Maksimalkan UAS 2019 Dengan 7 Tips Persiapan UAS Yang Bisa Kamu Coba Sekarang Juga!

Maksimalkan UAS 2019 Dengan 7 Tips Persiapan UAS Yang Bisa Kamu Coba Sekarang Juga!
Maksimalkan UAS 2019 Dengan 7 Tips Persiapan UAS Yang Bisa Kamu Coba Sekarang Juga!

Mulai hari ini, Senin 2 Desember 2019, hampir semua pelajar yang ada di Indonesia tengah berjuang dengan UAS. Dari tingkat Sekolah Dasar, hingga tingkat Kuliah, semua pelajar tengah berjuang untuk masa depannya masing-masing. Nah, apakah kamu salah satu pelajar itu?. Jika iya, kamu bisa mencoba berbagai Tips Persiapan UAS yang bisa kamu realisasikan untuk menghadapi UAS dengan lebih baik lagi untuk besok.

Cobalah 7 Tips Persiapan UAS Ini, Agar Nilaimu Bisa Lebih Baik

Nah, Tips Persiapan UAS kali ini, sangatlah mudah untuk dilakukan asalkan kamu ada Niat untuk memiliki nilai yang lebih baik dari ujian sebelumnya. Meski bukan UN, UAS juga bisa sangat penting, terlebih untuk kamu yang punya nilai rata-ratanya tidak terlalu besar. Jika nilai UAS kali ini lebih baik, bukan tidak mungkin pada Kelulusan nanti kamu bisa mendapat tambahan nilai rata-rata dari hasil UAS kali ini.

Meski kesuksesan seseorang tidak akan dilihat dari nilai-nilainya, namun tidak ada salahnya bukan jika kamu berusaha dengan baik. Hal tersebut, akan menjadi kebanggan tersendiri. Sebab, kamu telah berusaha dengan baik pada UAS tahun ini. Karena setelah UAS, kamu akan menghadapi UN di tahun 2020 nanti. Ya, hitung-hitung UAS ini adalah level yang harus lebih dulu kamu lewati. Maka dari itu, kamu bisa menghadapi UAS kali ini dengan kekuatan maksimal.

Nah, langsung saja simak beberapa Tips Persiapan UAS yang bisa kamu coba di bawah ini:

1Berdo’a Setiap Waktu

Berdo’a Setiap Waktu
Berdo’a Setiap Waktu

Tips Persiapan UAS yang pertama tentu saja adalah berdo’a. Setiap Agama tentu mengajarkan do’a yang baik-baik bukan?. Maka dari itu, hal yang satu ini tidak boleh kamu lupakan. Kamu bisa selalu berdo’a dengan keyakinanmu masing-masing, agar senantiasa kegiatanmu bisa dimudahkan dan agar kamu tetap semangat serta optimis saat mengahadpi UAS kali ini.

2Pelajari Ulang Perihal Kisi-kisi Materi

Pelajari Ulang Perihal Kisi-kisi Materi
Pelajari Ulang Perihal Kisi-kisi Materi

Lalu, Tips Persiapan UAS yang selanjutnya, kamu bisa mencoba mempelajari kembali kisi-kisi materi yang nantinya akan muncul pada soal-soal UAS. Mempelajari kembali kisi-kisi materi ini, bisa kamu pegang sebagai acuan belajar kamu. Pada umumnya, setiap guru dari masing-masing mata pelajaran, akan memberikan kisi-kisi materi pada siswa-siswinya pada tiga minggu atau satu bulan sebelum dilaksanakannya UAS. Jangan lupa untuk mencatatnya dengan baik, dan menghafalkannya setiap kamu belajar. Setelah mempelajari kisi-kisi tadi, pastinya kamu bisa melihat materi-materi mana saja yang belum kamu pahami. Nah, setiap belajar kamu bisa mengulang kembali materi yang belum kamu pahami tadi, hingga paham atau sedikitnya lumayan paham. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengingat kisi-kisi materi yang sudah kamu pahami tadi.

3Tanyakan Materi Yang Belum Dipahami Pada Guru

Tanyakan Materi Yang Belum Dipahami Pada Guru
Tanyakan Materi Yang Belum Dipahami Pada Guru

Lanjut ke Tips Persiapan UAS berikutnya, yakni kamu bisa bertanya kepada guru jika ada kisi-kisi materi tadi yang sulit untuk kamu pahami. Jangan takut dulu, bukan hal yang salah kok jika kamu bertanya pada guru. Dan guru pun, akan senantiasa membantu muridnya agar mudah memahami ilmu yang ia beri pada muridnya. Nah, daripada di rumah kamu kebingungan terus, lebih baik kamu bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak kamu pahami tadi. Kamu bisa bertanya pada guru mata pelajaran yang sesuai dengan kisi-kisi materi yang belum kamu pahami tadi, pada saat gurumu sedang tidak sibuk. Agar tidak mengganggu jam pelajaran.

4Rajinlah Membaca Buku Latihan Soal-soal

Rajinlah Membaca Buku Latihan Soal-soal
Rajinlah Membaca Buku Latihan Soal-soal

Nah, Tips Persiapan UAS yang selanjutnya bisa kamu coba, yakni membaca buku tentang latihan soal-soal ujian. Latihan soal-soal juga penting untuk UAS kali ini, dan kamu tidak harus membeli buku-buku latihan soal-soal tadi. Kamu bisa datang ke perpustakaan sekolahmu untuk meminjam buku latihan soal-soal tadi untuk kamu pelajari di rumah, atau pada saat jam istirahat sekolah. Atau kamu sudah bisa menemukan buku latihan soal-soal tadi dengan mudah di internet dalam format pdf. Atau juga, kamu bisa meminjam buku latihan soal-soal milik teman sekelasmu untuk kamu pelajari di jam-jam istirahat.

5Cobalah Belajar Bersama Teman Sekelas

Cobalah Belajar Bersama Teman Sekelas
Cobalah Belajar Bersama Teman Sekelas

Tips Persiapan UAS yang satu ini, bisa juga kamu coba. Ya, kamu bisa mencoba belajar bersama teman-teman sekelasmu di rumahmu atau di rumah temanmu yang lainnya. Tidak jauh berbeda dengan kerja kelompok, kamu dan temanmu bisa saling bertukar pikiran dan saling membantu dalam mempelajari kisi-kisi materi dan belajar untuk persiapan UAS. Tips ini bisa kamu coba, jika kamu mulai bosan belajar sendirian di rumah. Dengan belajar bersama, kamu akan memiliki beberapa orang yang bisa kamu tanyai kalau kamu belum paham dengan materi tertentu. Dan tentunya akan lebih menyenangkan belajar bersama teman-temanmu.

6Jangan Tergesa-gesa Dalam Belajar

Jangan Tergesa-gesa Dalam Belajar
Jangan Tergesa-gesa Dalam Belajar

Kemudian, Tips Persiapan UAS yang satu ini harus diperhatikan dengan seksama. Ya, kamu tidak disarankan tergesa-gesa dalam belajar. Banyak siswa yang biasanya belajar dengan sistem kebut semalam atau disebut juga SKS. Nah, meski sistem SKS adalah sistem yang sangat efektif untuk belajar satu malam, namun sistem ini hanya efektif untuk satu dua hari saja. Setelahnya, kamu akan melupakan pelajaran yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Meskipun terbilang efektif, namun badanmu tidak akan kuat kalau harus dipaksa seminggu penuh melakukan SKS tadi. Jadi, kamu bisa memanfaatkan setiap waktu luangmu untuk membaca materi pelajaran.

7BimBel Bisa Jadi Pilihan Yang Tepat

BimBel Bisa Jadi Pilihan Yang Tepat
BimBel Bisa Jadi Pilihan Yang Tepat

Memang, Tips Persiapan UAS yang satu ini, menjadi pilihan sejuta umat untuk mengahadapi setiap ujian. Nah, jika kamu merasa tips-tips di atas masih kurang, kamu juga bisa mencoba tips yang satu ini. Kamu bisa ikut Bimbingan Belajar atau BimBel sekarang juga. BimBel juga bisa sangat membantu kamu untuk menghadapi UAS. Terlebih, di setiap BimBel pasti ada guru-guru yang tidak kalah berpengalaman yang bisa kamu tanyai perihal kisi-kisi materi yang belum kamu pahami di sekolah.

Kamu bisa memilih berbagai pilihan Bimbel, seperti BimBel Online. Nah, di BimBel Online, kamu bisa belajar kapan saja dan di mana saja sambil duduk manis di depan laptop atau komputermu. Bimbel Online kamu akses di mana saja selama kamu punya internet dan alat yang bisa kamu gunakan untuk mengakses internet tersebut. Ya, di Indonesia sendiri sudah banyak beberapa bimbel yang menerapkan sistem online. Kamu bisa memilih salah satunya yang dirasa cocok untukmu. Akan tetapi, kamu bisa juga memilih BimBel biasa saja yang tidak jauh dari rumahmu. Apalagi BimBel tersebut bagus dan punya harga yang membuat kantong lebih hemat. Kenapa tidak?.

Ya, jadi itulah tadi beberapa Tips Persiapan UAS yang sangat mudah dilakukan oleh kamu para pelajar yang sedang berjuang dengan UAS. Semua tips-tips di atas, bisa kamu lakukan dengan mudah. Untuk tips paling akhir, kamu bisa mengkondisikannya dulu dengan orang tuamu karena tips ketujuh tadi harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Nah, tetap semangat dan jangan lupa belajar agar UAS semakin maksimal.