Mengenal Armadillo, Hewan Kecil yang Mempunyai Kulit Sekeras Baja!

Mengenal Armadillo, Hewan Kecil yang Mempunyai Kulit Sekeras Baja! -Kosongan

Kosongan – Hewan mamalia dengan cangkang? Armadillo benar-benar memiliki bentuk yang aneh. Meski kebanyakan spesies armadilo terlihat seperti botak, ternyata mereka memiliki bulu di bagian samping dan perutnya. Beberapa orang menyebut rambut itu sebagai pengikat penggir jalan, karena armadillo dapat merasakan jalan di sekitar aera pada malam hari saat bulu tersebut menyentuh objek.

Satu hal yang memberitahu semua orang bahwa mereka melihat armadillo adalah shell roly-poly dengan pembalut (band) lapisan baja. Jumlah balutan itu tergantung pada spesies mereka. Bagian yang mengeras dan tumpang tindih ini memberikan sebagian besar armadillo tampilan yang lipit.

Meskipun balutannya keras seperti kuku jari, cangkangnya fleksibel, dengan kulit lebih lembut yang mengembang dan berkontraksi di antara pita-pita. Armadillo juga memiliki cakar panjang untuk menggali dan mencari makanan. Gigi berbentuk pasak untuk mengunyah serang yang merupakan makanan favorit armadillo.

Ada 20 spesies armadillo di Amerika, kebanyakan dari mereka tinggal di Amerika Tengah atau Selatan. Hanya armadillo sembilan band yang merupakan hewan asli Amerika Serikat. Karena ukuran tubuh dan sumber makanan bervariasi, begitu juga kisaran tempat tinggal dan habitat masing-masing spesies armadillo. Bahkan, semuanya bervariasi ketika kita berbicara tentang armadillo.

Kebanyakan armadillo suka dengan lahan basah dengan naungan tebal dan tanah berpasir yang mudah untuk digali. Namun mereka juga ditemukan di semak duri, padang rumput, dan area berhutan. Armadillo bersembunyi di rumput, balok kayu, dan terkadang di bawah tanah.

Mayoritas armadillo sebagian besar waktu soliter. Mereka melakukan perjalanan untuk mencari makanan dan mencoba menghindari bahaya. Ketika cuaca dingin, armadillo dapat berkelompok dalam persembunyian, sering membuat sarang besar dengan rumput di dalamnya. Mereka tidak pandai menjaga kehangatan mereka sendiri dan tampaknya tidak keberatan jika ditemani orang lain di sekitar. Armadillo tujuh band kadang-kadang berbagi liang dengan beberapa armadillo lain dengan jenis kelamin yang sama.

Armadillo memiliki sedikit lemak tubuh dan berkulit tipis, sehingga mereka tidak dapat mempertahankan suhu internal mereka seperti kebanyakan mamalia lakukan. Ini menyebabkan perilaku mereka berubah dari musim ke musim. Misalnya, pada bulan-bulan yang lebih panas, armadillo mungkin aktif di malam hari, mencari makan di malam hari ketika lebih dingin dan mudah bergerak. Ketika cuaca semakin dingin, armadillo yang sama mungkin mulai mencari makan lebih awal di siang hari, menjadi lebih siang hari.

Armadillo adalah insektivora, dan kerabat terdekat mereka adalah sloth dan trenggiling. Meskipun sebagian besar makanan mereka terdiri dari serangga dan invertebrata, armadillo juga memakan buah, telur, dan hewan kecil. Mereka bahkan makan bangkai.

Hidung yang sensitif membuat armadillo lebih alhi dalam mendeteksi makanan kesukaan mereka. Armadillo sembilan band terus berbicara sambil mencari makanan. Jika makanannya berada di bawah tanah, ia akan menggunakan cakarnya yang panjang untuk menggali. Karena kelakuannya yang suka menggali inilah orang sering menganggapnya sebagai hama. Petani dan tukang kebun tidak ingin hewan ini membasmi serangga, sekaligus menghanucrkan seluruh tanaman yang mereka rawat.

Armadillo yang memiliki tiga band biasanya hidup sampai 16 tahun. Umur hidup hewan ini juga tergantung dengan spesies. Untuk ukuran, armadillo raksasa bisa mencapai 1 meter dengan berat hingga 60kg. Sementara yang paling kecil, Pink fairy armadillo memiliki panjang 12cm dan  berat hanya 85 gram.

Berikut beberapa fakta menarik dari armadillo:

  • Armadillo dalam bahasa Spanyol berarti benda kecil yang memiliki baju baja.
  • Armadillo 9 band memiliki 4 kotoran identik setiap litter, jantan dan betina sama. Dan 7 band armadillo memproduksi 8 hingga 15.
  • Armadillo pada prasejarah, glyptodon, berukuran sebesar Kumbang Beetle!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.