Keahlian Yang Harus Kamu Miliki Agar Lamaran Menarik Bagi Perusahaan

6.lamaranmenarikbagiperusahaan

Kosongan – Mencari pekerjaan adalah tantangan bagi setiap orang yang baru saja lulus kuliah. Dan mencari pekerjaan itu sangat susah apalagi jika kamu tidak memiliki link dan harus berusaha dari nol sendirian. Ada banyak cara untuk melamar pekerjaan di jaman sekarang. Kamu tidak perlu panas-panasan keliling kota, tinggal kirim berkas lamaran saja melalui website lowongan pekerjaan atau langsung ke perusahaan.

Namun, hal tersebut juga tidak mudah untuk dilakukan. Karena yang mencari pekerjaan bukan hanya kamu, lamaranmu akan dibandingkan dengan ratusan hingga ribuaan pelamar lainnya. Agar berkas lamaran menarik bagi perusahaan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari desain cv yang eye catching hingga informasi yang terdapat dalam cv-mu. Perusahaan selalu tertarik dengan orang-orang yang memiliki keahlian dan pengalaman tertentu.

Berikut beberapa keahlian yang wajib kamu miliki agar lamaranmu tidak hanya dilihat namun juga dipertimabangkan untuk diproses.

9 Keahlian Yang Harus Kamu Cantumkan Agar Lamaran Menarik Bagi Perusahaan

1Mampu berbahasa Inggris

Sekarang sudah gak jaman bagi orang berpendidikan untuk tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris. Hampir semua perusahaan jaman sekarang mencantumkan kemampuan berbahasa Inggris pada kualifikasi lowongan mereka. Apalagi jika kamu mengicar perusahaan besar, kemampuan berbahasa Inggris merupakan hal yang wajib dimiliki.

Beberapa mencari calon pegawai yang minimal bisa berbahasa Inggris pasif. Biasanya orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris hanya bisa mengerti sebuah percakapan atau bacaan tertentu, namun kurang lihai dalam berbicara. Hal ini sudah bisa menjadi modal menunjukan bahwa kamu potensial. Bagi kamu yang masih duduk dibangku pendidikan, segera asa kemampuan bahasa Inggris kamu selagi masa ada waktu.

2Mampu bekerja dalam tim.

Berusahaan yang berkualitas biasanya memiliki tim kerja yang solid dan kompak. Setiap perusahaan pastinya menginginkan pegawai yang mudah diajak berdiskusi dengan baik. Bekerja dalam tim tidak hanya sekedar menghargai pendapat maupun selalu menyetujui setiap pendapat rekan kerja, namun juga dapat memberikan kontribusi pada tim.

Kemapuan ini bisa kamu dapatkan dengan membiasakan diri bergabung dalam organisasi di sekolah maupun kampus. Atau aktif dalam setiap kegiatan kelompok kelas. Jika kamu memiliki pengalaman berorganisasi atau bekerja dalam sebuah tim untuk sebuah kompetisi, jangan lupa cantumkan dalam cv-mu sebagai bukti kemampuanmu.

3Berjiwa kepemimpinan.

Dari ratusan hingga ribuan pelamar lainnya, kamu harus mampu menonjol, salah satunya dengan memiliki kemampuan atau pengalaman kepemimpinan. Orang dengan karakter pemimpin merupakan orang yang dapat dapat diandalkan dan potensi lebih, tak hanya jago suruh-suruh, tapi selalu bisa menangani setiap masalah yang dihadapi saat  kerja.

Kemampuan ini bisa kamu dapatkan dengan selalu aktif dalam kegiatan sekolah atau kampus, serta begabung dalam berbagai organisasi. Karena dalam komunitas tersebut bisa saja kamu mendapat kesempatan at least sebagai ketua project atau event, Akan sangat beruntung jika kamu cukup kuat untuk menjadi ketua organisasi, hal itu bisa menjadi poin tambah kepemimpinan kamu dengan bukti pengalaman yang nyata.

4Problem solving.

Tidak ada pekerjaan yang bebas dari masalah dan masa genting. Untuk menghadapi masa-masa tersebut, sebuah perusahaan selalu memastikan bahwa pegawainya memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan baik untuk menyelamatkan krisis dalam perusahaan, dalam skala kecil maupun besar.

Salah satu indikasi orang memiliki kemampuan problem solving adalah ketika seseaorang pandai matematika atau statistik. Jika nilai subjek berhitungmu tinggi, perusahaan akan dengan mudah berasumsi kamu memiliki kemampuan satu ini.

5Kreatif dan inisiatif.

Untuk bisa terus bertahan, sebuah perusahan harus memiliki pegawai yang kreatif dan selalu memiliki ide segar. Terutama jika kamu bekerja dalam perusahaan yang berhubungan dengan hiburan dan bisnis komersial.

Untuk menjadi pegawai pilihan kamu juga harus memiliki sifat inisiatif. Tanpa disuruh, kamu baiknya memiliki tindakan inisiatif dalam segala situasi. Karena kamu bukan murid lagi yang harus dituntun sepenuhnya, kondisikan dirimu sebagai pegawai yang dibayar dan harus bekerja.

6Memiliki kemampuan observasi dan analisa yang baik.

Dalam perencanaan kerja, pegawai harus bisa observasi dan menganalisa aspek-aspek yang mendukung sebuah project. Kemampuan observasi bisa didapatkan jika kamu membiasakan diri untuk banyak mendengarkan dalam suatu situasi ketimbang banyak omong tapi kinerja nol.

Kamu juga harus paham cara menganalisa atau mencari data dan sumber dari tempat lain sebagai pembanding. Hal ini umum dilakukan dalam sebuah perusahaan untuk menjadi unggul dari pada perusahaan lainnya.

7Fast learner.

Setiap perusahaan terutama perusahaan besar memang selalu menyediakan masa tranning. Namun mereka juga menginginkan calon yang cepat belajar dan cepat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya. Biar gak repot-repot, mereka lebih suka menerima pegawai yang fast learner. Cantumkan kemampuan satu ini jika ingin memiliki lamaran menarik bagi perusahaan incaranmu.

8Kemampuan berkomunikasi yang baik.

Komunikasi merupakan hal paling esensial dalam dunia kerja profesional. Kamu harus bisa berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan, hingga client. Namun tidak asal banyak  bicara dan percaya diri, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik dan benar sesuai dengan etika. Bedakan kemampuan berkomunikasi dengan sifat pendiam atau ramai.

Jangan minder jika kamu orang dengan kepribadian pendiam. Dan janga terlalu percaya diri jika kamu orang yang terkenal ramai dalam kumpulan temanmu. Kunci dalam berkomunikasi dengan benar dan etis adalah menjadi pendengar yang baik dan sopan dalam memilih kata-kata.

9Mampu bekerja di bawah tekanan.

Kamu pasti sering melihat kualifikasi ‘mampu bekerja di bawah tekanan’. Yup, lamaran menarik bagi perusahaan ketika kamu bisa bekerja di bawah tekanan. Karena mereka tidak ingin memiliki pegawai yang cepat menyerah dan resign ketika tahu betapa berat rasanya bekerja di perusahaan tersebut.

Itu tadi beberapa kemampuan yang harus kamu miliki agar lamaran menarik bagi perusahaan yang kamu tuju. Semoga sukses cari kerja!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.