Bagaimana Menjadi Wirausahawan Sukses? Lakukan 10 Langkah Ampuh Mulai Hari Ini!

Menjadi bos dari pekerjaan atau usaha adalah hal yang paling diinginkan oleh setiap orang. Walaupun usaha yang dimiliki kecil tapi kamu punya kesempatan untuk menjabat sebagai ketua tanpa diarahkan oleh lain. Kesempatan ini akan sulit ditolak oleh kebanyakan orang. Tapi, lebih sering lagi, peluang yang hadir di depan itu menjadi alasah 9 dari 10 startup gagal.

Tapi bagaimana dengan 1 dari 10 yang berhasil itu? Meskipun tidak mudah untuk menjadi pengusaha yang sukses, kesuksessan masih meninggalkan pola dan petunjuk untuk diikuti. Berikut adalah 10 langkah ampuh yang dapat kamu ambil hari ini untuk menjadi wirausahawan sukses.

1Identifikasi tujuan

Menetapkan tujuan mungkin bukan tugas yang sulit, tetapi ini adalah yang terpenting untuk menuai kesuksesan. Bayangkan, jika kamu tidak tahu ke mana kamu akan pergi, bagaimana kamu tahu ketika kamu sudah sampai di sana? Menetapkan tujuan dapat diambil menggunakan bentuk dasar untuk calon pengusaha:

Tujuan pendapatan

Penghasilan adalah salah satu dari beberapa pertimbangan pertama dan paling penting dalam menjalankan bisnis, karena kamu harus menyerahkan sesuatu yang lain untuk menemukan waktu untuk mempelajari kewirausahaan. Mengetahui harapan penghasilan akan membuat kamu bertanggung jawab kepada diri sendiri dan orang yang berhubungan dengan perusahaan atau keluarga di rumah.

Tapi, terlalu fokus pada pendapatan juga akan membuat bisnis berjalan dengan negatif. Pastikan untuk tetap melakukan peninjauan rutin untuk mengetahui apakah kamu masih di jalan yang benar.

Tujuan gaya hidup

Dalam banyak kasus, jam kerja dari wirausahawan tidaklah tetap dan biasanya kamu akan bekerja lebih keras dari yang pernah dilakukan di tempat lain. Semakin cepat kamu menyadarinya maka semakin baik, kamu dapat mengevaluasi apakah ini mungkin atau bukan gaya hidup yang ingin kamu lakukan dalam langka panjang. Malahan, berbagai pengusaha memutuskan untuk menjalan bisnis dengan gaya hidup di mana mereka bekerja dari jarak jauh dari lokasi berbeda dan selektif dengan pekerjaan yang mereka putuskan untuk diterima.

Jika kamu bekerja jarak jauh dengan waktu singkat, pastikan bisnis itu memungkinkan dikerjakan. Pada saat yang sama, dengan menyeimbangkan tujuan penghasilan, kamu punya gagasan yang lebih tentang keputusan yang layak atau tidak.

2Mengalihkan tugas yang membosankan

Sebagai wirausahawan, kamu mungkin akan merasa kelaparan karena sibuk bekerja. Mendedikasikan waktumu hanya untuk tugas-tugas penting dan mengalihkan sisanya akan membantu kamu memperoleh kembali pikiran segar dan mengembangkan bisni lebih cepat. Pilihan sementara yang baik adalah mempertimbangkan mempekerjakan anak magang atau meminta bantuan teman. Ini bisa sangat bermanfaat bagi startup yang masih berdana minim.

Biasanya, anak magang akan lebih berfokus untuk mencari pengalaman kerja di dunia nyata sebagai bekal. Hal ini memungkinkan orang-orang magang ikut andil dalam perusahaan tanpa komitmen jangka panjang sementara pemilik bisnis dapat menghemat sedikit uang di awal.

Kamu juga bisa mencoba menggait freelancer untuk membantu kamu di area yang tidak khusus. Contohnya seperti menulis, mendesain, atau bahkan mengedit video. Ya, tentu saja dengan berkurangnya pekerjaanmu akan membuat waktu lebih efisien dengan kekuatan yang kamu miliki.

3Optimalkan proses dengan teknologi

Kita hidup di zaman di mana kita dapat mengoptimasikan sebagian besar proses menggunakan software komputer. Fungsi yang paling sederhana yang bisa diotomatiskan adalah pemasaran. Kamu dapat menggunakan pengirim email otomatis untuk promosi dan penjawab pesan otomatis. Hal ini akan mempersingkat waktu untuk tugas yang dilakukan secara berulang dan mengurangi tenaga yang dilakukan sehingga bisa melakukan pekerjaan lain.

4Desain dengan hemat

Investasi dalam branding dan desain mungkin tampak seperti tindakan yang dilakukan oleh perusahaan besar atau lebih banyak penikmat musiman. Bisnis yang lebih kecil sebenarnya juga bisa melakukan hal itu, dengan cara yang benar. Identitas visual profesinal tidak hanya membantu kamu tampil lebih profesional, tapi juga akan membuat kamu lebih dipercaya dan bagi pelanggan baru akan terlihat wah.

Tentu saja, kamu tidak ingin mengeluarkan banyak dana untuk branding saat pertama kali memulai. Sebaliknya, coba gunakan tool gratis yang ada di internet atau kembangkan brosur satu halaman untuk merek baru. Carilah gambar-gambar gratis di internet untuk memperkecil pengeluaran daripada membayar gambar yang mahal.

5Online

Di pasar digital saat ini, jika kamu tidak online, kamu akan dianggap tidak ada. Bahkan bisnis tradisional dapat sangat diuntungkan dari memanfaatkan pemasaran digital dan mengembangkan kehadiran online yang kuat. Mulailah mencari sebuah histing untuk domain situs web perusahaanmu, daftarkan semua nama merek dagangmu sebelum ambil orang lain dan mulai isi konten-konten menarik. Dengan menggunakan situs perusahaan, pelanggan dan kolaborator yang berminat dengan perusahaanmu akan lebih mudah mendapatkan kontak dan bisa menghubungi langsung secara online.

Jika kamu tidak ahli dalam teknologi, SquareSpace atau Wix bisa menjadi cara tercepat untuk membuat hal ini meski tanpa pengalaman pemrograman apa pun.

6Gunakan video untuk memasarkan bisnis

Video merupakan media yang paling sering dilihat oleh orang secara online. Ada Youtube, di mana lebih dari 5 Milyar video ditonton setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa membagikan video tersebut di media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan pelanggan lewat video yang mungkin bisa menjadi pertimbangan:

  • Video informasi yang mengedukasi target audiens untuk membantu mereka mendapat apa yang diinginkan.
  • Video khusus produk untuk menjelaskan manfaat layanan atau produk yang kamu tawarkan.
  • Video unik yang membuat pelanggan tertarik dan penasaran dengan produk yang kamu sediakan.

7Melakukan Initial Coin Offering (ICO)

Ini mungkin tidak berlaku untuk setiap bisnis, tetapi jika kamu bekerja dengan tim teknis yang kuat dengan ambisi blockchain, ini bisa menjadi pertimbangan yang layak. Initial Coin Offering dengan cepat menjadi salah satu cara paling populer untuk menggalang dana yang menyaingi bahkan modal ventura. Ini cepat, minim aturan dan berpotensi memecahkan masalah keuangan perusahaanmu. Satu-satunya kekurangan dari hal ini adalah hanya dapat menerima dana dalam bentuk cryptocurrency yang kemudian harus dikonversi menjadi fiat.

8Menulis blog

Memulai dan menulis blog adalah salah satu cara termuda untuk mendapatkan perhatian di dunia online. Secara teratur membagikan informasi yang berguna dan berharga kepada calon pelanggan melalui blog dapat berpotensi meningkatkan traffic ke situs perusahaan sertan membangun otoritas untuk brand. Selain membuat blog sendiri, kamu juga bisa meminta blog lain untuk memperkenalkan brand dan perusahaanmu dengan mengeluarkan sedikit uang. Hal ini akan meningkatkan peringkat website perusahaanmu di pencarian Google.

Jika kamu benar-benar minim ilmu dengan dunia blog, kamu dapat mencoba platform seperti Medium dan LinkedIn. Kamu bisa menulis dan memperkenalkan brand lewat konten tanpa harus membuat dan mendesain blog. Dengan meningkatnya popularitas dan kemanjuran pemasaran konten ini, tidak heran jika banyak pebisnin yang melakukan strategi ini dalam jangka panjang.

9Tingkatkan kemampuan berbicara di depan umum

Public Speaking adalah keterampilan yang dipercaya oleh investor besar, seperti Warren Buffett, agar orang-orang belajar untuk meningkatkan karier dan kesuskesan mereka. Mampu berbicara dengan baik dan mengartikulasikan dengan percaya diri di atas panggung dapat berarti meningkatkan kepercayaan dan visibilitas untuk bisnismu. Cobalah menawarkan sesi pendidikan di asosiasi bisnis lokal yang dipenuhi oleh target audienmu. Kamu akan terkejut melihat berapa banyak yang tertarik.

10Kelola keuangan dengan baik

Salah satu alasan banyak bisnis bangkrut adalah buruknya pengelolaan keuangan, di mana pelanggan tidak membayar tepat waktu ditambah pengeluaran rutin yang tinggi dari bisnismu. Carilah seorang akuntan untuk memprediksi pengeluaran dan tetap mengawasi pemasukan. Dengan begitu, kamu akan menghindari waktu paling mencekam dari wirausahawan di mana kamu tidak memiliki uang bukan karena tidak memiliki bisnis, tetapi karena kamu gagal mengelohan pemasukan.

Menjadi seorang wirausahawan yang sukses memang sulit, kamu harus memiliki ketekunan dan kesabaran untuk menjalaninya. Pengelolaan keuangan dan jatah kerja juga sangat penting untuk wirausahawan yang baru mulai terjun ke dunia bisnis. Semoga tips ampuh menjadi wirausahawan sukses ini bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.