Mengenal Ikan Paus, Hewan Mamalia Terbesar di Dunia!

Ilustrasi orca atau paus pembunuh.

Kosongan – Paus hadir dalam berbagai ukuran, tetapi mereka semua memiliki kulit halus, sirip, dan ekor datar (disebut cacing) yang mendorong mereka melalui air. Mereka melahirkan dan merawat anak-anak mereka di air dan menjalani hidup mereka di sana. Hidung dan telinga khusus mereka telah beradaptasi dengan kehidupan di bawah air. Mereka memiliki penglihatan yang sangat baik dan otak yang besar dan cerdas.

Paus dibagi menjadi dua kelompok: bergigi dan balin. Ada 69 spesies ikan paus bergigi, termasuk paus sperma, paus beluga, dan narwhals. Lumba-lumba hidung botol dan paus pembunuh juga ada di kelompok ini. Paus bergigi memiliki satu lubang sembur (lubang hidun) di atas kepala yang terbagi menjadi dua lubang hidung di dalam kepala. Mereka menggunakan ekolokasi untuk mencari makanan.

Ada 13 spesies ikan paus balin, termasuk paus abu-abu, paus biru, dan paus bungkuk. Balin terdiri dari helai keratin yang keras dan lentur yang menggantung dari bagian atas mulut raksasa paus. Paus Balin jauh lebih besar daripada kebanyakan paus bergigi dan memiliki lubang sembur ganda di atas kepala. Mereka menelan banyak air laut, dan kemudian menyaring air untuk menangkap makhluk laut kecil yang mereka makan. Para ilmuwan masih mempelajari apakah ikan paus balin menggunakan echolocation atau tidak.

Paus bergigi membuat suara yang bergerak di bawah air. Gelombang suara memantul dari suatu objek dan kemudian kembali ke paus sebagai gema. Kapal selam menggunakan metode yang sama untuk menjelajahi lautan. Gremokasi ini memungkinkan paus untuk menemukan makanan atau menghindari pemangsa, bahkan di air yang gelap atau keruh. Penelitian telah membuktikan bahwa suara datang dari dalam kepala mereka, bukan tenggorokan mereka seperti mamalia lainnya. Suara-suara itu berasal dari udara yang bergetar melalui lubang hidung kompleks mereka.

Ikan paus memiliki adaptasi khusus untuk menyelam. Mereka umumnya menyelam dengan udara penuh. Udara di paru-paru mereka dikompres oleh tekanan laut saat mereka menyelam. Ketika mereka menyelam, tubuh mereka menggunakan lebih sedikit oksigen dengan mengirimkannya ke organ vital seperti otak, jantung, dan paru-paru. Denyut jantung mereka melambat, dan mereka dapat mentolerir kadar karbon dioksida lebih tinggi daripada manusia. Paus sperma adalah juara penyelam, sering menyelam lebih dari 1 mil (1,6 kilometer) lebih dalam selama lebih dari satu jam!

Paus membuat banyak jenis bunyi yang berbeda, termasuk ceceran, peluit, erangan, dan jeritan. Peluit tampaknya digunakan terutama untuk berkomunikasi dengan paus lain. Paus bungkuk jantan tunggal membuat lagu paus terkenal mereka selama musim kawin musim dingin.

Paus bisa ditemukan di seluruh dunia, di semua lautan dan lautan yang bersebelahan, serta danau dan sistem sungai tertentu. Ikan paus bergigi memakan ikan, gurita, cumi-cumi, dan udang-udangan. Paus bale memakan krill (makhluk shrimplike kecil) dan zooplankton (hewan kecil), saringan dari air laut yang dihirupnya. Ikan paus abu-abu menyedot lumpur dari dasar samudra dan menyaring cacing kecil dan krustasea yang tinggal di sana.

Paus memiliki masa hidup yang lama, beberapa diantaranya bisa bertahan lebih dari 100 tahun. Paus Biru merupakan paus yang paling besar, ukurannya mencapai 21 meter dengan berat lebih dari 63 ton. Sementara itu, Paus berparuh Hector menjadi spesies terkecil dengan ukuran hanya 1.4 meter dan berat 48kg.

Berikut fakta menarik tentang paus:

  • Paus abu-abu membuat migrasi ikan paus terpanjang, bepergian dari Alaska ke pantai Meksiko. Ini adalah perjalanan pulang-pergi lebih dari 12.000 mil (20.000 kilometer).
  • Paus biru adalah mamalia terbesar yang pernah hidup di Bumi.
  • Tidak seperti ekor ikan, yang datar, ekor ikan paus tegak lurus dengan tubuhnya, seperti ekor pesawat. Seekor paus menggunakan gerakan ekor naik-turun untuk berenang, tetapi ikan menggunakan gerakan ekor bolak-balik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.