Mengenal Landak, Habitat dan Makanannya, Penasaran?

Mengenal Landak, Habitat dan Makanannya, Penasaran?

Kosongan – Landak adalah mamalia kecil pendek dan gemuk yang kadang-kadang disebut bantalan dengan kaki! Sebagian besar mamalia memiliki bulu atau rambut yang agak lentur dan lembut. Tetapi rambut di belakang landak adalah lapisan setebal paku (atau rambut yang dimodifikasi) yang dikenal sebagai duri. Duri ini terbuat dari keratin, sama seperti rambut dan kuku jari kita.

Landak bisa berwarna putih atau coklat muda sampai hitam, dengan beberapa warna berbeda di sepanjang duri mereka. Perut, wajah, dan leher mereka ditutupi rambut kasar. Beberapa landak memiliki topeng coklat atau hitam gelap di mata mereka. Makhluk-makhluk yang menarik ini memiliki kaki kecil tapi kuat dan kaki besar dengan masing-masing lima jari kaki. Cakar melengkung membuat landak menjadi penggali yang menakjubkan.

Moncong panjang dengan hidung basah memberi mereka indera penciuman yang luar biasa. Telinga mereka besar dibandingkan dengan ukuran tubuh, memberikan sedikit kemampuan pendengaran yang bagus. Pertahanan terbaik landak terhadap predator adalah pelindung luarnya yang runcing. Dengan sekitar 3.000 hingga 5.000 duri yang menutupi punggungnya, landak dapat melindungi dirinya dari hewan yang berpikir itu akan membuatnya menjadi camilan lezat.

Ketika terancam, landak memunculkan duri tegak dalam pola menyilang, membuat tubuhnya runcing dan tajam. Ia menggunakan otot perut, otot punggung, dan kulit ekstra untuk diselipkan di kepala, kaki, dan ekornya hingga lengkap seperti bola, melindungi perutnya yang lembut. Bola paku yang padat sulit bagi predator untuk terbuka.

Cerita rakyat Romawi dan Cina kuno menceritakan dongeng tentang landak membawa buah di duri mereka. Meskipun buah, daun, dan ranting mungkin tersangkut pada salah satu “paku,” landak tidak menggunakan duri mereka untuk membawa makanan. Dan tidak seperti landak dari buku Alice in Wonderland atau video game populer “Sonic the Hedgehog,” mereka tidak dapat berguling ketika meringkuk menjadi bola.

Mungkin mitos terbesar adalah bahwa landak dapat menembakkan duri mereka! Bisakah kamu menembak rambut dari kepalamu? Sama seperti rambumu, duri landak dapat rontok atau patah, tetapi landak tidak bisa menembakkan duri untuk membela dirinya sendiri.

Di Eropa, orang-orang menganggap landak sebagai teman dari halaman belakang dan kebun. Landak ini sering ditemukan di hamparan bunga, kebun sayur, dan tumpukan kompos. Beberapa tukang kebun membuat sarang jerami atau kotak untuk menarik landak. Sebaliknya, landak memakan siput dan hama kebun lainnya.

Landak dapat hidup di banyak habitat yang berbeda, dari padang pasir ke hutan dan seterusnya! Landak gurun hidup di daerah yang menerima sedikit curah hujan. Spesies lain hidup di seluruh Asia. Landak Eropa tersebar luas di Eropa, dari Mediterania hingga Skandinavia. Di Afrika, landak hidup di sabana, hutan, dan bahkan jalan-jalan kota, di mana mereka berlarian bersama, mencari makan kesukaannya yaitu serangga.

Landak hidup di tanah, tidak pernah di pohon. Mereka suka hidup sendiri dan mungkin teritorial. Beberapa landak menggali lubang di tanah hingga kedalaman 50 cm. Yang lain lebih suka membuat sarang dengan daun kering, rumput, dan ranting. Landak gurun bersembunyi di antara batu-batu atau bersembunyi di pasir untuk menghindari terik matahari. Di Asia, landak bertelinga panjang sering berpindah ke liang yang ditinggalkan oleh kura-kura, rubah, gerbil, dan berang-berang.

Hedgehog adalah insektivora. Tetapi mereka juga bisa memakan makhluk darat lainnya seperti siput biasa dan siput bercangkang. Landak Eropa menyerbu cacing tanah, kumbang, millipedes, ulat, siput, earwigs, telur burung dan anak ayam. Beberapa hedgies, seperti yang ada di padang pasir Afrika, bahkan memakan hewan mati, tikus kecil dan ular, dan kalajengking. Menu landak Afrika Selatan mencakup semua hal di atas serta jamur, katak, kadal, rayap, belalang, dan ngengat. Jangan lupa sayuran! Beberapa landak juga suka buah, akar, rumput, daun, dan biji-bijian bersama dengan hidangan utama yang menyeramkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.