Kumpulan Film Thriller Terbaik Dalam Satu Dekade Terakhir

Inception

Kosongan – Berikut ini ada kumpulan rekomendasi film thriller terbaik dari berbagai tema selama satu dekade terakhir. Mulai dari thriller science fiction, crime, psikologis, hingga politik. Penasaran? Berikut ini daftar filmnya.


Kumpulan Film Thriller Terbaik Dalam Satu Dekade Terakhir


1Black Swan (2010)

Black Swan

Film ini merupakan sebuah film psikologis thriller yang menceritakan kehidupan seorang ballerina. Tokoh utama di film ini adalah Nina, seorang ballerina yang diperankan oleh aktris Natalie Portman.

Disutradarai oleh Darren Aronofsky, Black Swan menceritakan Nina yang dalam baletnya kebagian memerankan White Swan/ Angsa Putih. Namun karena ia tidak ingin memiliki saingan, maka ia juga berusaha untuk mendapatkan peran Black Swan/ Angsa Hitam.

Dan demi totalitasnya untuk dapat memerankan Black Swan, Nina yang pada dasarnya memiiki karakter lembut dan rapuh harus keluar dari karakter aslinya. Ia harus masuk ke karakter Black Swan yang merupakan kebalikannya, dan hal itu yang kemudian memunculkan sisi liar dan jahat dari dirinya.


2127 Hours (2010)

127 Hours

127 hours merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata. Film ini menceritakan kisah seorang remaja bernama Aron Ralston yang terjebak dan harus berjuang untuk bertahan hidup selama 127 jam.

Aron yang diperankan oleh aktor James Franco melakukan petualangan seorang diri ke Blue John Canyon tanpa ada keluarga dan temannya yang tahu. Hal itu ia lakukan dengan modal nekat dan dengan semua perlengkapan yang telah ia siapkan.

Saat di perjalanan di Blue John Canyon, ia tergelincir dan terperosok ke dalam tebing. Tidak ada seorang pun yang dapat menolongnya karena ia benar-benar hanya seorang diri. Tangan kanannya terjepit oleh batu yang sangat berat. Terpaksa, satu-satunya cara adalah ia harus memotong tangannya sendiri. Namun yang menjadi masalah kemudian adalah ia salah membawa pisau, bukannya membawa pisau ARMY tajam miliknya ia malah membawa pisau lipat yang tumpul.


3Shutter Island (2010)

Shutter Island

Film garapan sutratada Martin Scorsese ini merupakan adapatasi dari sebuah buku berjudul sama karya Dennis Lehane. Dan naskahnya ditulis ulang oleh Laeta Kalogridis. Film ini juga dibintangi oleh sejumlah aktor ternama seperti Leonardo DiCaprio, Ben Kingsley, dan Mark Ruffalo.

Film yang satu ini mengisahkan seorang detektif bernama Teddy (Leonardo DiCaprio) dan kawannya Chuck (Mark Ruffalo). Mereka diminta untuk menyelidiki sebuah kasus di Shutter Island, sebuah pulau yang berisi penjara untuk narapidana yang memiliki gangguan atau kelainan jiwa.

Salah seorang tahanan di Shutter Island dikabarkan berhasil kabur melarikan diri. Dan di sisi lain, Teddy juga ingin mencari tahu mengenai seseorang yang menyebabkannya kehilangan istrinya beberapa tahun lalu. Dan kabarnya orang tersebut juga menjadi tahanan di sana.

Film ini merupakan salah satu film psikologis thriller terbaik dengan alur dan akhir kisahnya yang tidak tertebak. Film ini akan mengajak kalian untuk berpikir dan memperhatikan setiap adegannya dengan cermat.


4Inception (2010)

Inception

Film ini merupakan sebuah film yang digarap oleh sutradara ternama Christopher Nolan. Nolan sangat terkenal dengan tulisan dan film-filmnya yang bergenre thriller, seperti Memento (2000), The Dark Knight (2008), Inception (2010), Interstellar (2014), dan masih banyak lagi.

Selain disutradarai oleh sutradara ternama, film Inception ini juga dibintangi oleh aktor Leonardo DiCaprio yang sangat terkenal dengan film Titanic. Di film ini, Leonardo DiCaprio memerankan tokoh Cobb yang merupakan seorang ekstraktor.

Pekerjaan yang ia lakukan sebagai seorang ekstraktor adalah mengestrak ide-ide ataupun pikiran dari seseorang. Dan hal ini ia lakukan dengan jalan masuk ke dalam alam bawah sadar atau mimpi seseorang dengan bantuan teknologi yang mutakhir.


5The Ghost Writer (2010)

The Ghost Writer

Film ini merupakan film produksi Inggris yang disutradarai oleh Roman Polanski. Menceritakan kisah penulis bayangan “Ghost Writer” yang sedang menulis sebuah buku biografi seorang mantan perdana menteri bernama Adam Lang. Ia menjadi ghost writer setelah penulis sebelumnya yang bernama McAra meniggal dunia.

Namun ghost writer yang diperankan oleh aktor Ewan McGregor menemukan kejanggalan dalam manuskrip yang ada. Sehingga ia harus melakukan waawancara ulang dengan sang perdana menteri. Dan dalam menjalankan pekerjaannya, ia kemudian menyadari bahwa ada sesuatu yang sedang mengintai dan membahayakan dirinya.

Berbeda dengan kebanyakan film thriller yang bertema psikologi ataupun kriminal, film yang satu ini mengusung tema thriller politik. Film ini juga merupakan adaptasi dari novel The Ghost karya Robert Harris yang skenarionya kemdian ditulis oleh Robert Harris sendiri dan Roman Polanski selaku sutradara film ini.


6The Dark Knight Rises (2012)

The Dark Knight Rises

Setelah film Batman Begins (2005) dan The Dark Knight (2008), di tahun 2016 Christoper Nolan kembali merilis film Batman terbarunya. Film ini merupakan film terakhir dari trilogi Batman garapan sutradara Christopher Nolan, yang naskahnya ditulis oleh Jonathan Nolan adik dari sang sutradara.

Jika di The Dark Knight ada tokoh Joker (Heath Ledger) sebagai musuh Batman (Christian Bale), maka di film The Dark Knight Rises ini ada sosok antagonis Bane yang diperankan oleh Tom Hardy.

Meskipun karakternya tidak sekuat Joker, namun Bane digambarkan sebagai sosok yang kuat dan cukup cerdas. Selain itu di film ini turut ditampilkan juga kehadiran Catwoman yang diperankan oleh aktris Anne Hathaway.


7Gravity (2013)

Gravity

Film yang satu ini merupakan film yang mendapatkan banyak penghargaan piala Oscar di tahun 2014. Beberapa di antaranya yaitu, sinematografi terbaik, efek visual terbaik, dan sutradara terbaik.

Disutradai oleh Alfonso Cuarón, film ini menawarkan sebuah kisah perjalanan luar angkasa. Film ini menceritakan perjuangan Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock) yang merupakan seorang insiyur biomedis yang menjalankan misi antariksa untuk pertama kalinya. Namun akibat terjadinya bencana wahana antariksa, ia harus kehilangan teman-teman astronotnya di misi tersebut. Film ini kemudian menggambarkan bagaimana perjuangan Ryan Stone untuk tetap bertahan hidup dan menyelamatkan dirinya dari sana.


8Captain Philips (2013)

Captain Philips

Jika film Gravity berlatar di luar angkasa, film Captain Philips menawarkan cerita yang mengambil latar di laut. Film ini diadaptasi dari sebuah buku yang berjudul A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days at Sea. Buku karya Richard Phillips dan Stephan Talty itu pun berdasarkan kisah nyata.

Disutradarai oleh Paul Greengrass, film ini menceritakan kisah kapten Richard Philips yang diperankan oleh aktor kawakan Tom Hanks. Kapten Philips merupakan seorang nahkoda kapal pengangkut barang milik Amerika, yaitu Maersk Alabama. Saat melakukan perjalanan menuju ke Kenya, kapal ini kemudian dihadang oleh empat orang perompak bersenjata Somalia.

Philips selaku kapten kapal pun harus segera bertindak untuk menyelamatkan kapal dan para awaknya. Ketegangan pun terjadi antara awak kapal dan para perompak. Tidak hanya itu, kisah di film ini juga akan membawa kalian yang menonton untuk turut merasakan suasana mencekam yang penuh emosional di film tersebut.