Kenali 5 Hormon Bahagia Yang Dihasilkan Oleh Tubuh Kamu

0.hormonbahagia

Kosongan – Bahagia adalah sebuah emosi yang dirasakan oleh manusia pada saat-saat tertentu. Rasa bahagia bisa muncul karena sedang melakukan kegiatan yang menyenangkan. Ada pun makanan dan mood yang menentukan tingkat kebahagian manusia. Tidak hanya penjelasan yang bersifat psikologi, rasa bahagia yang kamu rasakan juga memiliki penjelasan biologis. Rasa bahagia yang kamu rasakan muncul karena hormon bahagia yang dilepaskan oleh tubuh kamu secara alami.

Bahagia tidak sederhana itu, ada proses kimia alami yang terjadi dalam tubuh kamu dengan hormon-hormonnya. Kenali lima jenis hormon bahagia yang membuat kamu merasa lebih baik.

5 Hormon Bahagia Yang Dihasilkan Oleh Tubuh

1Serotonin

1.hormonbahagia

Serotonin merupakan salah satu bahan kimia alami yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Hormon ini adalah neurontransmitter yang terletak di oak dan usus kamu. Hormon ini memiliki fungsi khusus untuk mengontrol kesehatan mental manusia. Hormon serotonin memiliki fungsi untuk mengontrol perasaan seseorang, meredahkan tingkat stress dan depresi pada manusia. Hormon ini juga mengatur nafsu makan, mood, dan waktu tidur kamu.

Berikut beberpa cara untuk menstabilkan hormon serotonin demi kesehatan mental kamu:

  • Berolahraga.  Dengan berolahraga teratur, tubuhmu juga akan menghasilkan hormon serotonin untuk kesehatan pikiranmu. Setelah berolahraga, tubuhmu juga akan memiliki metabolisme yang lebih stabil dan lebih mudah untuk tertidur di malam hari.
  • Mengkonsumsi kacang dan karbohidrat. Untuk menstabilkan hormon serotonin, asupan makananmu juga harus diatur. Konsumsilah kacang-kacangan dan karbohidrat seperti nasi, kentang, dan umbi-umbian.

2Endorfin

2.hormonbahagia

Hormon bahagia berikutnya adalah endorfin. Hormon ini berfungsi untuk membuat kamu tetap bahagia dan terhindar dari stres hingga depresi. Endorfin merupakan hormon bahagia yang lebih kuat dari serotonin, karena juga memiliki sifat euforia, yaitu sensansi bahagia yang maksimal. Adrenalin juga bisa meningkat ketika tubuh melepaskan hormon endorfin.

Berikut beberapa cara untuk melepaskan hormon endorfin dalam tubuh kamu:

  • Berolahraga. Siapa yang menduga olahraga sangat penting bagi kesehatan mental kamu. Buat kamu yang malas bergerak, cobalah untuk mulai berolahraga. Logikanya banyak orang yang depresi cenderung menghabiskan waktu dengan berbaring di kasur atau bermalas-malasan. So, guys, get active!
  • Mengkonsumsi cabai. Buat kamu yang suka makan pedas, kebiasaan tersebut akan meningkatkan adrenalin dan melepaskan edorfin dalam tubuh.
  • Menjalin hubungan baik denganteman atau orang spesial. memiliki hubungan yang sehat dengan teman maupun pacar juga bisa meningkatkan hormon endorfin ketika sedang berinteraksi dengan mereka.

3Dopamin

3.hormonbahagia

Dopamin adalah hormon yang memiliki fungsi untuk menjaga kesadaran kamu. Kekurangan dopamin bisa membuat kamu tidak konsentrasi, hal ini mungkin karena sedang menghadapi masalah yang membuat kamu cemas. Ketika sedang merasa terpuruk, kamu akan semakin kekurangan hormon dopamin dan memiliki suasana hati yang buruk dan selalu merasa cemas dan kehilangan akal sehat.

Agar kamu tetap sadara dan sehat, berikut cara untuk mengontrol hormon dopamin dalam tubuhmu:

  • Konsumsi makanan mengandung tirosin dan antioksidan. Mengatur asupan makanan sangatlah penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Termasuk mengontrol hormon dalam tubuhmu. Konsumislah makanan yang mengandung tirosin seperti pisang dan almond. Atau makanan mengandung antioksidan seperti brokoli, stroberi, wortel, dan lain-lain.
  • Mengatur pola gaya hidup. Memiliki gaya hidup yang teratur sangat penting untuk mengontrol hormon bahagiamu. Mulai dari olahraga teratur, istarahat yang cukup, dan meraih sebuah pencapaian.
  • Konsumsi suplemen. Kamu juga bisa meningkatkan hormon dopamin dengan suplemen tertentu.

4Phenylethamine

4.hormonbahagia

Hormon phenylethamine adalah hormon yang bisa dihasilkan secara alami dalam tubuhmu maupun dibuat dengan metode farmasi tertentu. Oleh karena itu telah ada makanan ayang mengandung zat ini. Pada praktek yang tidak bertanggung jawab, phenylethamine juga menjadi campuran dalam obat terlarang. Karena zat ini bisa membuat kamu merasa bahagia dan berbunga-bunga.

Biasanya tubuh melepaskan hormon satu ini ketika sedang jatuh cinta dan menjalin hubungan asmara yang intensif. Hormon ini juga bisa membuat staminamu terjaga, menurunkan berat badan, dan meningkatkan mood.

Berikut cara melepaskan hormon phenylethamine dalam tubuh:

  • Menjalin hubungan dengan orang spesial. Kebahagian yang kamu rasakan berbeda antara ketika sedang keluarga dan teman dibandingan dengan kekasihmu. Ada perasaan senang yang campur aduk dan penuh dengan gairah yang akan membuat kamu memiliki semangat.
  • Mengkonsumsi cokelat. Mengkonsumsi cokelat juga bisa memicu hormon ini. Itu mengapa cokelat seringkali dijadikan simbol perasaan cinta di hari kasih sayang. Buat kamu yang jomblo, konsumsi saja cokelat.

5Ghrelin

5.hormonbahagia

Hormon Ghrelin adalah hormon yang dihasilkan di kelenjar oksintik pada lambung kamu. Hormon ini juga dihasilkan di pankreas. Hormon ini mengatur nafsu makan yang akan berpengaruh pada tingkat stresmu. Hormon ini harus memiliki kandungan yang stabil  dalam lambung kamu atau kamu akan mengalami penyakit lambung. Ini mengapa beberapa orang yang stres biasanya memiliki masalah lambung.

Ketika kelebihan hormon ghrelin, biasanya kamu akan memiliki nafsu makan yang tinggi. Ketika orang stres, biasanya nafsu makan akan meningkat dan membuat berat badan makin tidak terkontrol. Hal ini akan semakin membuat kamu stres. Meski ada pula orang yang cenderung kehilangan nafsu makan saat sedang stres.

Miliki gaya hidup yang teratur dengan olahraga dan meditasi. Jangan lupa luangkan waktu untuk diri sendiri agar lebih rileks. Dengan begitu nafsu makan kamu akan lebih teraturan dan kerja hormonmu lebih stabil dan teratur.

Kesehatan tidak melulu tentang fungsi tubuh, namun juga kesehatan mental dan jiwa kamu. So, tetap senyum dan hidup sehat, ya, guys.