7 Kebiasaan Bermanfaat Saat Pagi Hari Yang Sering Terlewatkan

kebiasaanpagi.2

Kosongan – Sering kali kita melewatkan beberapa kegiatan bermanfaat saat pagi hari yang sebetulnya dapat meningkatkan kualitas diri dalam menjalani hari. Hari yang penuh dengan semangat dan pencapaian ditentukan dengan seberapa berkualitasnya rutinitas yang kita lakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Jika kamu hanya bermalas-malasan di pagi hari dengan kecanduan scroll feed Instagram kamu, maka kualitas harimu juga bisa terganggu.

Mulailah berbagai kebiasaan bermanfaat saat pagi hari agar kualitas hari dan hidupmu meningkat. Jika sekarang kamu merasa tidak produktif dan mengalami stuck dalam kehidupan, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mengubah kebiasaan kecil dan melihat hasilnya.

7 Kebiasaan Bermanfaat Saat Pagi Hari

1Hindari Snooze

Niat besar untuk bangun pagi selalu menggebu-gebu saat malam hari untuk memulai hari baru. Bangun pagi selalu menjadi rencana yang gagal karena adanya tombol snooze. Kamu harus memiliki komitmen besar untuk tidak menjadikan snooze sebagai pilihan. Banyak orang akhirnya membuat banyak alarm setiap lima menit lebih. Hal ini tidak efektif karena berarti kamu masih yakin bahwa kamu akan menekan snooze atau mematikan alarm keesokan harinya.

Cukup set satu alarm dan berkomitmen untuk tidak menekan snooze. Untuk menghindari kebiasaan menekan snooze atau mematikan alarm, letak handphone jauh dari jangkauanmu. Namun jangan terlalu jauh, selama kamu bisa mendengar bunyi alarm dan harus berjalan menuju handphone agar bangkit dari tempat tidur.

2Tidak Memainkan Gadget Dan Sosial Media

Mungkin terdengar mustahil dan menjadi hal yang tidak bisa kamu lakukan. Ini mengapa jumlah orang sukses terkenal tidak sebanyak pengangguran, karena mereka melakukan hal yang tidak dilakukan orang pada umumnya. Salah satunya adalah tidak memainkan gadget saat bangun tidur. Memainkan gadget dan mengecek sosial media saat pagi hari hanya akan membuatmu kecanduan dan akhirnya menghabiskan waktu berjam-jam di kasur.

Bangun saja tidak cukup, kamu harus langsung memulai hari dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti merapikan tempat tidur, gosok gigi, dan cuci muka. Kamu bisa mengecek gadget saat sedang sarapan atau ketika telah memulai hari.

3Mendengarkan Musik

Agar pagi harimu tidak terasa hampa, kamu bisa menyalakan lagu untuk membangun mood dan menjadi alternatif hiburan pagi kamu. Memilih lagu bisa sesuai selera, kamu bisa menyetel lagu up beat untuk membakar semangat. Atau musik klasik yang relaxing dan membuat pikiran dan jiwa kamu merasa tenang.

Hiburan satu ini lebih bermanfaat ketimbang melihat meme dan video-video di sosial media yang membuat kamu terpaku pada gadget. Dengan mendengarkan musik, kamu masih bisa sambil beraktivitas. Kamu bisa mendengarkan musik lewat earbuds, agar lebih leluasa, kamu mungkin bisa menyalakan lagu dengan speaker khusus.

4Minum Air Putih

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, ada baiknya kamu memulai kebiasaan bermanfaat saat pagi hari dengan minum air putih. Selain dapat menyegarkan tenggorokan dan membuat kamu melek, kebiasaan ini juga bisa membuat kamu memiliki kesehatan organ dalam maupun kulit. Tubuh manusia terdiri dari 60% air. Saat tidur selama kurang lebih 7 sampai 8 jam tanpa air, tubuh akan mengalami dehidrasi. Secara alami, tubuh kamu sebetulnya “meminta” air ketika bangun tidur, oleh karena itu penuhi kebutuhan cairan tubuh kamu saat pagi hari.

5Strecthing

Saat tidur, badan kita cenderung tidak banyak bergerak. Terkadang tak sedikit dari kita pasti mengalami linu karena salah posisi tidur. Oleh karena itu, jangan lupa melakukan stretching ringan setelah bangkit dari tempat tidur. Lakukan gerakan-gerakan stretching ringan seperti meluruskan punggung dengan menarik kedua lengan ke atas. Jangan lewatkan pula gerakan basic kepala, lengan, pinggul, hingga kaki. Lakukan dengan benar agar tidak malah cedera di pagi hari.

Dengan melakukan strecthing, badan kamu akan terasa lebih bugar dan tidak kaku lagi setelah bangun tidur. Strecthing juga dapat melepaskan stress dan melancarkan sirkulasi darah pada tubuh. Atur juga napasmu saat melakukan streching untuk melancarkan pernapasan.

6Membaca Buku

Pilihan hiburan lainnya saat pagi hari adalah membaca buku. Bagi kamu yang hobi membaca, membaca buku di pagi hari bisa menstimulasi otak untuk mulai bekerja. Membaca buku juga bisa menambah inspirasi dan membuat otak berpikir kreatif. Untuk mengawali hari yang produktif dan penuh inspirasi, memulai kebiasaan membaca buku bisa menjadi pilihan.

Tak harus selalu buku “berat” tentang motivasi dan filosofi, novel ringan juga bisa menjadi pilihan. Pilih satu buku yang bisa kamu baca setiap pagi yang bisa kamu selesaikan dalam waktu seminggu setiap pagi.

7Sarapan

Satu lagi kebiasaan bermanfaat saat pagi hari yang sering terlewatkan adalah sarapan. Sarapan sumber energi pertama yang harus kamu terima saat pagi hari. Dengan sarapan, tubuh kamu jadi tidak muda lesu dan kembali merasakan kantuk saat sedang dalam perjalanan menuju tempat kerja atau kampus. Bangunlah pada pagi hari agar tidak terburu-buru meninggalkan rumah tanpa sarapan terlebih dahulu.

Jangan hanya makan mie instan setiap pagi, pilih menu yang sehat dan bisa memberi energi maksimal bagi tubuh. Beberapa pilihan menu sarapan yang sederhana adalah roti dengan selai dan buah-buahan. Jika mau makan yang lebih mengenyangkan, nasi dan telur juga bisa menjadi pilihan. Untuk minumnya, kamu bisa minum susu atau jus buah.

Itu tadi beberapa kebiasaan bermanfaat di pagi hari yang terkadang masih suka kamu lewatkan. Mulailah kebiasaan baru untuk mengubah kehidupan kamu. Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.