Mengenal Kukang, Hewan yang Menguasai Madagaskar!

Mengenal Kukang, Hewan yang Menguasai Madagaskar!

Kosongan –┬áKukang (Lemur) adalah jenis prosimian, yang berarti mereka adalah primata yang berevolusi sebelum adanya monyet dan kera. Mereka lebih primitif dari sepupu mereka tapi memiliki beragan karakteristik tertentu. Hewan ini hanya bisa ditemui di satu wilayah saja di planet ini, yaitu Madagaskar dan Kepulaian Comoro. Kukang dianggap sebagai kelompok mamalia yang paling terancam di dunia.

Saat ini ada lebih dari 100 spesies kukang. Leluhur primata ini diduga terbang ke Madagaskar dari Afrika sekitar 60 juta tahun yang lalu. Tanpa adanya saingan dari primata lain, kukang berevolusi untuk mengisi sebagian besar pelosok pulau itu.

Habitat dan tanah tempat lemur hidup sangat bervariasi. Madagaskar memiliki pegunungan tinggi yang memiliki lembah yang dalam di tengahnya. Hal ini menciptakan beberapa wilayah dengan cuaca yang berbeda. Bagian timur dari negara ini basah, sementara bagian baratnya kering, dan selatan lebih kering lagi. Kehidupan tanaman di daerah ini tumbuh berdasarkan curah hujan, dan para kukang ini beradaptasi sesuai dengan tempat yang ditinggali, mulai dari hutan hujan hingga daerah padang pasir. Ada juga satu spesies lemur yang beradaptasi untuk menjalani kehidupan di habitat rawa di sekitar danau di wilayah timur madagaskar.

Kebanyakan lemur menghabiskan waktu mereka di pepohonan, beristirahat, tidur, makan, dan bahkan melahirkan. Lemur ekor cincin, menghabiskan sebagian besar harinya di tanah. Lemur berjalan dengan merangkak, kaki dan tangan mereka dibuat khusus untuk hidup di pepohonan. Bantalan di tangan dan kaki membantu mereka menempel ketika mereka melompat dari pohon ke pohon. Tergantung ukuran mereka, kukang bisa membuat rumah atau hanya bertengger di cabang pohon, lubang pohon atau sarang daun.

Makanan kukang liar beraneka ragam. Seringkali spesies kukang yang lebih kecil memakan buah dan serangga, sementara spesies yang lebih besar kebanyakan herbivora, memakan bahan tanaman seperti buah, daun, bunga, nektar, tunas, kulit kayu, dan getah.

Lemur hidup secara berkelompok dan dipimpin oleh betina dominan. Dia memutuskan di mana dan kapan kelompok ini akan bergerak. Di antara makan dan istirahat, lemur dapat menghabiskan waktu berjemur atau merapikan satu sama lain. Mereka menggunakan paku yang memanjang di jempol kaki kedua, yang disebut cakar toilet, dan gigi-gigi yang berjarak sangat halus, yang disebut sebagai sikat gigi. Dibandingkan dengan kebanyakan primata, para kukang memiliki alat yang berbeda saat merapikan satu sama lain.

Lemur memiliki panjang yang beragam sesuai dengan jenisnya. Kukang paling kecil hanya memiliki panjang 13cm termasuk dengan ekornya, untuk kukang jenis yang besar bisa mencapai 90cm. Kukang Indir memiliki massa terberat yaitu 10kg, sementara yang teringan hanya 30 gram saja. Jika ditinjau dari kukang ekor cincin, mereka bisa bertahan hidup sampai 16.7 tahun.

Berikut fakta menarik dari Lemur (Kukang):

  • Lemur hitam bermata biru adalah satu-satunya primata selain manusia yang memiliki mata biru.
  • Lemur tikus miliki Madame Berthe dianggap sebagai primata terkecil di dunia. Itu dijelaskan pada tahun 2000 dan cukup kecil sehingga bisa masuk dalam cangkir teh.
  • Induk kukang hitam putih membuat sarang untuk mempersiapkan kelahiran bayi-bayinya, ia melapisinya dengan rambut sendri.
  • Seluruh keluarga lemur tikus (ibu, ayah, dan dua atau tiga anak) bisa muat dengan rapi di telapak tangan kamu.
  • Nama lemur berasal dari bahasa Latin lemur, yang berarti roh orang mati. Nama ini dipilih untuk gerakan diam lemur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.