Mengenal Bumilangit Cinematic Universe (BCU), Inilah 5 Fakta Menarik BCU yang Harus Kamu Ketahui!

Mengenal Bumilangit Cinematic Universe (BCU), Inilah 5 Fakta Menarik BCU yang Harus Kamu Ketahui!
Mengenal Bumilangit Cinematic Universe (BCU), Inilah 5 Fakta Menarik BCU yang Harus Kamu Ketahui!

Saat ini, Bumilangit Cinematic Universe atau juga BCU tengah jadi perbicangan hangat. Pasalnya, dunia Superhero lokal tersebut, diharapkan menjadi pencetus munculnya film-film bertema Superhero di dunia perfilman Indonesia. Oleh sebab itu, banyak pecinta film yang penasaran dengan Fakta Menarik BCU yang sedang hangat itu.

5 Fakta Menarik Bumilangit Cinematic Universe, Tempat Bernaungnya Para Superhero Lokal yang Tidak Kalah Menarik dari MCU

Bagaimana tidak, jika kamu sudah tidak asing lagi dengan MCU, maka sekarang Indonesia pun mempunyai BCU. Fakta Menarik BCU menjadi perbincangan hangat, karena BCU sekilas mempunyai sedikit kemiripan dengan MCU. Bukan hal yang aneh, mengingat pembuatnya terinspirasi dari jagoan-jagoan yang sudah biasa kamu baca di komik atau juga kamu tonton di film.

Nah, Fakta Menarik BCU memang tidak akan ada habisnya jika di bahas. Banyak yang mendukung, ada pula yang kontra dengan keberadaan BCU yang terkesan “Menyerupai”. Namun, sebagai pecinta film yang baik, kamu sudah sepantasnya mendukung BCU yang merupakan cikal bakal para Superhero khas Indonesia ini.

Menurut kabar yang sudah beredar, inilah beberapa Fakta Menarik BCU yang bisa kamu ketahui:

1BCU Dimulai Dengan Film Gundala

BCU Dimulai Dengan Film Gundala
BCU Dimulai Dengan Film Gundala

Fakta Menarik BCU yang pertama sudah pasti karena Gundala. Ya, karena Gundala  adalah film pertama dari rangkaian film yang nantinya ada di Bumilangit Cinematic Universe. Gundala juga mengawali dimulainya Bumilangit Cinematic Universe fase 1. Sebagai proyek film pertama dari BCU, film Gundala tidak boleh kamu lewatkan.

Karena film Gundala adalah kunci pertama yang akan mengendalikan ke mana arah BCU yang selanjutnya. Sejak kemunculan teaser pertamanya, film yang dibintangi oleh Abimana Aryasatya ini sudah banyak mendapatkan perhatian dari para pecinta film di tanah air. Bahkan, film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini pun masuk ke dalam daftar Toronto International Film Festival (TIFF) 2019.

Kamu pasti tahu, jika TIFF adalah sebuah ajang festival film internasional yang dikenal sangat ketat dalam seleksinya pemilihannya.  Karena, tidak banyak film-film terbaik dari seluruh dunia yang bisa lolos masuk ke sana. Dalam ajang bergengsi ini, Gundala akan bersaing dengan film-film besar lainnya, salah satunya adalah Joker karya dari Todd Philips.

2Viral Hingga ke Dunia Internasional

Viral Hingga ke Dunia Internasional

Lalu, Fakta Menarik BCU yang selanjutnya pastinya yang paling banyak dibicarakan. Setelah kemunculan, Gundala, pasti banyak yang mempertanyakan dari mana Gundala berasal?. Lalu, munculah Bumilangit Cinematic Universe dan namanya langsung melambung dan langsung dikenal di tanah air baru-baru ini.

Wajar saja, mengingat film bertemakan Superhero masih jarang di dalam dunia film tanah air ini. Nama Bumilangit Cinematic Universe pun sangat tidak asing, sebagaimana Marvel Cinematic Universe yang sudah lebih dulu booming. Bahkan, The Hollywood Reporter, yang merupakan salah satu media dari luar negeri yang khusus membahas tentang dunia hiburan internasional, juga tertarik untuk mengangkat dan membahas tentang proyek BCU ini.

Dalam sebuah artikel yang berjudul ‘Indonesia’s Screenplay Bumilangit Plans ‘Gundala’ Superhero Franchise’ tersebut, pihak The Hollywood Reporter melakukan sebuah  wawancara yang eksklusif dengan sang sutradara film Gundala, Joko Anwar. Dalam sebuah wawancara yang diadakan juga saat perhelatan Malaysian International Film Festival itu, mereka tentunya mencoba menanyakan dan juga mengulas tuntas mengenai bagaimana proyek Bumilangit Cinematic Universe ke depannya.

3Ada 4 Era di Bumilangit Cinematic Universe

Ada 4 Era di Bumilangit Cinematic Universe
Ada 4 Era di Bumilangit Cinematic Universe

Nah, Fakta Menarik BCU yang selanjutnya adalah, jika di Bumilangit Cinematic Universe (BCU) ada 4 era yang berbeda. Dan, era-era tersebut, adalah Era Legenda, Era Jawara, Era Patriot, dan juga Era Revolusi. BCU dikisahkan dimulai sejak letusan Gunung Toba yang berlangsung sekitar 75.000 tahun sebelum Masehi.

Selain itu, ada juga kisah yang berlatar pada zaman es akhir, hingga pada zaman  peradaban Sundalandia. Nah, untuk Era Jawara ini, adalah era di mana para pendekar-pendekar di BCU ini hidup pada masa kerajaan nusantara. Beberapa tokoh terkenal dari era ini adalah Si Buta dari Gua Hantu dan juga Mandala.

Sedangkan di era Patriot, yang tak lain adalah era para jagoan yang hidup di masa modern ini, ada beberapa patriot yang sangat terkenal, yang tak lain adalah Gundala, Sri Asih, Godam, Sembrani, dan juga Tira. Menarik bukan Bumilangit Cinematic Universe ini.

4BCU Mempunyai Timeline Hingga Tahun 2023

BCU Mempunyai Timeline Hingga Tahun 2023
BCU Mempunyai Timeline Hingga Tahun 2023

Fakta Menarik BCU yang selanjutnya, jika di Bumilangit Cinematic Universe timelinenya sudah sampai tahun 2023. Tahukah kamu, jika BCU juga sedang mempersiapkan film lainnya, yakni Si Buta Dari Gua Hantu yang kabarnya film ini akan disutradarai oleh Timo Tjahjanto.

Sudah bukan rahasia umum, jika Bumilangit Cinematic Universe sedang memproyeksikan beberapa rangkaian film superhero lokal dalam beberapa tahun ke depan. Tidak tanggung-tanggung, menurut kabar tersebut, sudah terdapat timeline BCU dari tahun 2019 hingga tahun 2023!

Untuk menyiasati perbedaan era dari pahlawan-pahlawan super lokal itu, timeline BCU jilid 1akan dibagi menjadi dua buah bagian. Jilid pertama adalah era Patriots, dan yang kedua adalah era Warriors. Nah, kamu pasti sudah tahu, jika Gundala sudah tayang di layar kaca, maka selanjutnya akan hadir film superhero dari BCU lainnya yang tak lain adalah si jagoan Sri Asih. Tokoh Sri Asih tersebut, akan diperankan oleh aktris Pevita Pearce.

5Punya Dukungan Penuh dari Bakrie Global Ventura (BGV) untuk Merealisasikan Proyek BCU

Nah, Fakta Menarik BCU yang terakhir ini tidak kalah penting. Kamu pasti sudah tahu, jika pembuatan film yang berkualitas Hollywood butuh dana yang tidak sedikit. Menurut kabar yang beredar, untuk merealisasikan proyek film para superhero BCU ini, dibutuhkan biaya yang tentunya tidak sedikit.

Nah, untuk penggarapan film Gundala yang baru saja tayang kemarin, disebut-sebut menghabiskan cukup banyak biaya produksi yang lebih dari Rp 30 miliar. Namun, proyek keren ini tidak akan terlaksana tanpa adanya Bakrie Global Ventura (BGV) yang tidak lain, adalah salah satu anak usaha dari Bakrie Grup yang menjadi salah satu investor dalam proyek yang dikerjakan oleh Bumilangit Studios tersebut.

Alasan BGV mendukung penuh proyek BCU ini, karena ia tertarik berinvestasi dalam proyek film superhero lokal yang diyakininya mapunyai masa depan yang cerah di dunia film tanah air. Tentu saja, Anindya Bakrie menyadari jika film superhero di Indonesia masih sangat terbatas, namun jumlah penontonnya sangat antusias.

Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan matang, jika para pecinta film tanah air pun membutuhkan asupan film Superhero lokal yang tidak kalah keren dari MCU misalnya. Jika film Avengers: Endgame, bisa sangat sukses di Indonesia, kenapa film-film Superhero lokal dari BCU tidak? Gundala saja bisa sukses bukan?.

Nah, itulah sedikit Fakta Menarik BCU yang bisa kamu ketahui. BCU tentunya tidak akan kalah dengan MCU. Jadi, tetap dukung terus perfilman Indonesia ya, dengan mendukung film-film lokal karya anak bangsa. Agar perfilman di tanah air ini, bisa semakin maju, semakin berkembang dan semakin berkualitas.