8 Tips Memaksimalkan Kehidupan Perkuliahan Kamu

kuliah.0

Kosongan – Kuliah adalah jenjang selanjutnya setelah kamu lulus dari SMA. Berbeda dengan masa SMA, pola kehidupan perkuliahan jauh berbeda ketika kamu masih murid sekolahan. Dibutuhkan perubahan sikap dan kedewasaan agar kamu sukses selama masa kuliah.

Kesuksesan dalam masa kuliah merupakan modal bagi kamu untuk memiliki masa depan yang gemilang. Tak cukup hanya rajin belajar dan memiliki IPK yang tinggi, berikut beberapa tips untuk memaksimalkan kehidupan perkuliahanmu sebagai modal masa depan.

7 Tips Memaksimalkan Kehidupan Perkuliahan

1Ubah pola pikir menjadi lebih dewasa dan mandiri.

Berbeda dengan masa sekolah, kamu tidak akan menerima banyak omelan dari guru yang bisa membuat kamu selalu waspada dan cepat-cepat memperbaiki kesalahan. Memasuki dunia perkuliahaan, kamu harus menjadi pemimpin bagi dirimu sendiri. Sangat mungkin untuk bolos dan tidak mengerjakan tugas tanpa terkena teguran di bangku kuliah. Namun, hal ini akan berimbas ketika laporan nilai akhir semester terbit.

Belajar mandiri dan displin pada jadwal dan kegiatan perkuliahanmu. Rajin masuk kelas dan mengerjakan tugas dengan kemauan dan niat dari diri kamu sendiri. Sudah tidak jamannya lagi untuk main dan lupa waktu karena tidak akan ada yang mengingatkan kamu.

2Bergabung dengan UKM yang bermanfaat.

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) adalah salah satu organisasi intra kampus tempat dimana kamu bisa mengekspresikan diri sesuai dengan hobi dan bakat. Mulai dari kegiatan-kegiatan akademik, olahraga, seni, dan masih banyak lagi. Bergabung UKM bisa menjadi kegiatan positif untuk membuat kehidupan kuliahmu lebih berwarna dan memiliki banyak teman dari berbagai jurusan.

Namun tidak semua UKM memiliki “nama baik” di setiap kampus. Karena setiap mahasiswa memiliki kebebasan, beberapa UKM juga terkadang memiliki anggota-anggota yang justru menjerumuskan kamu untuk lebih rajin main di UKM ketimbang datang kelas untuk kuliah. Cari tahu terlebih dahulu latar belakang sebuah organisasi kamupus sebelum memutuskan untuk bergabung.

3Mendaftar sebagai anggota BEM atau HIMA.

Jika kamu memang gemar berorganisasi dan berkontribusi untuk fakulitas atau universitas, kamu bisa mendaftar sebagai anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) tingkat fakultas atau universitas. Jika kamu lebih tertarik dengan sekup yang lebih kecil, kamu bisa bergabung dengan HIMA (Himpunan Mahasiswa) yang lebih fokus pada mengurusi atau mengawasi kurikulum akademik jurusan di setiap fakultas.

Bergabund dengan BEM dan HIMA bisa memberikan banyak manfaat bagi pengembangan dirimu. Mulai dari mengasah rasa percaya diri dan jiwa kepemimpinan. Kamu juga akan belajar displin dan tanggung jawab karena akan ada banyak tugas yang harus kamu lakukan selama menjabat menjabat sebagai anggota organisasi. Selain itu, kamu juga bisa lebih dekat dengan dosen-dosen maupun pejabat kampus yang pastinya akan sangat membantu kehidupan perkuliahanmu.

Kegiatan berorganisasi juga bisa kamu cantumkan di curriculum vitae kelak sebagai nilai tambah.

4Bersosialisasi dengan teman yang benar.

Sama halnya saat di jaman sekolah, kamu juga harus pandai memilih teman saat masuk kampus. Bukan berarti kamu jadi orang yang suka “pilih-pilih” teman, menghidari teman yang bisa memberi dampak buruk juga harus diperhatikan. Apalagi di dunia perkuliahan yang sudah lebih luas dengan banyak orang dari berbagai latar belakang.

Carilah teman-teman yang baik dan sama-sama menginspirasi. Cari teman asik dan seru yang juga tidak mudah melupakan tugas kuliah, agar kamu juga termotivasi untuk mengumpulkan setiap tugas yang diberikan oleh dosen. Siapa lagi kalau bukan dirimu sendiri yang mengingatkan? Setidaknya dengan begini kamu jadi punya teman yang bisa mengingatkan di kala kamu sedang malas.

5Cari pengalaman magang yang berkualitas.

Tak usah jauh-jauh dulu mikirin skripsi, rencana magang kamu sebaik mungkin. Perhatikan semester berapa kamu akan menjalani magang dan mulai ‘lah mencar perusahaan yang berkualitas. Kamu juga bisa memilih perusahaan dimana kamu berangan untuk bekerja jika memungkinkan.

Pengalaman magang yang berkualitas juga bisa di cantumkan ke curriculum Vitae-mu saat hendak mencari kerja kelak.

6Bekerja freelance sambil kuliah.

Faktanya, sekarang banyak perusahaan yang juga menanyakan pengalam kerja meskipun kamu baru saja lulus. Sedikit tidak masuk akal, namun itu ‘lah kenyataannya. Dari pada terus mengumpat, lebih baik mulai cari pengalaman selama kamu kuliah. Banyak mahasiswa yang kerap bekerja sambil kuliah. Kamu juga bisa coba trik satu ini. Selain bisa menambah uang jajan, kamu juga bisa dapat pengalaman dunia kerja yang sebetulnya.

Jika kerja kantoran terlalu menyita waktu, kamu bisa cobain pekerjaan freelance dari rumah dengan modal internet dan bakat apa yang kamu miliki. Kamu juga bisa mengambil pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kamu seperti, menulis, website developer, design visual, dan masih banyak lagi.

7Kumpulakan sertifikat prestasi dan seminar.

Selain sertifikat organisasi, mengumpulkan sertifikat perlombaan dan seminar juga bisa menjadi pengalaman yang kamu cantumkan di curriculum vitae-mu kelak. Ikuti berbagai seminar bermanfaat yang kamu rasa sesuai dengan jurusanmu. Beberapa seminar dengan pembicara terkenal biasanya akan dikenakan biaya, namun setimpal dengan ilmu dan sertifikat ayang akan kamu dapatkan.

Ikuti pula berbagai perlombaan jika kamu memiliki bakat. Semua perlombaan pada umumnya akan memberika sertifikat sebagai bukti prestasi yang bisa kamu jadikan nilai tambah.

8Bersyukur bisa mengeyam bangku perkuliahan.

Tidak semua orang bisa beruntung masuk universitas karena biaya pendidikannya yang cukup mahal. Jika kamu bisa kuliah, maka kamu harus bersyukur. Bersyukur tidak hanya melalui ucapan terima kasih pada orang tua atau doa kepada Tuhan, tapi bagaimana kamu menjalani kehidupan perkuliahanmu dengan rajin dan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dapat membangun kamu sebagai sumebr daya manusia yang berkualitas kelaknya.

Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kamu yang akan segera masuk kuliah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.