Kamu Kecanduan Bermain Game, Ayo Coba 6 Cara Ini untuk Mengatasinya

Bermain video game menjadi salah satu yang paling menyenangkan dari banyak kegiatan rekreasi lainnya. Kamu dapat menikmati bermain game dengan teman-temanmu. Jika kamu memainkan permainan hanya untuk bersenang-senang itu tidak berbahaya tetapi jika kamu sampai kecanduan bermain game dapat memiliki efek buruk pada kesehatan, baik mental dan fisik. Permainan-permainan sangat menggoda, dan kebanyakan orang akan merasa sulit untuk berhenti bermain.

Dengan meningkatnya teknologi, video game menjadi semakin menarik. Jika kamu merasa sulit untuk menjauh dari video game bahkan untuk hal-hal penting seperti pendidikan atau pekerjaan, penting untuk mengenali situasi kecanduan bermain game dan mencari solusi.
Tidak banyak penelitian tentang kecanduan video game, sehingga orang sering merasa tidak berguna melakukan hal itu. Kecanduan game sama seperti kecanduan lainnya yang disebabkan oleh perilaku impulsif. Kebiasaan atau perilaku tertentu adalah tanda-tanda kecanduan yang jelas seperti mengorbankan waktu di sekolah atau bekerja, bermain secara rahasia, menggunakan permainan sebagai pelarian dari kenyataan dan menjadi terasing.

Berikut 6 Cara untuk Mengatasi Kecanduan Bermain Game

1Batasi waktu hanya satu jam atau kurang setiap harinya

Kamu harus memastikan bahwa video game yang kamu habiskan utnuk bermain tidak terlalu banyak menyita waktumu. Game-game tersebut sangat menggoda dengan model 3D baru dan animasi yang membuat seolah seperti hidup. Kamu harus membatasi waktu yang dihabiskan saat bermain video game. Cobalah untuk bermanja dengan kegiatan lain. Bisa dengan aktivitas fisik seperti berolahraga atau menari, mendengar lagu relaksasi dengan duduk santai di teras rumah. Pastikan waktu untuk bermain hanya sekitar satu jam dan pastikan kamu beristirahat sehingga dapat mempertahankan batasan waktu tersebut.

2Telusuri jejak kenapa masih bermain game

Mempertahankan jejak waktu yang didedikasikan saat bermain game sangat penting. Ketika kamu memperhatikan waktu, kamu akan memperhatikan hal-hal kecil yang membuat kamu termotivasi bermain lebih lama dan lebih banyak permainan. Kamu mungkin menemukan bahwa kamu dapat melakukannya ketika merasa bosan, depresi atau sedih. Jika itu masalahnya, kamu harus mencari solusi untuk masalah tersebut.
Jika kamu tahu apa yang memotivasi kamu untuk memainkannya, kamu pasti dapat memecahkan masalah dan mengatasi kecanduan bermain game. Jika kamu memainkannya untuk melarikan diri dari kenyataan dan masalah, maka penting bagimu untuk menemukan cara untuk menyingkirkan ketergantungan itu.

3Perhatikan masalah yang mungkin timbul dari bermain game yang berlebihan

Jika kamu mengamati bahwa ada kebiasaan buruk tertentu yang dikembangkan oleh seseorang karena game yang mereka mainkan, kamu harus menyingkirkan game tersebut. Ada kemungkinan bahwa permainan tertentu bisa merusak sikap seseorang. Mereka mungkin menunjukkan tanda-tanda kepribadian yang bermasalah atau mengembangkan kapasitas kekerasan jika mereka bermain game kekerasan untuk waktu yang lama.
Jika anak-anak bermain video game, penting bagi orang tua untuk tidak hanya memperhatikan berapa lama mereka memainkannya, tetapi juga pada jenis dan rating game yang mereka mainkan. Pastikan bahwa mereka bermain game yang tidak terlalu keras, seperti God of War, Mortal Kombat, dan game lain yang sering memperlihatkan perkelahian dan darah.

4Terapi perilaku kognitif

Beberapa metode yang lebih berat untuk mengatasi kecanduan adalah memastikan bahwa proses berpikir dipertahankan dari memikirkan tentang permainan hingga memikirkan kegiatan lain yang lebih produktif. Kamu dapat memfokuskan pikiranmu pada hal-hal menyenangkan seperti bermain di luar atau bersenang-senang dengan teman-teman, bermain futsal. Satu hal lainnya yang bisa mengubah perilaku tersebut adalah dengan cinta. Carilah seseorang yang membuatmu bisa termotivasi dan memberikan dukungan untuk keluar dari kecanduan bermain game. Permintaan atau ajakan dari orang tersayang cenderung bisa lebih mudah untuk diterima dan menjadi kebiasaan.

5Membangun kepercayaan

Ada metode untuk membangun kepercayaan yang dapat membantu orang yang secara sosial tidak kompeten untuk memulihkan kepercayaan diri. Orang-orang ini lebih suka menghabiskan waktu di dalam ruangan karena mereka tidak cukup percaya diri untuk pergi keluar dan membangun hubungan baru. Video game adalah cara melarikan diri dan tersesat di dunia game. Meski pun begitu ada juga beberapa orang yang percaya dengan game mereka bisa sukses dan menjadi pemain game profesional.

6Memperbanyak aktivitas luar ruangan

Jika kamu tidak keluar dan gagal menikmati alam terbuka, maka kamu akan menemukan hiburan lewat teknologi. Teknologi tampaknya menjadi alternatif yang sangat baik untuk keluar. Cobalah menjadi tempat wisata yang memiliki pemandangan yang bagus. Kamu juga bisa mencari pusat kebugaran untuk sedikit berkeringat dan membuat badanmu tetap sehat.

Bermain game itu menyenangkan tapi harus sesuai dengan porsinya dan jangan malah membuat kehidupanmu menjadi buruk. Membawa emosi ketika bermain game tidak baik bagimu. Semoga 6 cara untuk mengatasi kecanduan bermain game di atas bisa membantu menyelesaikan masalahmu. Jangan lupa bagikan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.