4 Kebiasaan Tidur yang Buruk dan Baik Ini Pengaruhi Kesehatanmu

Tidur merupakan kompenan yang sangat penting untuk kesehatan jiwa dan raga. Banyak orang beranggapan bahwa beraktivitas di waktu tidur akan baik-baik saja. Ada juga orang yang percaya bahwa tidur malam itu sangat mempengaruhi hidup.

Kebiasaan tidur yang buruk bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kamu. Sebaliknya, kebiasaan tidur yang baik akan membuat hidupmu lebih bersemangat setiap hari. Kamu bisa mengetahui kebiasaan tidur yang baik dan buruk lewat artikel ini.

4 Kebiasaan Tidur yang Buruk untuk Dihindari

Otak kita butuh tidur untuk proses dan bersantai. Jika kamu bingung tentang cara menyusun tidur sehat, kamu bisa harus mencoba untuk menghindari beberapa kebiasaan tidur yang buruk berikut ini.

1. Meletakkan HP di Samping Kepala saat Tidur

Apakah kamu sering menaruh hp di bawah bantal saat tidur? Atau menjadikan hp sebagai alarm untuk bangun pagi?

Meletakkan hp dekat dengan kamu saat tidur bukanlah hal yang bagus. Kamu otomatis akan memeriksa email atau membuat sosial media saat hpmu berdering saat mendapat pesan baru. Hal ini akan membuat suasana hati yang buruk karena sudah terlalu malam untuk mengetahui beban yang akan dipikul hari itu. Kepala yang jernih akan membuat tidur lebih mudah dan cepat. Tanpa adanya alat elektronik di sekitarmu, kamu akan terbangun besok dengan perasaan yang segar.

2. Perangkat Teknologi di Kamar Tidur

Perangkat teknologi tentu memiliki lampu, dan biasanya itu sangat terang. Ruangan yang terang akan menyebabkan kamu susah untuk tidur dan biasanya kamu akan terdorong untuk melakukan pekerjaan atau hal lain. Suasanan gelap akan membuat otak untuk memproses melatonin, sebuah neurotrnasmitter kimia yang membuat kamu merasa lelah dan siap untuk tidur. Lampu biru di layar hpmu saja sudah cukup untuk membuat otak kebingungan dan berpikir saat itu adalah siang hari. Elektronik seperti televisi, komputer, hp dan lainnya harus berada dalam posisi yang tidak dapat dilihat oleh mata.

3. Lingkungan yang Berantakan

Kamu harus bisa menjaga barang-barang seminimal mungkin, contohnya gantungan baju, tumpukan cucian, tumpukan kertas dan apa pun yang bisa merusak suasana. Lingkungan yang berantakan meningkatkan ketegangan yang buruk dan membuat kamu merasakan sangat banyak hal yang harus dilakukan. Membereskan semua yang berantakan itu akan mengurangi stres, membuat kamu merasa lebih tenang dan memberi rasa kedamaian.

Seiring berjalannya waktu, akan makin banyak barang yang kamu miliki, bisa satu lemari, menjadi satu ruangan dan memenuhi rumah. Tanpa disadari, hal ini akan membuat kesehatan mental dan fisikmu terganggu. Kamu memang tidak akan merasakan betapa kewalahan memiliki begitu banyak barang. Tapi hati akan merasakan stres dan memiliki beban. Bukannya kamu harus hidup dengan cara yang minimasil, tapi cobalah cari waktu untuk membereskan beban-beban di rumah sehingga semuanya tampak plong.

4. Melakukan Pekerjaan Mendekati Waktu Tidur

Jika kamu merupakan seseorang yang bekerja di mana setiap orang dapat menghubungi kamu kapan saja dan meminta sesuatu, kamu boleh mengatakan tidak. Memang sangat sulit jika kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk mengangkat telpon. Kamu sebenarnya punya hal untuk hidup sehat dan menjadwalkan waktu untuk bersantai beberapa jam sebelum tidur.

Kegiatan di malam hari setelah makan malam mungkin akan membuat kamu kacau. Jika kamu tidak melakukan relaksasi beberapa jam sebelum tidur, kamu akan kehilangan keseimbangan.

4 Kebiasaan Tidur yang Baik untuk Dilakukan

Setelah mengetahui semua kebiasaan buruk yang harus kamu hindari, kini kamu harus tahu kebiasan tidur yang baik apa saja yang harus dilakukan.

1. Gunakan Diffuser

Diffuser memiliki banyak manfaat untuk tidur yang luar biasa. Essential oil (minyak Atsiri), selama bertahun-tahun telah digunakan untuk menyembuhkan insomnia, gangguan tidur dan untuk melipatgandakan fungsi otak sambil mengurangi kecemasan dalam pikiran. Essential oil seperti lavender dan valerian adalah alat bantu tidur terbaik.

Lavender bisa menenangkan sistem saraf dengan meringankan pikiran yang membuat kecemasan, menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Minyak-minyak ini, seperti chamomile, secara alami memproses tubuh dan pikiran bersiap untuk tidur. Kamu bisa memilih atau mengkonsultasi wangi mana yang ingin kamu gunakan kepada dokter agar sesuai dan tidak terjadi hal aneh seperti alergi.

2. Menyiapkan Pakaian dan Barang sebelum Tidur

Ini merupakan hal yang paling baik untuk mengatasi stres dan kecemasan, tentu yang mengganggu tidur. Di pagi hari, kamu harus menyiapkan sarapan dan minuman, sehingga tidak terburu-buru untuk memilih pakaian dan berantakan. Jika ini sudah biasa kamu lakukan, cobalah membuat rutinitas sebelum tidur dan bangun dengan keadaan tanpa beban. Hari yang menyenangkan sebenarnya dimulai dari malam sebelumnya. Ini merupakan hal yang harus kamu perhatikan, kebiasaan tersebut dapat mengubah jalannya hari dan kehidupanmu dalam jangka panjang.

3. Gunakan Alarm dengan Suara Alam

Apakah kamu tipe orang yang suka menyetel alarm yang menjengkelkan di pagi hari lalu berteriak tidak jelas karena suara itu? Ayo coba pakai suara alam! Hal itu akan membuat pagimu lebih tenang dan positif. Sudah banyak aplikasi di smartphone yang dapat melakukan ini. Alarm yang mengejutkan dapat memicu kemarahan dan membuat kamu terbangun, apalagi jika suara itu membuat kamu mengucapkan kata-kata karas saat membuka mata. Pagi hari yang harusnya menjadi mudah untuk memulai pekerjaan malah berantakan.

4. Lakukan Meditasi Sebelum Tidur

Satu jam sebelum tidur, lakukan sesuatu yang menghilangkan pikiran dari kepalamu. Mencuci piring dan membersihkan dapur adalah cara yang baik untuk membuat stres hilang dari kepalamu dalam satu hari. Melakukan sesuatu yang santai, bahkan untuk waktu yang singkat bisa menenangkan pikiranmu.

Selain itu, sebelum tidur cobalah untuk menarik napas selama 3 detik, lalu tahan selama 4 detik dan keluarkan sampai habis. Pikiran akan terasa tenang, kamu akan merasakan kantuk dan tertidur dengan pulas.

Kamu bisa menggunakan praktik gaya hidup ini sebagai strategi untuk mengembangkan kebiasaan tidur yang lebih sehat. Jika dilakukan secara teratur, kamu akan segera melihat perbedaannya. Seiring waktu, kamu akan merasa lebih bersemangat dan akan memulai hari dengan langkah yang tepat. Subuh dan senja merupakan waktu yang penting bagi otak untuk mengatur siklus tidur / bangun yang sehat sehingga kamu akan sukses dalam kehidupan sehari-harimu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk membuat hidup pagimu lebih sehat dan bersemangat. Fight!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.