Mengenal Bunglon, Kadal Indah yang Bisa Menyamar!

Mengenal Bunglon, Kadal Indah yang Bisa Menyamar!

Kosongan – Di dunia reptil, ada beberapa bentuk dan warna yang aneh, tetapi beberapa variasi yang paling mencolok ditemukan pada bunglon. Kadal warna-warni ini dikenal karena kemampuan mereka untuk mengubah warna mereka; lidah mereka yang panjang dan lengket; dan mata mereka, yang dapat dipindahkan secara independen satu sama lain.

Bunglon menghabiskan hidup mereka di pohon dan semak-semak. Kebanyakan kadal memiliki lima jari kaki, tetapi lima jari bunglon bunganya diubah menjadi beberapa kelompok: pada kaki depan, kedua jari-jari kaki sebelah luar bergabung membentuk satu kelompok, dan tiga jari kaki sebelah dalam membentuk satu lagi; kaki belakang memiliki pengaturan yang berlawanan. Ini memungkinkan mereka untuk memahami cabang seperti ibu jari dan jari kita dapat menangkap objek.

Ekor bunglon juga membantu kehidupan. Sebagian besar dari mereka memiliki ekor yang dapat membungkus cabang pohon saat memanjat. Untuk alasan ini, ekor bunglon tidak dapat diputuskan dan tumbuh kembali seperti kadal lainnya.

Mata bunglon adalah yang paling khas di antara reptil. Setiap mata memiliki tutup bersisik berbentuk seperti kerucut, dengan hanya bukaan bulat kecil di tengah untuk pupil. Bunglon dapat memutar dan memfokuskan matanya secara terpisah untuk melihat dua objek yang berbeda pada saat yang bersamaan! Ini memberinya pandangan 360 derajat penuh di sekeliling tubuhnya. Ketika bunglon melihat mangsa, kedua mata bisa fokus ke arah yang sama untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas.

Bagaimana bunglon berubah warna adalah proses yang menarik dan rumit. Pertama-tama, mereka tidak benar-benar berubah warna agar sesuai dengan lingkungan mereka, dan mereka tidak dapat berubah ke semua warna. Misalnya, jika bunglon duduk di atas taplak meja polka dot merah-putih, itu tidak akan berubah menjadi merah dan membentuk bintik-bintik putih bulat! Bunglon tidak pernah meilhat dimana dia berada dan mengubah kulitnya sesuatu dengan tempat tersebut. Sebaliknya, setiap spesies bunglon memiliki sekelompok pola dan warna yang dapat ditampilkan.

Bunglon memiliki empat lapisan kulit: lapisan pelindung luar, yang disebut epidermis; lapisan chromatophore, yang mengandung pigmen kuning dan merah; lapisan melanophore, yang memiliki pigmen melanin gelap dan dapat menciptakan warna coklat dan hitam atau memantulkan warna biru; dan lapisan bawah, yang hanya mencerminkan putih. Dorongan saraf dan perubahan hormon menyebabkan sel-sel warna di lapisan-lapisan ini mengembang dan menyusut, dan pencampuran berbagai lapisan menciptakan warna dan pola yang kita lihat.

Melalui bidang bioinspirasi, para ilmuwan dan insinyur menggali lebih dalam untuk menemukan apa mekanisme kimia dan biologi memungkinkan bunglon berubah warna. Sejauh ini, prototipe T-shirt yang berubah warna telah dibuat dengan proses yang sama yang menggunakan bunglon.

Bunglon Yaman adalah spesies bunglon besar yang ditemukan di daerah pegunungan Yaman dan Arab Saudi di mana ada sangat sedikit air. Jantan dan betina sangat berbeda ukurannya, dengan jantan jauh lebih besar, meskipun keduanya memiliki pertumbuhan dekoratif di kepala mereka yang terlihat seperti topi pesta tetapi disebut casque. Casque bertindak seperti kolektor air: di malam hari, tetesan kelembaban menggelinding ke bawah dan ke mulut bunglon yang terbuka!

Bunglon jantan juga memiliki memacu pada setiap kaki belakangnya. Bunglon Yaman adalah omnivora, makan serangga, daun, dan bunga. Bunglon betina dapat menghasilkan tiga cengkeraman telur per tahun. Setiap kopling memiliki 20 hingga 70 telur dan membutuhkan waktu 6 hingga 9 bulan untuk menetas

Semua bunglon ditemukan di Old World, tetapi kebanyakan hidup di Madagaskar dan Afrika. Sisanya ditemukan di Timur Tengah, beberapa di pulau-pulau di Samudera Hindia, dan satu, bunglon India, di India, Pakistan, dan Sri Lanka. Lainnya, bunglon umum, berasal dari Spanyol, Portugal, pulau-pulau di Laut Mediterania, dan Timur Dekat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.