Kamu Punya Pacar Posesif Atau Protektif?

pacar_posesif_4

Kosongan – Diperhatikan oleh pacar merupakan hal yang manis dan akan membuat hati kamu jadi melting. Mungkin hal ini akan membuat kamu berbunga-bunga pada awal pacaran. Seiring berjalannya waktu, mungkin kamu malah jadi bosan dan risih kalau pacar makin cerewet dan terasa membatasi kegiatanmu.

Jangan keburu kesal dulu, kalau ingin memiliki hubungan yang langgeng, kamu wajib memahami karakter pacar. Jangan asal menuduh kalau pacar kamu posesif, bisa jadi dia cuma protektif. Kamu juga harus mawas diri, apa kamu memang tipe pasangan yang bisa di percaya atau tidak. Beberapa orang membutuhkan waktu untuk percaya dan jadi suka membatasi dan cari tahu.

Dan sebaliknya, buat kamu yang terlalu sayang sama pacar tapi masih bimbang dia posesif atau protektif, patut mencari informasi lebih tentang bedanya posesif dan protektif.

Berikut perbedaan antara posesif dengan pacar protektif.

6 Perbedaan Pacar Posesif Dengan Protektif

1Ingin memiliki, Protektif ingin melindungi.

pacar_posesif_4

 

Dari makna katanya saja, protektif dan posesif sangat berbeda jauh. Posesif menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya adalah “memiliki sifat cemburu”. Yup, pacar yang posesif suka cemburu terkadang tanpa alasan dan tidak masuk akal. Ia hanya ingin kamu menjadi milikinya dan menjadi hal paling penting dalam hidupmu. Ia akan selalu mepertanyakan prioritasmu akan dirinya dengan teman-temanmu.

Sementara protektif memiliki makna “sifat melindungi”. Pacar yang protektif seringkali juga terlihat membatasi kamu dan pilih-pilih dengan siapa kamu bergaul, karena ia hanya ingin melindungi dari pengaruh atau gaya hidup yang tidak baik. Ia juga akan sering mengawasimu karena hanya ingin memastikan kamu baik-baik saja.

2Banyak tanya / Hanya ingin mengingatkan.

pacar_posesif_2

Pacar yang posesif seringkali menghubungi setiap saat. Dia juga bisa ngambek dan spam handphone kamu dengan miscall dan message kalau kamu tak kunjung membalas. Karena merasa memiliki, ia jadi obses denganmu dan ingin tahu setiap kegiatan yang sedang kamu lakukan. Ia akan semakin banyak tanya jika kamu sedang di luar bersama dengan teman-temanmu. Hal ini pastinya suka bikin kesal kamu yang punya pacar posesif.

Namun, pacar protektif banyak tanya hanya karena ingin mengingatkan. Dia juga tidak akan marah kalau kamu tidak membalas di saat-saat tertentu. Dia juga hampir sama dengan pacar posesif yang ingin tahu apa yang sedang kamu lakukan karena ingin mengingatkan jika kamu lupa. Misalnya kamu sedang asik online dan lupa makan, atau lupa mengerjakan tugas.

Saat sedang di luar dia juga akan banyak menghubungi karena khawatir. Ada baiknya kamu kasih tahu jam berapa kamu pulang dan dengan siapa agar si dia jadi tenang.

3Curiga / Perhatian.

pacar_posesif

Jika pacar kamu posesif, ia banyak bertanya dan selalu memperhatikan setiap tingkahmu karena curiga. Di titik yang menyebalkan, kamu main dengan teman lawan jenis saja dia bisa marah karena curiga temanmu itu lebih penting darinya. Si dia juga bakal suka cek sosial media kamu dan handphone kamu karena curiga kamu memiliki rahasia yang kamu sembunyikan darinya. Ingin mengapa amat penting menentukan privasi sebelum pacaran.

Perhatian, berbeda dengan sifat posesif, pacar protektif sering bertanya dan memperhatikan setiap gerakmu karena perhatian denganmu. Ia ingin memastikan kamu baik-baik saja dan sedang tidak ada masalah.

4Ingin kamu selalu ada untuknya / Ingin kamu bisa jaga diri.

pacar_posesif_9

Pacar yang posesif akan membatasi kegiatanmu karena ingin kamu selalu ada untuknya. Dia juga tidak akan memberikan kamu banyak waktu luang untuk mengerjakan tugas atau dengan bebas bermain game, karena semua hanya tentang dirinya. Kamu harus mau mengikuti hobinya dan menghabiskan waktu luang untuk jalan-jalan dengannya. Bisa dibilang, pacar yang posesif memiliki sifat yang egois.

Sementara pacar yang protektif terkadang suka membatasi kegiatanmu karena tidak yakin kamu bisa jaga diri. Misalnya, kamu minta ijin hang out bareng teman ke club hingga larut malam. Ia pasti cenderung tidak mengijinkan karena acara tersebut terdengar tidak baik. Orang protektif biasanya memang memiliki sifat konservatif dan tidak memiliki gaya hidup yang bebas. Karena mereka selalu berhati-hati.

5Mengatur / Menuntun.

pacar_posesif_5

Pacar yang posesif cenderung cerewet dan suka mengatur. Ia merasa berhak menentukan segala keputusan karena merasa memilikimu. Ia bisa-bisa juga membuat kamu berhenti melakukan hal yang kamu sukai hanya karena kegiatan tersebut mengambil waktumu dengannya atau dia tidak suka dengan kegiatanmu. Padahal setiap orang wajar memiliki kegemaran yang berbeda.

Sementara pacar yang protektif hanya ingin menuntun kamu. Ia lebih memiliki sifat mendukung dan tidak akan membatasi kegiatan yang kamu sukai. Ia mungkin cerwet hanya karena ingin kamu dapat mencapai tujuanmu. Dan ia sedang berusaha menuntun kamu agar kedepannya kamu tidak menyesal jika melakukan kesalahan.

6Membatasi / Selektif.

pacar_posesif_8

Jika kamu memperhatikan setiap poin di atas, kamu bisa menarik kesimpulan bahwa pacar yang posesif suka membatasi. Ia akan membatasi kegiatanmu, membatasi kegemaranmu, hingga membatasi pertemananmu.

Sementara pacar protektif cenderung selektif. Ia akan menelaah dulu, apa kegiatan yang kamu lakukan aman dan berguna. Begitu pula dengan pertemanan, ia akan menyuruhmu untuk berhenti main dengan teman tertentu mungkin karena dia bukan teman yang memberi pengaruh baik. Pacar protektif tidak langsung membatasi kamu akan suatu hal. Ia akan mengamati dulu, berpikir, lalu memberi keputusan.

Itu tadi perbedaan pacar posesif dan protektif. Keduanya bisa kamu pertahankan asal terdapat komunikasi yang jeals dan keadilan hak dalam menjalin hubungan.