Begini Caranya Untuk Membuat Proses Render Video Lebih Cepat

cara mempercepat proses render video di pc

Tahukah kamu kalau ternyata ada cara mempercepat proses render video? Dalam dunia editing video, dikenal dengan nama Rendering Video Process. Proses ini merupakan tahap akhir dari proses pembuatan video menjadi file utuh. Berbeda dengan “save as” yang sangat cepat karena hanya akan menyimpan file mentahnya saja, proses rendering ini bisa memakan waktu yang sangat lama.

Beberapa content video creator sering menyebutkan, bahwa proses render ini bisa saja memakan waktu lebih dari 1 hingga 2 jam. Tergantung jenis format video yang diinginkan dan durasi video yang dirender. Terkadang proses render juga sering gagal ditengah jalan, bahkan bisa merusak PC atau Laptop yang digunakan.

Cara Mempercepat Proses Render Video Tanpa Aplikasi Tambahan

Bagi para YouTubers yang hanya memiliki PC atau Laptop standar kebawah, proses render ini menjadi salah satu penghambat yang sangat sering ditemui. Hal ini menyebabkan content creator takut untuk membuat sebuah video dengan durasi waktu yang panjang dan dengan efek yang canggih.

Padahal terdapat beberapa cara mempercepat proses render video dengan mudah, bahkan tanpa aplikasi tambahan. Cara ini akan sangat berguna untuk merawat mesin PC atau Laptop yang bisa saja rusak saat proses render berlangsung. Simak penjelasan Kosongan.id tentang cara mempercepat proses render video di PC berikut ini.

1Merender Beberapa File Secara Terpisah

Hal utama yang membuat proses render berjalan lama dikarenakan terdapat banyak file yang dimasukkan dalam storyboard editor. Hal ini menjadikan software editor berjalan lebih berat dari biasanya.

Untuk itu, Langkah pertama untuk mempercepat proses render video adalah dengan membuat file hasil render secara terpisah sebelum dijadikan satu file utuh. Kamu dapat melakukan beberapa proses render sesuai dengan kebutuhan kamu, misalnya merender file audio terlebih dahulu menjadi mp3. Dan setelah itu merender file video yang terpisah menjadi beberapa file.

Misalnya kamu memiliki 10 file video dalam story board editor, kamu bisa merender file-file tersebut menjadi 3 file. Dan setelah itu render kembali 3 file video tersebut menjadi satu file video utuh. Sehingga pada akhirnya kamu hanya memiliki 2 file yang akan dirender, yakni 1 file audio Mp3 dan 1 file Video.

2Gunakan Format Video Dengan Resolusi 480

Jika PC atau Laptop yang kamu gunakan dirasa kurang garang dalam mengedit video, sebaiknya kamu jangan memaksakan format video dengan kualitas diatas 480. Untuk ukuran video YouTube, kualitas video 480 dirasa sudah sangat cukup bagi kenyamanan penonton.

Proses render video dengan kualitas 480 juga tidak akan menurunkan kualitas audio kamu. Sehingga kamu tidak perlu takut suara yang dihasilkan tidak terdengar jelas.

3Matikan atau Hapus Aplikasi Yang Berjalan di PC

Cara mempercepat render video selanjutnya adalah dengan mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Biasanya para YouTuber sering menggunakan aplikasi pendukung lainnya, seperti Adobe Photoshop untuk membuat gambar thumbnail dan lain sebagainya.

Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat proses render berlangsung, sistem kerja PC akan semakin berat dan bisa mengakibatkan proses rendering menjadi error. Kamu juga bisa menghapus aplikasi yang dirasa tidak bermanfaat atau aplikasi dengan fungsi sama.

Beberapa PC atau Laptop sering kali memiliki aplikasi yang memiliki fungsi sama. Seperti Adobe PDF Reader dan Nitro PDF Editor. Cukup gunakan salah satu aplikasi tersebut untuk menghemat memori RAM PC atau Laptop.

Kamu juga menghapus Cache Browser PC atau Laptop kamu untuk membebaskan ruang memori. Hal ini cukup membantu untuk meringankan kinerja PC.

4Dinginkan PC atau Laptop Sebelum Memulai Render

Untuk mempercepat proses render video di PC, ada baiknya kamu mendinginkan terlebih dahulu PC atau Laptop yang kamu gunakan. Mesin PC yang panas juga memperngaruhi proses render video.

Kami sangat menyarankan untuk menggunakan cooling pad ketika proses editing video berlangsung. Dan tetap menyalakannya setelah PC atau Laptop dimatikan.

Setelah PC atau Laptop dirasa sudah dingin, kamu bisa langsung melakukan proses render. Perlu diingat bahwa, jangan membuka aplikasi atau file apapun selain file video yang akan dirender.

5Matikan Koneksi Internet

Jika kamu menggunakan koneksi internet, maka sebaiknya kamu mematikan fungsi WLan/ WiFi pada PC atau Laptop kamu. Beberapa software video editor memiliki fitur koneksi instan yang akan terhubung ke server perusahaan. Data yang dikirimkan secara otomatis ini, juga menjadi penyebab lamanya proses render video.

6Gunakan Memori Eksternal

Cara terakhir untuk mempercepat proses render video adalah dengan memanfaatkan hardisk eksternal untuk penyimpanan. Kamu bisa menjadikan hardisk eksternal sebagai target Export hasil render video yang diinginkan.

Dengan menyimpan file di memori eksternal ini, kinerja PC atau Laptop akan cenderung stabil. Sehingga proses render akan menjadi lebih stabil.

Kesimpulan

Keenam cara mempercepat proses render video yang kami jelaskan tersebut, berlaku untuk semua jenis software video editor PC. Baik itu untuk software video editor Camtasia, atau juga Adobe Premiere Pro.

So, jangan takut untuk membuat video dengan durasi dan efek yang bagus ya. Jika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan proses render video, jangan sungkan untuk menuliskan komentar kamu disini.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.