Kuil Terindah Di Jepang Yang Ramai Saat Tahun Baru

kuil-terindah-di-jepang-7

Kosongan – Salah satu tradisi orang Jepang adalah mengunjungi kuil saat tahun baru. Selain ada ritual agama tertentu seperti Shinto dan Buddha, para warga Jepang mengunjungi kuil untuk berdoa agar mendapat berkah dan lancar menghadapi kehidupan di tahun berikutnya. Mengambil ramalan tahun baru juga menjadi salah satu hal populer di kalangan anak muda.

Menghabiskan waktu sejenak di kuil merupakan pengalaman yang menyenangkan di Jepang setiap tahunnya. Banyak kuil selalu ramai pengunjung saat tahun baru. Berikut beberapa kuil terindah di Jepang yang patut kamu kunjungi jika sedang berada di Jepang saat tahun baru.

9 Kuil Terindah di Jepang

1Kuil Fushimi Inari

Kuil terindah di Jepang yang populer di kalangan turis mancanegara adalah Fushimi Inari. Kuil ini sudah berdiri selama 1.300 tahun lamanya dengan tampilan ikonik 10.000 gerbang torii yang berdiri di area kuil. Spot lorong yang terdiri dari jajaran torii berwarna merah ini yang merupakan spot ikonik untuk mengambil foto aestetik.

Torii berwarna merah tersebut merupakan identitas kuil dimana para pengujung berdoa pada dewa Inari, yang memiliki wujud rubah. Warna merah juga dianggap dapat menangkal roh-roh jahat dari kuil.

2Kuil Kinkakuji

Kuil Kinkakuji merupakan kuil dengan pemandangan seperti di negeri dongeng terutama saat musim salju. Kuil kecil namun tetap nampak mengagumkan dengan warna emasnya yang masih terjaga, berpadu dengan salju putih dan membuat kuil Kinkakuji menjadi highlight pemandangan.

Kuil satu ini telah berdiri sejak tahun 1397 oleh Ashikaga Yoshimitsu. Kuil ini dibangun dengan bahan kayu namun dihiasi dengan warna emas pada bagian atas kuil dan dekorasi ornamen daun yang ikonik. Kuil ini juga telah masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO karena keindahannya.

3Kuil Todaiji

Satu lagi kuil di Jepang yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO adalah Todaji. Kuil ini merupakan kuil terindah di Jepang yang menjadi salah satu spot favorit para warga Jepang yang memeluk agama Buddha di Nara.

Kuil ini memiliki bangunan yang megah yang dibangun ulang setelah perang dunia. Bangunan utamanya berdiri tinggi dan megah, halaman kuil juga sangat lapang dan mampu menampung banyak pengunjungi yang ramai terutama saat tahun baru.

4Kiyomizu-dera

Beralih ke Kyoto, ada kuil yang sangat populer di kalangan para turis dan sering menjadi gambar ikonik Jepang di segala musim. Kiyomizu-dera merupakan kuil terindah di Jepang yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke Kyoto, Jepang.

Kuil ini juga masuk dalam situs warisan dunia karena keindahan dan selalu dirawat oleh pemerintahan Jepang sebagai situs budaya. Kiyomizu-dera memiliki serambi di lantai atas kuil dimana para pengunjung bisa melihat pemandangan pohon yang rindang. Setiap musimnya, Kiyomizu-dera memiliki pesonanya sendiri yang tidak akan membuat kamu bosan berkunjung berkali-kali.

5Kasuga Taisha

Situs warisan dunia Kasuga Taisha didirikan untuk penyembahan pada dewa setempat semenjak 1300 tahun yang lalu, ketika sedang terjadi pemindahan ibu kota.

1300 tahun yang lalu, bunga Wisteria yang membentuk puncak klan Fujiwara yang membangun Kasuga Taisha memiliki keindahan istimewa Kuil Kasuga yang terletak di Taman Nara, telah berlanjut dari zaman kuno dengan shinden merahnya yang eye catching dan serambinya yang indah. Berdirinya Kuil Kasuga dengan dominasi warna merah di antara rimbunannya pepohonan hijau di Hutan Purba menimbulkan kesan mistis bagi para penduduk sekitar yang masih rajin beribahda di kuil ini.

6Somiyoshi-Taisha

Kui berikutnya adalah kuil kebanggaan para warga Osaka, yaitu Somiyoshi-Taisha. Kuil ini biasanya menjadi lokasi Festival Hattatsu-san, salah satu festival terkenal di Osaka.

Kuil Somiyoshi memiliki gaya arsitektur yang tidak biasa, dengan Jembatan Taiko-bashi yang khas Jepang dan Hattastsu Mairi sebagai lambang kemakmuran bisnis. Setiap tahun baru, kurang lebih 2 juta warga Jepang mengunjungi kuil ini untuk beribadah dan merayakan tahun baru (hatsumode).

7Kuil Sensoji

Kuil Sensoji merupakan salah satu kuil tertua di Jepang yang didirikan pada tahun 628. Kuil ini masih terawat dan tetap mempertahankan arsitektur lamanya dari jaman Edo.

Kuil ini ramai dikunjungi oleh para warga Tokyo maupun para wisatawan. Banyak hiburan kuliner yang bisa kamu nikmati saat berkunjungi ke kuil. Ada banyak stan makanan di sekitar kuil, salah satu yang terkenal dan wajib kamu coba adalah age manju (manju goreng).

Ada pun festival yang diadakan setiap tahunnya di kuil ini adalah Hozuki Ici dan Hagoita Ichi. Keduanya merupakan festival pasar malam yang seru untuk wisata kuliner dan menikmati festival ala orang Jepang dengan yukata.

8Ryoan-ji Rock Garden

Meski ramai, kuil satu ini merupakan salah satu lokasi yang tepat untuk bersantai dengan melihat taman batu khas Jepang. Kuil ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan kesenian budaya.

Kuil ini memiliki sebidang tanah yang memiliki pasir dan batu dan diatur sedemikian rupa untuk memberikan seni taman yang tidak akan kamu temukan di negara lain.

Pasir pada taman memiliki bentuk bergelombang tanpa air atau campuran bahan lain. Setipa paginya, para pengurus kuil selalu menggambar kelombang secara manual dengan sapu khusus.

9Kuil Daigo-ji

Kuil Daigo-ji merupakan salah satu kuil terindah di Jepang yang populer sebagai spot melihat bunga sakura pada musim semi. Namun, kuil ini juga ramai saat tahun baru. Kuil ini memiliki bangunan model pagoda dengan 5 tingkat.

Kuil ini memiliki halaman yang luas dengan pohon-pohon sakura yang berguna untuk menampung para pengunjung pada tahun baru. Sayangnya, kamu tidak akan melihat sakura bermekaran pada awal Januari di kuil ini.

Itu tadi beberapa kuil terindah di Jepang yang bisa kamu kunjungi saat tahun di Jepang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.