerita aslinya. Namun tidak jarang ada anime juga yang menyiapkan OVA sebagai cerita sampingan dari anime tersebut.

OVA biasanya tidak ditampilkan di Televisi/TV, namun mereka biasanya akan merilis OVA bersamaan dengan manga dari anime tersebut. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari mangan sehingga dapat laku loh. Selain itu, mereka juga menjual OVA bersamaan dengan Game, Novel, atau promosi lainnya.

Cerita dari episode OVA sendiri juga sangat beragam. Namun yang paling dominan biasanya menceritakan kegiatan mereka di pantai. Biasanya OVA akan sejalan dengan jalan cerita aslinya, namun ada pula yang keluar dari cerita anime tersebut. Untuk OVA yang sesuai dengan jalan cerita anime aslinya, bertujuan untuk mengisi delay yang ada pada suatu season dan menjaga minat para pembaca.

Sedangkan OVA yang memiliki jalan cerita berbeda dengan aslinya biasanya digunakan untuk tujuan promosi atau mengetahui seberapa besar minta pembaca pada anime tersebut.

Biar kalian lebih tahu saya akan sebutkan beberapa contoh OVA yakni, Akatsuki no Yona OVA, Haikyuu OVA, Noragami OVA, Nanatsu no Taizai OVA dan lain-lain.


2OAD

Setelah membahas OVA, kita akan membahas OAD. OAD sendiri merupakan singkatan dari Original Anime DVD. OAD sendiri biasanya sama dengan OVA, namun ini dalam bentuk DVD.

OAD sendiri dirilis bersamaan dengan manga atau novelnya. Mengapa dijual bersamaan dengan Manga/Novel? Karena mereka berniat mempromosikan hal lainnya ketika melakukan perisan pada OAD-nya. Tentu saja tujuan tersebut sama dengan yang ada pada OVA.’

OAD sendiri sangat jarang bisa didapatkan oleh kita, karena mereka dirilis dengan DVD sehingga jarang bisa melihat anime dengan bentuk OAD. Namun OAD biasanya memiliki cerita yang cukup oke untuk disimak. Dan kebanyakan dari mereka lebih fokus pada cerita sanga pemeran wanita di Pantai untuk menghadirkan fan service pada animenya.

OAD sendiri merupakan jenis anime dengan tujuan yang sama dengan OVA. Contoh OAD antara lain yakni anime dengan menggunakan DVD sebagai media penyimpananannya. Kalian bisa menemukan berbagai anime dalam bentuk DVD di store atau di toko.


3ONA

OVA dan OAD seudah dibahas diatas, dan kali ini kami akan membahas ONA. ONA ini meungkin kebalikan dari OAD. Jika format bentuka OAD berbentuk DC, maka ONA sendiri akan berbentuk web video. Sehingga singkatan dari ONA yakni Original Neet Anime, atau anime yang ada di Internet dan disirkan melalui network.

ONA sendiri adalah anime yang tidak akan disiarkan pada TV dan tidak berbentuk Kaset DVD/CD. ONA bisa kalian temukan di suatu offical website atau juga bisa melalui website share it seperti YouTube.

Anime ONA biasanya memiliki tujuan untuk promosi suatu produk, atau berbagai hal lainnya, perayaan hari spesial atau melihat seberapa besar minta pembaca atau penggemar ketika merilis video ONA.

Pada intinya sih, Anime ONA bisa kalian temukan pada suatu website untuk streaming. Salah satu anime ONA yakni Kyoukai no Kanata : Idol Saiban! Mayoi Nagara mo Kimi wo Sabaku tami.


Bonus

4AMV (Anime Music Video) dan MAD

 

AMV sendiri merupakan sebuah video yang berbentuk Anime atau juga bisa disebut sebagai potongan berbagai anime yang menjadi satu serta diberikan lagu atau musik yang sesuai dengan gambarnya.

AMV biasanya di buat oleh kelompok, atau individual maupun sebuah oraganisasi. Mereka biasanya mengambil berbagai video klip yang ada di anime untuk dijadikan sebuah video yang menarik untuk di tonton.

Bisa dikatakan AMV juga memiliki banyak fans dan pembuat yang sering melakukan kolaborasi agar tercipta sebuah AMV yang begitu menarik. Bukan hanya itu, AMV bisa kalian temukan di situs YouTube dengan hanya menuliskan kata AMV saja.

AMV biasanya memiliki kualitas yang cukup baik jika berhasil diciptakan oleh orang yang tepat. Tentu saja salah satu AMV yang paling disorot yakni Our Tapes. AMV yang menggunakan Crossover anime Hyouka dan K-On ini berhasil menyita banyak perhatian orang.

AMV juga memiliki komunitas tersendiri di Indonesia loh. Tentu saja kualitas mereka tidak kalah dengan orang yang ada di luar. Jika kamu lagi ada waktu senggang, kenapa tidak mencoba untuk mengunjungi YouTube dan mendengarkan berbagai AMV disana.

MAD sendiri merupakan singkatan dari Music Anime Douga. Isitlah ini lebih populer di Jepang. MAD biasanya mirip dengan AMV namun mereka lebih suka menyebut AMV sebagai MAD.

Jika kamu mencari di kolom YouTube maka akan banyak sekali MAD yang muncul. Bukan hanya itu, MAD biasanya memiliki kualitas yang cukup baik di mata orang-orang di dunia. Oleh karena itu banyak orang yang lebih suka dengan MAD. Kalian juga bisa membuat MAD sendiri loh.


Nah sahabat Kosongan saya rasa itulah artikel mengenai apa itu OVA, OAD, dan ONA. Jika kamu ingin lebih mengetahui berbagai hal lainnya dari kami silahkan tinggalkan komentari dibawah, nanti kami akan membalasnya.

Dan akhir kata sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya dan tentu saja hanya di Kosongan. Saya Jonathan Rulz, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.