Kamu Cuma Pemalu Atau Mengidap Social Anxiety?

5.socialanxiety

Kosongan – Semua orang pasti pernah merasakan gelisah. Terutama ketika harus beradaptasi di tempat baru dengan banyak orang belum kita kenal. Tak perlu jauh-jauh, terkadang kamu juga pasti pernah gugup ketika harus datang ke pesta keluarga jauh yang belum terlalu kamu kenal. Atau memulai hari pertama di kampus atau tempat kerja.Perasaan tersebut adalah sebagian kecil dari perasaan setiap orang yang mengidap social anxiety. Social anxiety termasuk dalam kategori penyakit jiwa depresi. Di Indonesia sendiri setiap tahunnya ada kurang lebih 150.000 kasus orang yang menjalani terapi karena memiliki kondisi ini.

Pemalu Atau Social Anxiety?

Jangan samakan orang pemalu dengan penderita social anxiety. Rasa malu adalah salah satu sifat yang normal dan sewajarnya dimiliki setiap orang. Rasa malu muncul ketika kamu berada di tempat asing dan belum pantas untuk bertindak semaumu dengan alasan menjaga tata krama. Namun tak lama kamu bertemu dengan orang yang bisa membuat kamu nyaman, kamu pasti langsung mencair dan mulai merasa tenang.

Berbeda dengan orang yang mengidap social anxiety. Tidak hanya rasa malu, mereka selalu gelisah tentang pemikiran orang pada dirinya. Ia cenderung berpikir setiap tingkah lakunya bisa membuat orang tidak menyukainya. Dan mereka sangat takut untuk melakukan hal memalukan. Oleh karena itu mereka akan memilih untuk tidak melakukan interaksi sosial.

Tanda-Tanda Orang Mengidap Social Anxiety

1Mengalami kesusahan dalam menghadapi orang.

Orang dengan social anxiety akan melakukan apapun untuk menghindari interaksi dengan manusia karena mereka merasa gelisah. Ketika keluar rumah, mereka akan menunggu hingga tidak ada tentangga agar mereka tidak perlu menyapa. Publik sering beranggapan orang seperti adalah orang sombong, padahal mereka tidak menyapa terkadang karena takut dan tidak percaya diri.

Mereka juga rela memutar jalan jauh-jauh jika memungkinkan untuk menghindari beberapa orang yang membuat mereka harus berinteraksi.

2Tangan muda berkeringat dan sering kehilangan kendali jika sedang nervous.

Presentasi dan berbicara di tempat umum merupakan ketakutan terbesar bagi orang mengidap social anxiety. Tangan mereka mudah berkeringat karena selalu nervous hampir setiap saat. Mereka juga cenderung menundukan kepala dan susah berdiri tegap dan menatap orang-orang di sekitarnya.

3Selau menghindari kerumumnan dan tidak ingin menjadi pusat perhatian.

Dalam sebuah acara besar seperti pesta, mereka cenderung mencari sudut dimana mereka jauh dari kerumunan. Mereka takut berkeliling di area pesta karena tidak ingin melakukan sesutu yang bisa menarik perhatian orang.

Sekali pun mereka tidak diperhatikan siapapun, orang yang mengidap social anxiety selalu memiliki pemikiran dan perasaan seperti semu orang sedang memperhatikannya.

4Selalu nervous sebelum menghadiri sebuah acara.

Pengidap social anxiety seringkali gelisah jika dipaksa untuk menadiri sebuah acara, misalnya acara silahturami dengan keluarga atau pesta yang tidak terhindarkan. Jika bisa memilih, mereka pasti lebih memilih untuk tinggal di rumah. Jika memang harus pergi, mereka akan merencanakan segala sesuatu mulai dari berpakaian yang rapi dan berusaha memeikirkan rencana agar mereka tidak mencolok.

5Menghindari konfrontasi.

Jelas sekali jiak mereka sangat takut dengan konfrontasi dan perdebatan. Karena mereka akan selalu kalah dan tidak bisa berkata tidak. Mereka sebetulnya orang-oramg rapuh yang perlu ditolong karena seringkali menjadi sasaran empuk untuk ditindas.

Ketika melihat orang-orang seperti ini, ada baiknya kamu memberi rasanya nayamn atau membantu mereka keluar dari kerumunan.

6Selalu memikirkan pendapat orang lain tentang diri mereka.

Kebanyakan orang pengidap social anxiety tidak menonjol di dalam sebuah lingkungan, namun mereka tetap berpikir bahwa siapa saja bisa jadi memiliki pandangan buruk tentang dirinya. Setelah seharian menjalani kegiatan bersosialisasi, mereka cenderung melamun berjam-jam danĀ  memikirkan setiap tingkah dan perkataan yang mereka ucapkan. Dan selalu menemukan hal yang membuat mereka berpikir negatif tanpa alasan rasional.

Hal ini yang akahirnya membuat mereka cenderung tidak ingin berinteraksi dengan manusia terlalu sering.

7Terjerumus dalam kebiasaan minum minuman beralkohol.

Terkadang untuk membuat diri mereka merasa nyaman di keramian, mereka meminum minuman kerasa agar kesadaran mereka menurun sedikit. Dengan alkohol, orang cenderung lupa dengan batasan dan lebih percaya diri saat sedang berinteraksi.

8Tidak berani mengutarakan pendapat dan perasaan.

Orang yang mengidap social anxiety juga tidak berani mengungkapkan pendapat mereka karena takut salah dan ditolak. Padahal semua pendapat bisa didiskusikan. Ditolak belum tentu artinya orang-orang tidak menyukaimu secara keseluruhan. Namun pengidap social anxiety tidak memiliki kepercayaan tersebut.

Mereka juga takut untuk mengungkapkan perasaan mereka karena takut dipermalukan. Misalnya perasaan suka terhadap seseorang.

9Selalu berpikir pesimis.

Salah satu faktor yang membuat orang dengan social anxiety susah maju adalah pemikiran negatif. Mereka cenderung pesimis dengan segala perancanaan yang mereka buat dan berakhir tidak melakukan apa-apa karena takut melangkah.

Lagi-lagi, mereka takut dengan pemikiran orang, takut gagal dan menjadi bahan tertawaan orang. Dukungan yang amat besar sangat dibutuhkan untuk orang yang mengidap social anxiety dan terkadang hal tersbut juga tidak mudah berhasil untuk membuat mereka keluar dari sangkarnya.

10Mengevaluasi tindakan dan selalu menemukan kesalahan.

Pengidap social anxiety selalu terjebak dalam lembah kesalahan yang mereka ciptakan sendiri. Mereka seringkali berpikir tentang hal-hal yang mereka lakukan sebelumnya dan berpikir bahwa hal tersebut salah. Padahal pihak yang bersangkutan mungkin sudah tidak memikirkan hal tersebut. Dalam hidup, terkadang kita memang harus berhadap dengan konflik dan berdebat dengan orang lain, namun orang yang mengidap social anxiety tidak bisa dengan mudah menanggung hal tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.