8 Kebiasaan Orang Sukses Setiap Pagi Yang Patut Kamu Coba

kebiasaanorangsukses.4

Kosongan – Untuk menjadi orang sukses, kamu tidak bisa melejit langsung dengan instan. Perlu komitmen dan dedikasi yang diterapkan dalam hidup dalam jangkah waktu lama. Membangun kebiasaan baik adalah salah satunya. Mulai ‘lah dengan hal sederhana seperti dengan mengubah pola kegiatanmu pada pagi hari sebelum memulai hari. Banyak orang menyepelekan kegiatan pada pagi hari. Padahal me time pada pagi hari bisa menjadi awal dari hari yang produktif.

Hal ini juga dilakukan oleh orang-orang sukses terkenal seperti Oprah Winfrey, Tim Ferriss, Elon Musk, dan masih banyak lagi. Mereka memiliki kebiasaan pada pagi hari yang sederhana dan bisa kamu tiru. Yuk, intip kebiasaan orang sukses setiap pagi yang bisa kamu terapkan.

8 Kebiasaan Orang Sukses Pada Pagi Hari

1Merapikan tempat tidur.

Bagi kamu yang malas merapikan tempat tidur pada pagi hari, ayo mulai kebiasaan bermanfaat satu ini. Merapikan tempat tidur langsung setelah kamu bangun bisa menjadi kegiatan produktif pertamamu yang akan “menular” pada kegiatan produktif selanjutnya. Dengan langsung merapikan tempat tidur, kamu juga secara tidak sadar memberikan pesan pada diri kamu sendiri untuk tidak kembali tidur dan membuang-buang waktu. Lakukan kegiatan ini setiap hari sebagai awal kebiasaan orang sukses.

Jika kata Admiral McRaven, “If you can’t dot he little things right, you will never be able dot he big things right”. Yang artinya, tanpa memulai melakukan hal kecil dengan benar, kamu tidak akan bisa melakukan hal besar dengan benar. So, mulai dengan pencapaian kecil di pagi hari dengan merapikan tempat tidur kamu.

2Melakukan meditasi.

Meditasi merupakan salah satu kegiatan untuk merelakskan pikiran pada pagi hari. Meditasi di teras rumah yang terbuka bisa membuat kamu membiasakan diri dengan udara pagi yang baik untuk kesehatan paru-parumu. Meditasi juga bisa membuat kamu menjadi pribadi yang tenang  dan tidak gegabah. Beberapa posisi meditasi paling populer adalah duduk tegang dengan menyilangkan kaki. Namun jika posisi tersebut kurang relaks untukmu, kamu bisa berbaring dengan tangan dan kaki lurus saja, sambil memejamkan mata.

3Menulis agenda harian.

Dari pada update status di sosial media, lebih baik kamu menuangkan perasaan di agenda pribadi. Menulis secara manual juga bisa menenangkan pikiran dan membuat kamu tak perlu ragu menuangkan perasaan, karena tidak ada orang yang akan membacanya. Tulis saja tentang rasa syukur karena masih bisa memperoleh kehidupan atau hal-hal apa saja yang ingin kamu capai pada hari itu.

Kebiasaan orang sukses satu ini dilakukan oleh Tim Ferriss, salah satu entreprenur, pembicara, dan penulis buku. Tim menyempatkan setidaknya 5 menit setiap pagi untuk menulis di buku agendanya. Baginya, dengan bersyukur dan menulis segala impiannya setiap pagi, memberikannya rasa optimis dan percaya diri untuk menjalani hari.

4Merencanakan kegiatan dalam sehari.

Agar harimu tidak berlalu begitu saja, kamu harus melakukan perencanaan setiap pagi. Selain rencana-rencana dan tugas, kamu juga bisa menulis pencapaian apa saja ingin kamu raih hari itu. Cukup tiga hal sederhana namun berarti untuk ke depannya.

Oprah Whinfrey bangun setiap apgi dan selalu menyempatkan diri untuk membuka agendanya. Selain menulis rencana baru setiap hari, membaca pencapaian-pencapaian lamanya juga membuatnya dapat menentukan target berikutnya. Hal ini juga bisa memberikan motivasi jika ada hal yang belum tercapai dengan sempurna.

5Membaca buku.

Lupakan sejenak kebiasaan membaca lewat gadget pada pagi hari. Membaca berita di gadget hanya kan membuat kamu ketagihan dan membuang waktu. Kamu bisa membaca koran atau memilih sebuah buku tertentu, entah buku motivasi atau novel untuk mengasah daya imajinasi kamu. Kebiasaan membaca lebih baik dari pada ketergantungan dengan gadget setiap pagi.

Memberikan informasi pada otak di pagi hari dengan membaca buku dapat merangsang otak untuk bekerja. Hal ini akan membuat kamu memiliki otak yang sudah “dipanaskan” dengan membaca buku.

6Berolahraga.

Untuk membuat tubuh bugar dan bersemangat, memulai kebiasaan olahraga setiap pagi juga menjadi salah satu kebiasaan orang sukses. Olahraga yang paling populer dilakukan adalah jogging atau lari pagi. Kebiasaan ini bisa membuat tubuh kamu lebih bugar dan mengatur pernapasan. Olahraga juga bisa menjadi “pembakar” semangat yang biasanya kamu dapatkan dari kopi yang mengandung kafein. Mendapat booster alami melalui olahraga ketimbang kopi jelas akan lebih sehat. Olahraga juga bisa menjadi kegiatan adiktif untuk kamu dan tidaka akn meberi efek samping buruk.

7Mandi.

Jangan lupa memulai hari dengan mandi. Beberapa anak muda masih ada yang suka pergi ke kampus tanpa mandi terlebih dahulu karena telat. Oleh karena itu, bangun pagi dan mandi yang bersih. Dengan mandi, otot-otot kamu yang lesu akan terangsang untuk “bangkit” dan tidak merasa ngantuk dalam perjalanan kamu ke kampus atau kantor. Mandi juga dapat membuat kamu lebih percaya diri karena berpenampilan bersih.

8Memakai pakaian yang sama.

Jika kamu memperhatikan Steve Jobs dan Mark Zuckerberg, mereka selalu menggunakan pakaian yang sama. Hal ini bukan karena alasan dan karena memiliki selera fashion yang payah. Mark Zuckerberg hanya memiliki t-shirt berwarna putih, hitam, dan abu-abu. Karena baginya, ia terlalu sibuk untuk menghabiskan waktu berjam-jam  setiap pagi memilih pakaian karena pekerjaan saja sudah cukup menguras otaknya. Oleh karena itu, ia hanya memakai satu gaya busana berpakaian hampir pada setiap kesempatan.

Kamu mungkin bisa memilih satu jenis pakaian yang kamu suka dan membeli berbagai variasi warna untuk ganti-ganti setiap hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.