Manfaat Berorganisasi Bagi Mahasiswa Di Kampus

manfaatberorganisasi.3

Kosongan – Masa kuliah adalah masa menyenangkan berikutnya dalam fase kehidupanmu. Kamu tidak akan terikat lagi oleh banyak peraturan dan bebas mengekspresikan diri. Masa kuliah baiknya diisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat, salah satu adalah dengan bergabung dengan organisasi intra kampus. Ada berbagai pilihan organisasi yang bisa kamu pilih, mulai dari Bada Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), hingga berbagai kegiatan menarik di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Pergaulan di kampus juga cukup luas dan sangat memungkinkan kamu terjerumus dalam hal-hal negatif. Dengan bergabung dengan organisasi, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang menyukai kegiatan positif dan produktif. Berikut beberapa manfaat berorganisasi yang perlu kamu perhatikan.

7 Manfaat Berorganisasi Di Kampus

1Menjadi pribadi yang produktif.

Bergabung dengan sebuah organisasi kamu jadi memiliki kegiatan setelah kelas mata kuliah di kampus. Tidak langsung pulang dan bermalasan di kosan, kamu akan memiliki banyak jadwal seperti kegiatan rutin atau rapat. Belum lagi kalau sedang masa penerimaan mahasiswa baru, kamu bisa sampai menginap di kampus dan kamu harus rela masuk kampus lebih awal dari pada mahasiswa lainnya yang masih menikmati liburan semeter. Namun hal ini akan membuat kamu menjadi pribadi yang produktif dan tahan banting dengan berbagai pekerjaan.

Energi dan pikiran kamu yang sedang menggebu-gebu sebagai anak muda juga akan terlampiaskan pada kegiatan yang berguna dan positif.

2Memiliki banyak teman dan koneksi.

Masa kuliah adalah saat yang tepat untuk mencari banyak teman yang dapat memotivasi kamu untuk giat belajar dan bekerja. Para mahasiswa yang bergabung di sebuah organisasi pada umumnya orang-orang berambisi dan memiliki jiwa untuk bekerja keras. Orang-orang seperti ini bisa menularkan energi positif untuk kamu. Bagi kamu yang ingin berhenti menjadi penyendiri dan susah mencari teman, bergabung di organisasi bisa menjadi pilihan tepat. Para senior organisasi pastinya mengharapkan regenerasi dan membutuhkan anggota baru setiap tahunnya.

Selain itu, dalam beberapa kesempatan kamu juga akan bertemu dengan para organisator dari kampus lainnya. Tak hanya menambah teman, kamu juga bisa menambah koneksi yang berguna di masa depan.

3Menambah pengalaman untuk terjun ke dunia kerja.

Hanya mengandalkan ijazah dan IPK tinggi tidak ‘lah cukup untuk mendapatkan pekerjaan pada jaman sekarang. Banyak perusahan mencari kandidat pegawai yang memiliki karakter dan pengalaman. Untuk mendapat bukti bahwa kamu memiliki kepribadian menarik dan berpotensi, mencantumkan pengalaman sebagai organisator bisa menjadi nilai plus. Hal ini setidaknya memberikan point bahwa kamu memiliki jiwa kepemimpinan dan dapat bekerja dalam tim.

Dalam menjalani hari-hari sebagai organisator, kamu juga akan mendapat banyak tanggung jawab dan tugas bersifat lapangan maupun birokrasi. Hal ini akan membuat kamu terbiasa dengan pekerjaan kelak. Beberapa organisasi juga biasanya memberikan sertifikat untuk bukti otentik bahwa kamu pernah berorganisasi.

4Melatih kemampuan manajemen waktu.

Salah satu ciri orang sukses adalah memiliki kemampuan manajemen waktu yang bagus. Salah satu manfaat berorganisasi berikutnya adalah melatih kemampuan mengatur waktu. Tak hanya sibuk berorganisasi, kamu juga harus tetap patuh dan rajin menghadiri tiap kelas untuk menerima materi mata kuliah. Selain itu jadwal melakukan proyek organisasi, tugas kuliah, tugas rumah, akan mejadi tantangan tersendiri untuk kamu. Jika niat, secara perlahan kamu akan semakin lihat mengatur waktu tanpa mengeluh betapa sibuknya keseharianmu.

5Lebih dekat dengan staff kampus.

Dengan menjadi anggota organisasi, kamu akan sering bertemu dengan staff kampus, mulai dari jajaran tingkat fakultas seperti dekan, hingga pejabat kampus setinggi rektor. Hal ini akan melatih mental kamu utuk berhadapan dengan orang penting. Jadi saat terjun ke dunia kerja, kamu tidak akan terlalu kaget jika harus berhadapan dengan atasan.

Dekat dengan dekan, dosen, dan staff birokrasi juga akan mempermudah kamu jika mengalami masalah akademis. Kamu jadi tidak canggung untuk konsultasi dengan mereka.

6Menemukan jati diri dengan cara positif.

Menjadi mahasiswa bisa menjadi ajang mengubah kepribadianmu yang kurang menonjol. Salah satu manfaat berorganisasi adalah karaktermu akan terbangun dengan baik dengan berbagai hal di dalam organisasi. Kamu akan belajar mengutamakan kepentingan bersama, memimpin sebuah proyek, dan bertemu dengan banyak orang. Kamu juga akan semakin percaya diri karena ada kalahnya kamu harus menghadapi ratusan mahasiswa lainnya sebagai pembicara atau pembimbing.

7Menemukan potensi diri yang terpendam.

Manfaat berorganisasi lainnya adalah sebagai kesempatan untuk kamu menemukan potensi dirimu yang terpendam. Setiap kesempatan, senior akan selalu membimbing dan memberikan berbagai macam tugas yang berbeda. Dari sini, kamu akan melihat pada bidang apa kamu unggul. Senior juga akan memantau hal tersebut dan pada kesempatan berikutnya bisa saja kamu dipercaya penuh untuk satu pekerjaan yang memang menjadi bakat kamu.

8Bertemu dengan pasangan yang dengan kepribadian positif.

Cinta bisa ditemukan di mana saja, termasuk di organisasi. Tak banyak anggota organisasi saling naksir dan berakhir sebagai pasangan. Bertemu pasangan di organisasi memungkin kamu bertemu dengan pasangan yang tidak sembarangan.

Kamu juga akan belajar profesional dan menghabiskan banyak waktu produktif bersama pacar dalam kegiatan organisasi. Kamu juga akan sering bertukar pikiran dengan pacar yang akan membuat hubungan kalian semakin berkualitas, tidak hanya manja-majaan melulu. Kamu akan lebih memahami kepribadian dan potensi pacar dan saling membanggakan satu sama lain. Siapa tahu lulus kuliah bisa langsung jadi pasangan hidup.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.