Inilah 8 Fakta Menarik Samboja, Ibu Kota Baru Republik Indonesia yang Harus Kamu Ketahui Dari Sekarang

Inilah 8 Fakta Menarik Samboja, Ibu Kota Baru Republik Indonesia yang Harus Kamu Ketahui Dari Sekarang
Inilah 8 Fakta Menarik Samboja, Ibu Kota Baru Republik Indonesia yang Harus Kamu Ketahui Dari Sekarang

Saat ini mencuat kabar mengejutkan dari Presiden Jokowi, terkait dengan Ibu Kota yang akan segera pindah ke Kalimantan. Tentu saja, banyak pro dan kontra akan berita yang sangat menghebohkan ini. Fakta Menarik Ibu Kota Baru saat ini sedang jadi topik hangat dimana-mana. Nah, apakah kamu termasuk orang yang mendukung atau sebaliknya?.

Tentu saja, jika Ibu Kota telah resmi dipindahkan ke Kalimantan, tepatnya di wilayah Samboja, segala sesuatu harus dimulai dari nol lagi. Kamu bisa bayangkan, berapa banyak biaya untuk membangun Ibu Kota yang baru bukan? Ya, tidak akan sedikit dana yang akan keluar. Belum lagi, tahap pembangunannya tidak akan selesai dalam sekejap mata.

8 Fakta Menarik Ibu Kota Baru Yang Dipilih Oleh Presiden Jokowi, Samboja!

Sedangkan kamu tahu sendiri, negara kita ini mempunyai banyak hutang. Belum lagi semua rakyat belum mendapat keadilan yang semestinya, seperti dalam Pancasila ke 5 bukan?. Namun, tentu saja kita harus menghargai pilihan seorang pemimpin negara. Oleh sebab itu, Fakta Menarik Ibu Kota Baru adalah topik yang tidak boleh kamu lewatkan.

Fakta Menarik Ibu Kota Baru yang telah di tetapkan adalah di wilayah Samboja. Jika kamu melihat dalam peta, tentu saja Samboja sangat berbeda dari Jakarta. Namun, Presiden mempunyai alasan tersendiri dan pastinya sudah dipikirkan dengan matang dalam hal ini. Oleh sebab itu, mari kita berkenalan dengan Samboja, bakal Ibu Kota baru yang ada di Kalimantan.

Inilah beberapa Fakta Menarik Ibu Kota Baru yang telah ditetapkan Presiden, yang harus kamu ketahui:

1Letak Geografis yang Strategis

Letak Geografis yang Strategis
Letak Geografis yang Strategis

Nah, Fakta Menarik Ibu Kota Baru yang pertama, sudah pasti karena Letak Geografis yang Strategis. Untuk kamu yang belum tahu, Samboja adalah sebuah kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan. Daerahnya sendiri, mempunyai letak geografis yang sangat strategis, juga berbatasan langsung dengan Balikpapan dan Selat Makassar.

Samboja adalah kecamatan yang berada paling selatan di Kalimantan Timur yang berjarak sekitar 108 KM dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan juga Kota Tenggarong, serta 93 KM dari Kota Samarinda. Kecamatan Samboja sendiri, mempunyai luas wilayah mencapai 1.045,90 kilometer persegi. Dan di kecamatan Samboja dibagi menjadi 23 kelurahan. Jumlah penduduk dari Samboja per tahun 2014 adalah 74.402 jiwa. Angka kepadatan penduduknya 71 jiwa per kilometer persegi. Jadi, kenapa tidak jika Ibu Kota baru pindah ke Samboja?

2Berbatasan dengan Wilayah Hutan Lindung

Berbatasan dengan Wilayah Hutan Lindung
Berbatasan dengan Wilayah Hutan Lindung

Fakta Menarik Ibu Kota Baru yang selanjutnya adalah, Samboja sendiri Berbatasan dengan Wilayah Hutan Lindung. Artinya, berbatasan bukan berarti masuk dalam wilayah hutan lindung. Jangan sampai kamu mengira jika wilayah hutan lindung dan juga kawasan konservasi akan dibuat menjadi Ibu Kota baru, karena sejatinya hanya berbatasan saja.

Namun, ada satu lokasi yang nantinya dijadikan Ibu Kota baru, yakni kawasan hutan produksi. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatrir jika nantinya kawasan konservasi dan hutan lindung bisa tergusur karena pemindahan Ibu Kota. Di kecamatan Sepaku sendiri, ada kawasan hutan yang bisa dialihfungsikan yang nantinya bisa dibangun menjadi Ibu Kota baru. Seperti itulah faktanya.

3Berbatasan dengan Kawasan Rehabilitasi Orangutan

Berbatasan dengan Kawasan Rehabilitasi Orangutan
Berbatasan dengan Kawasan Rehabilitasi Orangutan

Fakta Menarik Ibu Kota Baru yang selanjutnya masih sama seperti di atas. Kamu sudah tahu kan, jika Samboja berbatasan langsung dengan Kota Balikpapan dan juga Selat Makassar?. Kecamatan tersebut memang terkenal sebagai wilayah konservasi hutan lindung yang bernama Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, dan letaknya berbatasan dengan Ibu Kota baru nanti. Selain itu, Ibu Kota baru letaknya pun berada di perbatasan kawasan rehabilitasi orangutan yang berada di Wanariset Samboja. Jadi, Presiden dan pemerintahan lain, bisa lebih sering mengawasi pelestarian yang ada di sana bukan?

4Kaya Akan Destinasi Wisata Alam

Kaya Akan Destinasi Wisata Alam
Kaya Akan Destinasi Wisata Alam

Nah, kalau Fakta Menarik Ibu Kota Baru yang satu ini sudah pasti diketahui banyak orang. Seperti yang kamu tahu, jika di Kalimantan banyak destinasi wisata alam yang sangat indah. Jika kamu berkunjung ke Samboja, kamu tidak akan kehabisan tempat jalan-jalan karena banyak sekali tempat wisata di sana.

Pantai Tanah Merah dan juga Pantai Tanjung Harapan, adalah dua dari banyaknya wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Kamu juga bisa datang ke Taman Wisata Hutan Rintis Wartono Kadri, lalu ke Taman Wisata Lamin Etam Ambors, dan juga ke Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, yang berbatasan dengan Ibu Kota baru.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke Waduk Samboja, lalu ke Bukit Bangkirai, hingga jalan-jalan ke Bekantan Sungai Hitam. Selain itu, masih banyak lagi destinasi wisata alam lainnya. Kalimantan kaya akan sumber daya alam yang memang dilestrikan dan harus di jaga, jadi tidak ada salahnya jika Ibu Kota baru berada di sana.

5Daerah Produsen Minyak Bumi

Daerah Produsen Minyak Bumi
Daerah Produsen Minyak Bumi

Lalu, Fakta Menarik Ibu Kota Baru yang selanjutnya adalah, karena Samboja merupakan Daerah Produsen Minyak Bumi. Samboja adalah penghasil minyak bumi dan gas alam atau dengan kata lain migas. Tahukah kamu jika tiga perusahaan migas multinasional yang beroperasi di wilayah ini, adalah perusahaan milik Pertamina Hulu Mahakam PHM, lalu Pertamina EP, ENI muara bakau VICO Indonesia, dan juga milik Chevron. Oleh karena itu, Samboja juga dikenal sebagai daerah penghasil migas terbesar yang sangat penting yang ada di Kutai Kartanegara. Keren ya!

6Mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Gas

Mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Gas
Mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Gas

Nah, Fakta Menarik Ibu Kota Baru ini, selain penghasil migas terbesar, kecamatan yang satu ini pun uniknya telah Mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Gas. Selain itu, kamu tidak usah khawatir karena pasokan listrik sudah ada di sana. Begitulah, semua hal penting bagi negara sudah ada di sana, jadi apalagi bukan?

7Infrastruktur Lengkap

Infrastruktur Lengkap
Infrastruktur Lengkap

Sudah pasti karena Infrastruktur Lengkap, merupakan salah satu Fakta Menarik Ibu Kota Baru yang satu ini. Ya, infrastruktur yang ada di Samboja terbilang sudah lengkap,  seperti pelabuhan dan juga akses jalan sudah tersedia. Meski beberapa tol masih dalam proses pengerjaan, tidak ada yang tidak mungkin jika Samboja kelak bisa seperti di Jakarta. Yang jelas, pembangunan yang akan membuat Samboja semakin indah dan lengkap dengan infrastrukturnya.

8Minim Konflik Sosial

Minim Konflik Sosial
Minim Konflik Sosial

Nah, Fakta Menarik Ibu Kota Baru yang satu ini, katanya di sana Minim Konflik Sosial. Tidak sedikit masyarakatnya yang mayoritas adalah pendatang dari luar pulau, seperti Jawa dan Sulawesi. Meskipun banyak masyarakat yang berasal dari kota yang berbeda-beda, mereka bisa hidup rukun dan damai. Mereka pun terkenal akan keterbukaannya kepada orang asing atau pun pendatang. Jadi, bisa dikatakan di Samboja konflik sosial tergolong minim. Mungkin ini salah satu pertimbangan yang bagus.

Nah, itulah beberapa Fakta Menarik Ibu Kota Baru, yang harus kamu ketahui dari sekarang. Kamu pasti penasaran bukan dengan Samboja di masa mendatang? Akan seperti apakah? Yang jelas, sebagai Rakyat yang baik, kita hanya bisa mendukung dan mendo’akan yang terbaik untuk bangsa ini.