Jurusan Teknologi yang ada di Indonesia

Jurusan Teknologi di Indonesia
Jurusan Teknologi di Indonesia

Banyak anak lulusan SMA/SMK/MA yang bingung akan melanjutkan pendidikan mereka ke mana. Terdapat banyak Universitas yang tersebar di seluruh Indonesia, dan banyak juga pilihan jurusan yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa ini.

Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, banyak teknologi-teknologi yang ditemukan dan diperbaharui oleh para ahlinya. Perkembangan ini yang membuat bermunculan banyak teknologi yang bisa dipelajari oleh setiap manusia di bumi.

Di Indonesia, terdapat banyak Universitas yang di dalamnya terdapat jurusan teknologi dan memiliki kualitas yang terjamin. Beberapa jurusan teknologi yang ada di Indonesia akan dibahas di bawah ini.

1. Teknologi Informatika

Semua manusia setiap harinya membutuhkan informasi, baik itu informasi mengenai sosial, pendidikan, politik, agama maupun informasi yang lainnya. Nah, di jurusan Teknologi Informatika ini, para mahasiswa diajarkan tentang pengoperasian dan pemrograman pada komputer.

Selain itu, ada juga editing gambar, video dan suara pada teknologi Informatika menggunakan aplikasi yang editing seperti CorelDRAW maupun Photoshop. Jurusan
teknologi Informatika ini lebih menjurus pada mengotak-atik aplikasi-aplikasi yang bisa diinstal di komputer.

Mungkin dikarenakan hal itu juga, tenaga dari otot-otot Anda tidak akan bekerja banyak, namun tenaga otak Anda akan diperas untuk membuat sebuah pengkodean pada program.

Jika Anda sudah terbiasa, semua hal yang ada pada teknologi Informatika akan terasa mudah bagi Anda sekalian. Dengan banyaknya perkembangan di teknologi Informatika ini,
banyak orang yang berlomba-lomba untuk menciptakan dan menemukan suatu penemuan yang baru dalam bidang teknologi Informatika.

Tentunya, dengan adanya dukungan teknologi yang semakin canggih dan berkualitas membuat jurusan teknologi Informatika dapat berkembang dengan pesat.

Ada beberapa universitas di Indonesia yang memiliki jurusan teknologi Informatika yang baik dan bisa Anda jadikan referensi dalam memilih Universitas. Berikut beberapa universitas tersebut:

  • Institut Teknologi Bandung, pada universitas ini terdapat dua pilihan di ITB ini yaitu jurusan S1 teknik Informatika dan S1 sistem dan teknologi Informasi.
  • Universitas Indonesia, Anda bisa masuk ke jurusan S1 teknik Komputer untuk jurusan teknologi Informatika di Universitas ini.
  • Institut Teknologi Sepuluh November, di kampus ini, Anda bisa mengambil jurusan teknik Informatika dan sistem Informasi.
  • Universitas Gadjah Mada, ada jurusan Teknologi Informasi yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Sistem Komputer dan Rekayasa Sistem Informasi, di Universitas Gadjah Mada terdapat peralatan teknologi yang paling lengkap jika dibandingkan dengan Universitas lainnya.
    Anda dapat memanfaatkan semua peralatan yang telah disediakan oleh pihak Universitas apabila Anda masuk ke Universitas Gadjah Mada dengan jurusan teknologi Informasi, galilah terus penemuan-penemuan yang baru dan dapat banyak
    membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Teknologi Bioproses

Di jurusan teknologi Bioproses, hal yang akan Anda pelajari adalah mengenai proses biologi bagi makhluk hidup yang nantinya akan dilakukan pengujian agar makhluk hidup yang diproses tadi dapat menghasilkan keuntungan dalam kehidupan manusia.

Teknologi Bioproses sendiri terbagi menjadi dua bidang keilmuan, yaitu ilmu kimia dan ilmu biologi. Di jurusan teknologi Bioproses Anda akan mempelajari berbagai macam hal seperti sel-sel tumbuhan dan hewan, enzim, sifat-sifat mikroorganisme, metode-metode
pemanfaatan hayati dan pengolahannya, serta mempelajari cara memproduksi suatu produk yang tadinya hanya berskala laboratorium menjadi sekali besar.

Dalam teknologi Bioproses juga terdapat rekayasa genetika yang bisa dilakukan dan diteliti oleh mahasiswa di jurusan teknologi Bioproses. Ada beberapa referensi kampus yang memiliki jurusan teknologi Bioproses di dalamnya.

  1. Universitas Indonesia, universitas yang sudah maju dan modern ini,
    menyediakan banyak jurusan untuk teknologi Bioproses, ada jurusan mikrobiologi pertanian, biokimia, bioentrepreneurship, teknik bioenergi dan kemurgi, biologi, teknik biomedik (teknobiomedik), dan biomedicine.
    Semua jurusan tersebut mengikuti teknologi Bioproses, jadi di dalam teknologi Bioproses Anda masih bisa mendapatkan jurusan yang berbeda dan banyak jenisnya.
  2. Institut Teknologi Bandung, di kampus ini, pada bidang dan jurusan teknologi Bioproses atau biologi terdapat 3 jurusan yaitu jurusan kimia, fisika
    dan matematika, di program studi biologi ITB mempelajari tentang kultur jaringan, rekayasa genetik, konservasi hutan, pengendalian hama, kultur sel hewan dan masih banyak lagi.
    Pelajaran ini nantinya akan digunakan dalam berbagai bidang profesi seperti dokter, petani, farmasi, perikanan, peternakan, kehutanan, teknologi biologi dan lingkungan. Kampus ITB memiliki banyak alat dan bahan yang akan mendukung Anda selama Anda belajar di sana, jadi manfaatkanlah semua peralatan yang tersedia, jangan sampai Anda menyia-nyiakan semua yang sudah disediakan dari pihak kampus atau Universitas di jurusan teknologi Bioproses ITB ini.

3. Teknologi Astronomi

Pastinya kalian semua sudah tau apa yang dibahas di jurusan teknologi astronomi ini bukan? Ternyata ada loh universitas di Indonesia yang memiliki jurusan teknologi astronominya.

Teknologi astronomi ini membahas mengenai pengetahuan fisika pada objek yang berada di langit dan mempelajari tentang struktur, fisik dan evolusi seluruh langit dan semesta alam sekitarnya. Jurusan yang hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, menjadi jurusan yang hanya ada satu di Indonesia dan Asia Tenggara.

Jurusan teknologi Astronomi sendiri di bagi menjadi tiga bidang keahlian yaitu bidang Fisika Bintang, Tata Surya serta Galaksi dan kosmologi. Profesi yang nantinya akan dijalankan untuk mahasiswa lulusan teknologi Astronomi adalah astronom (peneliti) dan
dosen, namun ada juga yang bisa menjadi seorang pengajar, penulis serta jurnalis dan sains komunikator.

Dengan mendalami ilmu teknologi Astronomi ini, seseorang dapat mengetahui lebih dalam akan dunia dan kehidupan di luar angkasa sana.

4. Inovasi dan Bisnis Teknologi

Jurusan teknologi yang ada di Indonesia selanjutnya adalah jurusan Inovasi dan Bisnis Teknologi yang menjanjikan bagi perkembangan ekonomi negara Indonesia.

Selain untuk dimanfaatkan dan digunakan dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari, teknologi yang ada juga bisa menjadi ladang bisnis bagi para kaum pengusaha atau wirausaha yang mau mempelajari dan memproduksi sebuah teknologi yang nantinya akan menjadi sebuah penemuan dan produk teknologi milik mereka sendiri.

Tentunya dalam hal teknologi, hampir semua dari peralatan teknologi yang ada di Indonesia, diimpor dari luar negeri, seperti barang impor dari negara tetangga China dan negara Korea Selatan.

Universitas yang mempunyai jurusan Inovasi dan Bisnis Teknologi di Indonesia ada dua, salah satunya adalah Universitas Diponegoro, jurusan ini baru saja diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) pada tahun 2016 lalu.

Hasil kerja sama antara Universitas Diponegoro dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di era yang semakin
modern ini agar bisa bersaing dengan para pebisnis teknologi dari luar negeri. Hal ini juga dilakukan karena masih banyak bakat-bakat bisnis anak bangsa Indonesia yang masih belum tersalurkan dan terealisasikan dengan baik.