Mengenal Antelop, Hewan Bertanduk Besar yang Sangat Lincah!

Mengenal Antelop, Hewan Bertanduk Besar yang Sangat Lincah!

Kosongan – Apa itu antelop? Kata antelope telah digunakan untuk menggambarkan berbagai macam mamalia bertanduk dalam Keluarga Bovidae. Bahkan ada beberapa spesies dalam keluarga Bovidae yang dikenal sebagai kambing-antelop!

Semua antelop memiliki tanduk di beberapa spesies mereka hanya ditemukan pada pejantan, sedangkan pada yang lain, seperti rusa, jantan dan betina memilikinya. Tanduk terbuat dari inti tulang terbungkus dalam bahan keras yang sebagian besar terbuat dari keratin (zat yang sama terbuat dari kuku jari kita). Tanduk ini melekat permanen, tidak seperti tanduk rusa, yang digantikan setiap tahun.

Beberapa tanduk, seperti yang ada pada addax dan blackbuck, berliku-liku membentuk spiral yang menarik dari yang lain bergerigi atau bergelombang, seperti yang ada di impala dan antelop yang jelek dari yang lain tumbuh dalam kurva lebar dengan titik tajam di ujungnya, seperti gnu.

Kuku ini dibuat untuk berjalan. Hooves adalah spesialisasi lain untuk banyak antelop. Setiap kuku memiliki split di tengah, membagi kuku menjadi dua jari kaki. Lechwes, yang hidup di daerah berawa, memiliki kuku yang panjang dan runcing untuk memberi mereka pijakan di air. Rusa bertanduk ramping memiliki kuku yang lebar dan kokoh untuk berjalan di atas pasir yang bergeser dari habitat gurun mereka. Dan klipspringer memiliki kuku bulat kecil dengan bantalan di tengah yang berfungsi seperti cangkir penyedot, memungkinkan antelop lincah ini melompat dari batu ke batu tanpa terjatuh.

Antelope harus selalu waspada terhadap bahaya, karena mereka menjadi makanan hangat bagi banyak predator — macan tutul, singa, musang, hyena, anjing liar, cheetah, dan ular piton — bergantung pada spesies dan lokasi. Burung pemangsa besar dapat mengambil anak sapi muda. Tetapi antelop memiliki beberapa cara untuk tetap aman.

Berdiam diri: Ketika duiker Maxwell merasakan bahaya, ia membeku  dengan satu kaki dari tanah, agar tidak diperhatikan.

Panggilan alarm: Maxwell duikers menggunakan dua vokalisasi: alarm whistle dan bleat yang keras; klipspringer membuat peluit keras, melengking. Seekor penjaga rhebok tetap waspada dan memberi tahu kelompoknya dengan dengusan seperti batuk jika ancaman ditemukan.

Berlari: Para duikers berpunggung kuning melesat dengan kecepatan tinggi untuk melindungi vegetasi yang lebat. Gerenuk yang terancam menurunkan kepala dan lehernya, dan kemudian perlahan merayap atau berlari cepat untuk bertahan hidup. Meskipun rheboks cenderung lari dari bahaya, pejantan terlihat sering menyerang dan mengejar babun.

Melompat: Springbok dan Beira melarikan diri dengan melompat-lombat sehingga sering membingungkan pemangsa yang mengejar. Gazelles memiliki lompatan kaki kaku yang disebut stot.

Bersembunyi: Lechwes menghabiskan hidup mereka di dekat air dan dapat melompat dan berenang jika mereka merasa terancam. Mereka juga bersembunyi di air, dengan hanya hidung mereka yang mencuat. Royal antelope berusaha tetap bersembunyi untuk menghindari masalah. Steenbok sering bersembunyi, berbaring rata dengan tanah dengan leher terentang — mereka tidak akan lari sampai pemangsa akan menginjak mereka!

Bau: Dikatakan bau badan waterbuck saja yang menangkal sebagian besar pemangsa.

Tanduk: Jangan lupakan tanduk itu — antelop dapat menggunakan tanduk tajam mereka untuk membela diri jika diperlukan.

Berikut fakta menarik dari antelop:

  • Royal antelop seukuran kelinci disebut sebagai raja kelinci, yang berubah menjadi moniker royal antelope. Orang Liberia menyebutnya sebagai jackrabbit atau jack yang rumit, dan itu dihormati karena kecepatan dan kegesitannya.
  • Rheboks memiliki kecepatan yang cepat, hingga 40 mil (64km) per jam dan merupakan jumper dan pendaki yang baik. Ini mungkin adalah alasan sepatu Reebok populer dinamai menurut mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.