5 Langkah Mengatasi Depresi Yang Bisa dan Mudah Kamu Lakukan

Mengatasi Depresi

Kosongan – Kamu pasti sudah sering mendengar kata depresi. Tapi, apakah kamu sudah tahu apa sebenarnya depresi itu? Apakah sama dengan stress? Lalu bagaimana langkah mengatasi depresi, jika memang kita sedang mengalami kondisi tersebut? Coba deh, simak ulasan dari tim Kosongan berikut ini.

Sebelum mencoba langkah sederhana mengatasi depresi, kmau harus tahu apa itu depresi?

Seperti yang kita tahu, depresi adalah sebuah gangguan kesehatan yang menyerang psikologi seseorang. Berbeda dengan satu kondisi ‘gangguan mental’ lainnya yang kita sebut dengan stress yang sering dialami oleh semua orang, depresi tidak demikian. Depresi bukan satu kondisi yang wajar, sedangkan stress sebaliknya.

Seorang penderita depresi umumnya akan mengalami penurunan kualitas hidup secara signifikan. Mereka yang depresi akan merasakan kesedihan yang sangat, bahkan dalam jangka waktu yang panjang. Kehilangan semangat, hingga merasa bosan hidup juga tak jarang menghinggapi pikiran si penderita depresi. Makanya, kondisi gangguan mental seperti ini memang sangat bahaya jika terjadi pada kamu.

Depresi bisa terjadi karena pikiran yang terlampau kalut, atau tingkat stress yang memuncak dan tak kunjung turun. Kondisi ini kebanyakan terjadi pada wanita, terutama yang dari garis keluarganya ada yang memiliki riwayat gangguan depresi. Namun, bukan berarti depresi tak bisa disembuhkan. Kamu yang mengalaminya tak perlu untuk berkecil hati.

Berikut ini tips dari kami, langkah-langkah mengatasi depresi yang mudah kamu lakukan!

5 Langkah Sederhana Mengatasi Depresi Yang Mudah Kamu Lakukan

Yang pasti, kamu tak boleh terlalu lama larut dalam kesedihanmu. lakukan 5 langkah sederhana mengatasi depresi berikut ini, untuk segera bangkit dan kembali semangat menjalani hidup.

Mengisi hidup dengan humor adalah langkah sederhana mengatasi depresi yang sangat mudah kamu lakukan

Tertawa adalah satu hal yang sederhana, tapi jangan tanya khasiatnya untuk tubuh dan kejiwaanmu. So, sangat pantas jika memperbanyak tawa menjadi langkah pertamamu untuk mengatasi depresi. Dengan tertawa, tubuh otomatis akan memproduksi zat-zat yang sangat baik bagi kesehatan.

Cobalah dengan mulai melakukan aktifitas-aktifitas yang menyenangkan seperti nonton acara tv komedi. Kalau, kamu sebelumnya tidak suka nonton komedi, mungkin mulai sekarang kamu harus membiasakannya. Dengan begitu, tawa renyahmu akan mengurangi kesedihan dan pastinya perlahan stress maupun depresi akan hilang dengan sendirinya.

Berkumpul dengan teman dan melakukan hal positif yang menyenangkan

Beruntung sekali jika dalam kondisi yang sekarang ini menglami depresi, masih ada teman yang setia menemanimu. Manfaatkan mereka, berkumpulah dnegan mereka dan lakukan segala hal yang menurut kamu itu menyenangkan. Akan lebih baik lagi jika kegiatan yang kamu lakukan dengan mereka positif dan bermanfaat bagi diri kamu sendiri serta orang lain.

Olahraga adalah satu upaya agar lebih aktif dan produktif

Dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kata peribahasa tersebut pasti sudah sangat sering kamu dengar, bukan? Bukan omong kosong, karena pada faktanya memang demikian. Olahraga terbukti akan membuat tubuh meningkatkan produksi zat endorfin, dimana endorfin sangatlah bermanfaat untuk mengurangi kadar stress dalam tubuh.

Olahraga sendiri beragam jenisnya, kamu bisa melakukan apapun yang kamu suka, seperti jogging, bersepeda, yoga, senam, dll. Lakukan setidaknya 30 menit pada setiap harinya. Selain tubuh sehat, stress berkurang, olahraga juga bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengatasi depresi tak cukup hanya dengan upaya dari luar tubuh sjaa. Namun, asupan makanan yang sehat juga sangat perlu untuk kamu perhatikan. Pilihlah makanan yang penuh kandungan nutrisi untuk tubuhmu.

Tahukah kamu? Makanan yang kamu makan itu sebenarnya juga akan mempengaruhi mood loh! Kandungan senyawa yang disebut dengan ggluten adalah pemicunya. Gluten juga yang bisa mempengaruhi tingkatan depresi seseorang.

Setidaknya, pastikan makanan yang kamu makan mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin seperti vitamin B, C dan vitamin D. Tak ada salahnya juga jika kamu menambah menu makananmu dnegan menu-menu penutup seperti umbi-umbian, buah atau makanan lainnya yang kaya akan kandungan protein. Dan satu lagi, jauhi kopi serta minuman beralkohol.

Mendekatkan diri dengan Sang Pencipta

Di dunia ini tak ada apapun yang dapat melampaui Kuasa-Nya. Pikiran yang jernih adalah pikiran seseorang yangs elalu dekat dengan Sang Pencipta, untuk itu tak ada alasan bagi kamu untuk tidak menyerahkan kembali masalah hihdupmu kepada-Nya. Karena, segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah kehendak-Nya. Masalah yang kamu hadapi, kesedihan yang melanda hatimu sebenarnya adalah ujian yang diberikan Tuhan untuk mengetahui seberapa besar kamu percaya dengan kuasa-Nya.

So, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta tentu merupakan satu-satunya jalan jika langkah sederhana mengatasi depresi diatas tak ada yang sanggup mengembalikan semangat hidupmu. Tetap semangat! Dan jangan sampai ada kata menyerah dalam hidupmu. Percayalah! Semua akan indah pada waktunya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.