Kamu Calon Mahasiswa UIN Bandung? Kamu Perlu Tahu Hal-Hal Ini

Kamu Calon Mahasiswa UIN Bandung Kamu Perlu Tahu Hal-Hal Ini
Kamu Calon Mahasiswa UIN Bandung Kamu Perlu Tahu Hal-Hal Ini

Kosongan – Tahun ajaran baru sudah akan dimulai bagi calon mahasiswa yang baru lulus SMA sederajat tahun ini. Calon-calon mahasiswa baru itu masuk perguruan tinggi melalui berbagai macam jalur, ada yang lulus via SNMPTN, lulus via SBMPTN, via SPAN-PTKIN, UM-PTKIN hingga Ujian Mandiri. Bagi calon mahasiswa baru yang berhasil masuk ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Terutama karena kehidupan perkuliahan pasti mempunya dinamika yang berbeda, baik dengan kehidupan saat SMA maupun kehidupan di perguruan tinggi lain.

Bukan hanya untuk calon mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, secara umum calon mahasiswa di perguruan tinggi manapun dituntut lebih cermat dan mandiri, harus bisa berteman dengan siapa saja serta harus bisa memotivasi diri sendiri. Jika dijalani secara sehat dan bersungguh-sungguh, maka kehidupan perkuliahan pun akan menjadi saat yang tidak akan terlupakan dan akan menjadi pengalaman yang sangat berguna di masa yang akan datang.

Bagi sobat kosongan yang calon mahasiswa baru UIN Bandung, ada beberapa hal mendasar yang perlu diketahui berkaitan dengan calon kampus sobat kosongan. Berikut kami beri daftar apa saja hal-hal mendasar tersebut:

Kamu Calon Mahasiswa UIN Bandung? Kamu Perlu Tahu Hal-Hal Ini

Akses menuju kampus

Informasi pertama yang sobat kosongan sekaligus mahasiswa baru UIN Bandung harus ketahui pertama adalah akses menuju kampus. Jika sobat kosongan berangkat dari Cileunyi, maka sobat kosongan bisa mengunakan angkot jurusan Cicaheum-Cileunyi; lalu jika sobat kosongan berada di Garut, maka sobat kosongan bisa menggunakan minibus (atau yang oleh warga lokal disebut elf/elep) jurusan Garut-Cicaheum; jika sobat kosongan berangkat ke UIN Bandung dari pusat kota Bandung, maka sobat kosongan bisa mengunakan bus Damri jurusan Cibiru-Kebon Kalapa; jika sobat kosongan berangkat dari sejumlah kabupaten/kota di wilayah timur Bandung, maka sobat kosongan bisa menggunakan bus jurusan Cirebon-Bandung. Semua angkutan umum yang telah disebutkan sebelumnya mempunyai trayek yang melewati kampus UIN Bandung.

Tempat tinggal selama di Bandung

Informasi kedua yang perlu sobat kosongan sekaligus mahasiswa baru UIN Bandung ketahui adalah tempat tinggal. Khususnya bagi sobat kosongan yang berasal dari luar Bandung, tentunya kebutuhan akan papan adalah hal yang sangat penting. Ada berbagai macam pilihan tempat tinggal, antara lain ada kontrakan, kos, asrama serta pesantren spesial untuk sobat kosongan yang berasal dari pesantren atau ingin menyicipi kehidupan di pesantren maupun asrama.

Harga sewa kos yang dekat dengan kampus berkisar antara Rp 5 Juta hingga Rp 8 juta per tahun, sedangkan untuk yang agak jauh hanya berkisar Rp 3 juta hingga 5 juta per tahunnya. Untuk kontrakan bisa berkisar Rp 8 hingga Rp 10 juta per tahunnya, memang mahal, karena itu biasanya mahasiswa yang mengontrak lebih memilih mengajak teman-temannya. Untuk pesantren atau asrama antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per tahunnya. Biaya tersebut bisa termasuk barang serta wifi atau tidak tergantung pengelolanya.

Keperluan alat-alat kuliah

Untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, seperti buku atau fotokopi, di sekitar kampus ada berbagai pilihan. Toko-toko ini juga menyediakan barang kebutuhan mahasiswa dengan berbagai kualitas dan harga. Tinggal sobat kosongan yang sekaligus mahasiswa UIN Bandung sendiri yang bijak memilihnya.

Keperluan pangan

Untuk urusan perut, sebenarnya ada banyak sekali pilihan rumah makan maupun kedia makan. Sobat kosongan bisa memilih masakan Padang, masakan Sunda, warteg dan bahkan makanan cepat saji serta cafe outdoor.

Bahkan, jika sobat kosongan sedang malah, sobat kosongan yang sekaligus mahasiswa UIN Bandung bisa memesan makanan dengan layanan pesan antar. Tidak hanya makanan cepat saji, bahkan beberapa rumah makan dan warteg di sekitar Jl. Manisi dan Jl. Desa Cipadung juga menyediakan layanan pesan antar dengan harga yang tentunya lebih terjangkau dari rumah makan cepat saji. Dengan memesan melalui sms, telpon dan bahkan WhatsApp, makanan dan minuman sobat sudah akan diantarkan tanpa perlu jauh-jauh keluar kamar.

Keperluan olahraga

Selain sobat kosongan bisa jogging mengitari kaki Gunung Manglayang yang berada di atas kampus UIN Bandung, sebenarnya fasilitas di kampus bisa digunakan mahasiswa berolahraga. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain adalah GOR Badminton, lapangan bola basket, lapangan voli, bahkan sebenarnya ada lapangan tennis. Sobat kosongan yang mahasiswa UIN Bandung bebas menggunakan sarana olah raga tersebut jika sudah meminta izin terlebih dahulu.

Keperluan kesehatan

Hal terakhir yang sangat krusial untuk sobat kosongan sekaligus mahasiswa UIN Bandung yang perlu ketahui adalah sarana kesehatan. Klinik yang bisa sobat kosongan kunjungi antara lain adalah Puskesmas Cibiru yang terletak di Jalan Manisi Nomor 87; Apotek Cibiru yang berada di Jalan Cibiru; dan yang terakhir yaitu apotek Al-Masoem yang berada di dekat Bundaran Cibiru Jalan AH Nasution No 115 untuk praktek dokter umumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.