6 Jenis Pekerjaan Part-Time Untuk Tambah Uang Saku

pekerjaan_parttime_2

Kosongan – Tak sedikit remaja yang beranjak dewasa belajar untuk hidup mandiri saat sudah menjadi mahasiswa. Selain mulai mengatur kegiatan akademik sendiri, banyak juga yang memulai dengan hidup sendiri di tempat sewaan. Agar kamu semakin mandiri secara maksimal, mencari pekerjaan sejak dini juga bisa menjadi sumber pemasukan untuk uang sakumu. Selain meringankan beban orang tua, kamu bisa belajar mencari uang selama masih dibangku pendidikan. Rutinitas sehari-harimu akan semakin produktif.

Ada banyak jenis pekerjaan part-time yang bisa kamu pilih sebagai profesi sambilan. Dengan manajemen waktu yang tepat, dijamin jadwal kuliah dan pekerjaan tidak akan berantakan. Ada beberapa pekerjaan yang bisa kamu sesuaikan dengan jurusan yang kamu ambil sebagai ajang praktek kerja. Berikut beberapa jenis pekerjaan part-time untuk menambah uang sakumu.

6 Jenis Pekerjaan Part-Time

1Guru Les atau Tutor

Buat kamu yang memiliki nilai bagus selama sekolah, jangan buang ilmu-ilmu tersebut. Kamu bisa memanfaatkannya kemampuan akademik tersebut untuk menjadi guru les. Kamu bisa memilih tingkatan yang mudah-mudah saja jika tidak ingin repot. Kamu bisa menjadi guru les bagi anak SD dan membantu mereka mengerjaan PR mereka. Jika kamu merasa mampu, menjadi guru les untuk anak SMP dan SMA juga bisa menjadi pilihan. Kamu juga bisa menjadi guru les bahasa Inggris jika kamu memiliki kemampuan pada bahasa tersebut.

Beberapa kampus juga biasanya membuka peluang bagi mahasiswa untuk menjadi tutor atau asisten dosen. Untuk mendapatkan peluag satu ini, kamu harus menjaga IPK-mu agar tetap tinggi dan stabil. Dan pastinya kamu harus memahami materi perkuliahan pada jurusanmu.

2Waiter atau Barista

Jangan cuma suka nongkrong di cafe saja, menjadi waiter dan barista juga bisa menjadi pilihan. Jika kamu kedepannya ingin membuka cafe milikmu sendiri, menjadi waiter bisa menjadi pengalaman awal buat kamu. Tugas waiter diantaranya adalah menyiapkan makanan, menyiapkan minuman, membersihkan cafe, dan terkadang bertugas di kasir pula. Kamu jadi bisa mempelajari sistem kerja cafe dan bagaimana cara menghadapi kemauan konsumen. Pekerjaan ini biasanya dibayar sesuai tarif perjam, jadi bisa kamu sesuaikan dengan jadwal kuliah dan belajar kamu.

Jika kamu pencinta kopi dan ingin mahir membuat kopi, kamu juga bisa menjadi barista cafe. Kamu akan mendapat ilmu cara membuat kopi yang lezat untuk usahamu sendiri kelak.

3Freelance Writer

Bagi kamu yang memiliki kemampuan menulis, menjadi freelance writer bisa menjadi pilihan. Jenis pekerjaan part-time satu ini memiliki waktu yang sangat fleksible karena bisa kamu kerjakan di rumah. Jika ingin menulis yang ringan-ingan saja, banyak website jaman sekarang yang menyediakan lowongan bagi para penulis lepas untuk menulis berbagai niche di website mereka.

Jika ingin mendapat pengalaman dan kemampuan technical writing, kamu bisa mengambil projek yang lebih bersifat penulisan bisnis. Seperti menulis proposal, deskripsi produk, menulis artikel iklan, dan lain-lain.

4Desainer Grafis

Bagi kamu mahasiswa DKV yang jago mendesain, kamu bisa membuka jasa desain untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari jasa desain poster, brosur, name card, e-book, dan masih banyak lagi produk desain lainnya. Kamu juga bisa membuka jasa pembuatan CV bagi teman-teman kamu yang tidak memiliki kemampuan mendesain sepertimu.

Selain menghasilkan pemasukan, kamu juga bisa bekerja sambil belaja. Dengan sering mengerjakan berbagai proyek mendesain, kemampuanmu pastinya akan semakin mengalami peningkatan. Kamu juga bisa belajar mendesain dengan adanya klien. Karena tugas uatam bagi seorang desainer yang berbisinis adalah dapat memenuhi permintaan kliennya, tidak hanya menuruti selera desain pribadi.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang animasi, kamu juga bisa menjadi animator. Kamu bisa membuka jasa pembuatan karakter animasi hingga mencipatkan komik mini sendiri dan dikirimkan ke situs-situs komik online yang sekarang sedang populer. Jika beruntung, karyamu bisa diterima dan setiap terbit kamu akan mendapatkan royalti yang tidak sedikit.

5Fotografer Event

Buat kamu yang punya kamera dan kemampuan memotret, kamu bisa menjadi fotografer event. Kamu bisa membuka jasa foto untuk event pernikahan atau berbagai acara besar lainnya di tempat tinggal kamu. Jika kamu ingin bekerja dengan lebih profesional, kamu bisa bergabung atau melamar sebagai fotografer di studio foto atau event organizer. Jam kerja untuk pekerjaan satu ini biasanya rame hany saat akhir pekan, dan kamu akan langsung menerima upah setelah event selesai. Jam kerja satu ini pastinya sangat fleksible bagi kamu mahasiswa yang hanya kuliah pada hari senin sampai jumat.

6Admin Toko Online

Bisnis toko online sekarang sedang menjamur. Mulai dari toko online kecil hingga yang besar. Toko online besar biasanya memiliki website, social media, dan berbagai akun di toko-toko online besar. Pemilik usaha pastinya tidak sanggup mengerjakaan semua hal itu sendirian dan seringkali memperkerjakan orang untuk mengatur dan melayani konsumen secar online. Ini dia peluang bagi kamu untuk mendapat pekerjaan part-time.

Kemampuan yang kamu butuhkan hanyalah, mampu mengoperasikan media sosial dan paham cara membuat sebuah post menjadi trending atau minimal mendapat banyak like. Selain itu, kamu juga harus paham cara menjalankan akun toko online di website-website besar. Mulai dari cara mem-posting barang, memberikan deskripsi, dan merespon calon pembeli. Kamu juga harus teratur dan teliti saat menerima berbagai pesanan agar tidak salah dan semua pesanan bisa terdokuemn dengan benar.

Carilah jenis pekerjaan part-time yang sesuai dengan keahlian dan waktu kuliahmu. Tetap jalani rutinitas secara seimbang sehingga keduanya bisa bermanfaat bagi kehidupanmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.