Menembus Awan! Inilah 10 Gedung Tertinggi Di Dunia Yang Harus Kamu Ketahui

Menembus Awan! Inilah 10 Gedung Tertinggi Di Dunia Yang Harus Kamu Ketahui
Menembus Awan! Inilah 10 Gedung Tertinggi Di Dunia Yang Harus Kamu Ketahui

Di kota-kota besar di dunia, pastilah kamu sering melihat banyak gedung-gedung pencakar langit menghiasi kota-kota tersebut. Tak terkecuali di Jakarta, dan di kota-kota besar lainnya. Diantara banyaknya gedung pencakar langit, ada beberapa Gedung Tertinggi Di Dunia yang mampu menembus awan saking tingginya. Ya, kamu mungkin langsung teringat salah satu gedung tertinggi yang sangat fenomenal di Dubai.

10 Gedung Tertinggi Di Dunia Yang Punya Pemandangan Terindah

Saat ini, banyak Gedung Tertinggi Di Dunia yang semakin banyak dibangun. Selain bisa menembus awan saking tingginya, pemandangan dari gedung tersebut pastilah sangat indah, terlebih pemandangan di malam hari. Tidak heran, banyak yang ingin mengunjungi gedung-gedung tersebut karena terpukau dengan keindahannya. Apakah kamu salah satu orang yang ingin menikmati pemandangan indah di gedung tersebut?

Jika iya, simak dulu beberapa Gedung Tertinggi Di Dunia dalam daftar di bawah ini:

1Burj Khalifa

Burj Khalifa
Burj Khalifa

Gedung Tertinggi Di Dunia yang ada di urutan pertama, adalah Burj Khalifa yang berada di Dubai. Burj Khalifa pertama kali berdiri menembus awan, pada tahun 2010 silam. Bahkan, hingga saat ini Burj Khalifa masih memegang rekornya sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia loh. Kamu harus tahu, Burj Khalifa ini dirancang oleh Skidmore, Owings & Merill LPP ini mempunyai tinggi sekitar 829,8 meter dengan 163 lantai di dalamnya. Burj Khalifa punya banyak fungsi, antara lain berfungsi sebagai perkantoran, hotel, hingga residensial. Kamu tertarik datang ke gedung tertinggi ini?.

2Shanghai Tower

Shanghai Tower
Shanghai Tower

Lanjut ke posisi kedua, ada salah satu Gedung Tertinggi Di Dunia yang dirancang oleh Gensler dan diresmikan pada tahun 2015 lalu, yakni Shanghai Tower. Ya, Shanghai Tower ini terletak di Shangai, dan memegang rekor dalam menempati posisi kedua sebagai gedung tertinggi di dunia. Shanghai Tower tercatat berdiri setinggi 632 meter dan jika dilihat dari kejauhan, kamu akan seakan melihat dikonstruksi gedung ini secara spiral. Perspektif tersebut bisa kamu lihat sedemikian rupa, karena pantulan bias cahaya dari jendela. Shanghai Tower, tak kalah tinggi dari Burj Khalifa ya!.

3Makkah Royal Clock Tower

Makkah Royal Clock Tower
Makkah Royal Clock Tower

Nah, umat Muslim mana sih yang tidak ingin datang ke tempat salah satu Gedung Tertinggi Di Dunia ini berada. Selain bisa menjalankan ibadah Haji dan Umrah, kamu bisa melihat Makkah Royal Clock Tower yang berada di Mekkah, menjulang tinggi menembus awan di langit Arab Saudi. Letaknya sendiri bersebrangan dengan Masjid Al-Haram. Makkah Royal Clock Tower yang mempunyai nama lain King Abdul Aziz Endowment Tower ini, bukan hanya tinggi namun sangat indah. Wajar saja jika Makkah Royal Clock Tower menempati peringkat tertinggi ketiga di dunia, karena tingginya saja setinggi 601 meter. Selain itu, secara regional di wilayah Timur Tengah, Makkah Royal Clock Tower menjadi gedung tertinggi kedua setelah Burj Khalifa tadi.

4Ping An Finance Center

Ping An Finance Center
Ping An Finance Center

Lalu, Gedung Tertinggi Di Dunia yang selanjutnya adalah Ping An Finance Center, yang letaknya berada di Shenzhen. Uniknya, Ping An Finance Center seperti sebuah roket jika kamu melihatnya dari kejauhan. Nah, Ping An Finance Center yang ada di Tiongkok ini lebih tepatnya, menempati posisi keempat sebagai gedung tertinggi yang ada di dunia. Karena Ping An Finance Center mempunyai 115 lantai dan diresmikan di tahun 2017 belum lama ini. Ping An Finance Center sendiri hanya diperuntukkan sebagai gedung perkantoran saja.

5Lotte World Tower

Lotte World Tower
Lotte World Tower

Salah satu Gedung Tertinggi Di Dunia yang berada di Seoul ini, menjadi salah satu menara tertinggi dan gedung paling tinggi yang ada di Korea Selatan. Ya, Lotte World Tower mempunyai garis desain gedung yang sangat unik. Konsep desain pada Lotte World Tower hadir berkat pengaruh kesenian dan juga kebudayaan tradisional yang khas Korea Selatan. Dengan 123 lantai, Lotte World Tower mempunyai ketinggian sekitar 555,7 meter dan juga difungsikan sebagai perkantoran, hotel, dan juga sebagai pusat perbelanjaan. Selain bisa menyaksikan pemandangan kota dari gedung ini, kamu bisa juga sekalian belanja untuk oleh-oleh.

6One World Trade Center

One World Trade Center
One World Trade Center

Nah, kalau Gedung Tertinggi Di Dunia yang satu ini, terletak di New York City, Amerika Serikat. One World Trade Center sendiri, menggantikan gedung kembar yang dulu runtuh akibat terhantam pesawat di tahun 2001 silam. Setelah kembali diresmikan pada  tahun 2014, One World Trade Center kembali menjadi salah satu ikon untuk Manhattan Skyscrapers bersama dengan gedung pencakar langit lainnya seperti Empire State Building dan juga Chrysler Building. Menikmati pemandangan kota New York dari gedung ini di malam hari, sepertinya sangat menyenangkan.

7Guangzhou CTF Finance Center

Guangzhou CTF Finance Center
Guangzhou CTF Finance Center

Nah, lanjut ke posisi yang selanjutnya, ada salah satu Gedung Tertinggi Di Dunia yang menempati posisi ketujuh tertinggi di dunia, yakni Guangzhou CTF Finance Center yang terletak di Guangzhou. Perlu kamu ketahui, Guangzhou CTF Finance Center ini berada di jantung perekonomian kota Guangzhou yang sangat elit. Dengan total 111 lantai di dalamnya, Guangzhou CTF Finance Center selain menjadi kantor, juga berfungsi sebagai hotel dan juga apartemen di dalamnya. Secara keseluruhan, Guangzhou CTF Finance Center ini, ujungnya terlihat seperti lipatan kertas yang berdiri setinggi 530 meter menembus awan. Keren ya!.

8China Zun

China Zun
China Zun

Gedung Tertinggi Di Dunia yang satu ini, baru rampung pada tahun 2018 yang lalu, yakni China Zun yang terletak di Beijing. China Zun setelah diresmikan, langsung menjadi gedung tertinggi nomor delapan yang ada di dunia. Selain itu, China Zun ini digadang-gadang sebagai flagship building untuk Ibukota Tiongkok, yakni Beijing. China Zun mempunyai tinggi sekitar 527,7 meter ini, mempunyai atap yang unik di bagian lobbynya, yakni berbentuk cekungan yang terinspirasi dari salah satu ornamen upacara tradisional khas Tiongkok. Kamu pasti sangat terpukau jika datang ke China Zun ini.

9International Commerce Centre

International Commerce Centre
International Commerce Centre

Lalu, Gedung Tertinggi Di Dunia yang selanjutnya adalah International Commerce Centre, yang berada di Hong Kong. Nah, International Commerce Centre yang terletak di Hong Kong ini, merupakan gedung tinggi dengan tingkat efisiensi energi yang juga sangat tinggi. Program yang diusung oleh International Commerce Centre tersebut, setiap tahunnya terus meningkat sejak pertama kali diprakarsai di tahun 2011 lalu. Dengan 108 lantai, International Commerce Centre, Hong Kong mempunyai tinggi 484 meter.

10Vincom Landmark 81

Vincom Landmark 81
Vincom Landmark 81

Nah, Gedung Tertinggi Di Dunia yang ada di daftar paling akhir ini, adalah Vincom Landmark 81, yang terletak di Ho Chi Minh City. Angka “81” yang ada di dalam nama gedung ini, menunjukkan jumlah lantai yang ada di Vincom Landmark 81. Vincom Landmark 81 yang berbentuk seperti kumpulan balok kristal yang tersusun rapi ini, berdiri tegak setinggi 469,5 meter. Selain bangunannya yang unik, pemandangan yang terlihat dari gedung ini pun sangat indah.

Itulah tadi beberapa Gedung Tertinggi Di Dunia yang bisa menembus awan saking tingginya. Pemandangan yang indah jika dilihat dari atas gedung tersebut, menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang ingin mengeksplor gedung-gedug pencakar langit tersebut. Nah, pembangunan gedung setinggi itu pastilah membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Jika kamu berkesempatan ke sana, Gedung Tertinggi Di Dunia mana dulu yang ingin kamu kunjungi?.