Inilah 8 Fakta Menarik Mobil Esemka, yang Baru Saja Diluncurkan Secara Resmi Oleh Jokowi

Inilah 8 Fakta Menarik Mobil Esemka, yang Baru Saja Diluncurkan Secara Resmi Oleh Jokowi
Inilah 8 Fakta Menarik Mobil Esemka, yang Baru Saja Diluncurkan Secara Resmi Oleh Jokowi

Apakah kamu masih ingat, jika Presiden Jokowi pernah memperkenalkan mobil Esemka kala ia masih menjadi Wali Kota Solo?. Mobil Esemka, merupakan karya anak SMK yang menjadi bahan kampanye saat Jokowi berlaga dalam Pilpres 2014 yang lalu. Sempat menghilang, mobil Esemka hadir kembali baru-baru ini. Fakta Menarik Mobil Esemka pun, tentunya menjadi perbincangan hangat di mana-mana.

8 Fakta Menarik Mobil Esemka yang Dulu Pernah Menghilang dan Sempat Viral

Sempat banyak yang mempertanyakan kemana perginya mobil Esemka, yang menghilang bak ditelan bumi. Tanpa diduga-duga, sekarang mobil karya anak bangsa tersebut hadir kembali dalam bentuk nyata. Akhirnya, mobil Esemka diresmikan produksinya oleh Presiden Jokowi pada hari Jumat kemarin, di Desa Demangan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Mobil besutan PT Solo Manufaktur Kreasi ini, sempat dikembangkan pada tahun 2007 lalu. Namun, mobil Esemka sempat tidak lolos uji emisi gas buang karena dinilai terlalu tinggi di tahun 2010 lalu. Sehingga produksinya sempat tertunda. Sekarang, mobil Esemka sedang dalam tahap produksi untuk dipasarkan di tanah air.

Dengan kembalinya mobil Esemka, kamu harus menyimak beberapa berita mengenai Fakta Menarik Mobil Esemka yang ada di bawah ini:

1Mobil Esemka Merupakan Produk Dalam Negeri

Mobil Esemka Merupakan Produk Dalam Negeri

Fakta Menarik Mobil Esemka yang pertama, sudah pasti banyak yang mengetahuinya. Jika mobil yang satu ini, adalah produk dalam negeri. Saat Jokowi tiba di pabrik mobil Esemka, ia langsung melihat-lihat proses produksinya selama kurang lebih 30 menit. Tak ketinggalan, Jokowi bersama Menteri Perindustrian yakni Airlangga Hartarto dilanjutkan melakukan test drive mobil Esemka Bima 1.200 CC berjenis pikap.

Jokowi mengklaim jika mobil Esemka adalah mobil buatan dalam negeri yang harus didukung. Agar mobil Esemka tidak kalah dengan mobil-mobil produk luar yang sudah lama ada di pasaran Indonesia. Meskipun ia mengakui jika tidaklah mudah bertarung dalam dunia otomotif dengan banyaknya kompetitor sekarang ini. Jokowi menyarankan agar masyarakat Indonesia wajib membeli mobil Esemka, daripada mobil buatan luar.

2Diklaim Bukan Mobil Nasional

Diklaim Bukan Mobil Nasional
Diklaim Bukan Mobil Nasional

Lalu, ada Fakta Menarik Mobil Esemka yang lainnya. Nah, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi yakni Eddy Wirajaya sendirilah yang mengklaim dan menegaskan jika mobil Esemka bukanlah mobil nasional. Pernyataan tersebut ia sampaikan dihadapan Jokowi setelah Jokowi selesai meresmikan produksi mobil Esemka.

Mobil Esemka yang merupakan produk karya anak bangsa, menjadi inspirasi awal dan semangat baru yang kemudian ia tuangkan dalam PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka). Dengan begitu, PT Solo Manufaktur Kreasi sudah sangat berani dan bersemangat masuk ke pasaran, di tengah banyaknya kompetitor di bidang tersebut karena adanya mobil Esemka, ia optimis.

3Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan

Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan
Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan

Fakta Menarik Mobil Esemka yang selanjutnya tak kalah penting. Menteri Perindustrian yakni Airlangga Hartarto, juga sangat menyambut positif dengan munculnya sebuah  pabrik otomotif di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah itu. Bagaimana tidak, jika kamu telaah baik-baik, pendirian pabrik PT Manufaktur Kreasi (Esemka) tersebut, diyakini nantinya mampu menyerap banyak tenaga kerja dalam jumlah yang banyak.

Karena, selama ini klaster otomotif biasanya banyak terdapat di Jawa Barat saja, tidak dengan Jawa Tengah. PT Esemka menjadi pionir pabrik otomotif pertama di Jawa Tengah. Oleh karena itu, dengan adanya produksi mobil Esemka tentu dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan lebih banyak bagi masyarakat di Jawa Tengah dan sekitarnya.

4Spesifikasi yang Mumpuni

Spesifikasi yang Mumpuni
Spesifikasi yang Mumpuni

Nah, Fakta Menarik Mobil Esemka yang satu ini pun tidak kalah penting. Saat membeli sebuah barang apapun, pastilah kamu menelaah terlebih dahulu apa sajakah keunggulan barang tersebut. Sama halnya dengan mobil Esemka ini, kedua mobil Esemka mempunyai beberapa perbedaan. Mobil Esemka jenis pick-up Bima 1.2 mempunyai kapasitas mesin sebesar 1.200 cc.

Sedangkan mobil Esemka Bima 1.3 mempunyai kapasitas mesin sebesar 1.300 cc, dengan dilengkapi teknologi Single Over Head Camshaft (SOHC). Bukan hanya kubikasi mesin, perbedaan antara Bima 1.2 dan juga 1.3 ini, terletak pada kapasitas ruang kargonya. Bima 1.3 mempunyai ruang kargo dengan dimensi yang lebih besar dari Bima 1.2. Selain itu, kedua mobil pikap tadi pastinya menggunakan mesin yang sama dengan bahan bakar bensin. Hal tersebut, juga dipastikan untuk kemudahan dalam perawatan yang dianggap lebih fleksibel dibandingkan dengan diesel.

5TKDN Sudah Mencapai 60 Persen

TKDN Sudah Mencapai 60 Persen
TKDN Sudah Mencapai 60 Persen

Fakta Menarik Mobil Esemka yang selanjutnya, tentu saja karena mobil Esemka TKDN atau tingkat komponen dalam negerinya sudah mencapai 60 persen. Yang dikatakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tersebut. Jokowi juga menilai, jika kualitas kedua mobil yang baru saja diluncurkan tersebut cukup baik.

Jokowi sangat yakin, karena sudah melihat proses produksinya, baik assembly line, finishing line dan juga pengujian mesin yang sudah baik. Bahkan, Jokowi meminta aspek pemasaran mobil Esemka ini segera diperkuat.

6Jokowi Meyakini Mobil Esemka Akan Laku Keras

Jokowi Meyakini Mobil Esemka Akan Laku Keras
Jokowi Meyakini Mobil Esemka Akan Laku Keras

Nah, Fakta Menarik Mobil Esemka yang selanjutnya yakni Jokowi sangat optimistis jika mobil Esemka Bima 1.200 cc nantinya bisa laris di pasaran. Menurutnya, mobil pikap itu ditawarkan dengan harga yang kompetitif, dengan banyak keunggulan. Harganya yang berkisar sekitar Rp 95 juta terbilang murah.

Meski mempunyai harga yang kompetitif, mobil Esemka akan tetap mengedepankan aspek pemasaran dan kualitas. Tanpa pemasaran, produksi mobil lokal bisa saja kalah saing dengan mobil luar yang sudah lama ada di industri otomotif nasional ini. Sudah ada 12 tipe mobil yang lulus uji, namun yang diproduksi baru dua jenis saja.

7Diyakini Mampu Dibanjiri Pesanan dari Pedesaan

Diyakini Mampu Dibanjiri Pesanan dari Pedesaan
Diyakini Mampu Dibanjiri Pesanan dari Pedesaan

Lalu, Fakta Menarik Mobil Esemka yang satu ini tak kalah menarik. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi justru mengatakan, jika dua mobil Esemka yang produksi pertama tentu difokuskan untuk armada angkutan barang. Jelas saja, baik itu untuk di perkotaan maupun di pedesaan. Mobil Esemka untuk di pedesaan, selain bisa digunakan sebagai mobil angkutan barang, bisa digunakan juga untuk angkutan orang.

Dengan hadirnya kembali mobil karya dalam negeri ini, tentu saja disambut baik sejumlah desa yang ada di Indonesia. Mobil Esemka diyakini bisa mencukupi dan memadai untuk produk-produk pertanian di desa-desa. Dan juga sudah ada 60 unit yang merupakan pesanan dari sejumlah desa di Bengkulu dan juga Kalimantan.

8Mampu Bersaing Dengan Produk Luar

Mampu Bersaing Dengan Produk Luar
Mampu Bersaing Dengan Produk Luar

Fakta Menarik Mobil Esemka yang satu ini, sudah pasti semua yang terlibat harus optimis jika mobil Esemka bisa bersaing dengan produk-produk luar. Jokowi juga berharap PT Esemka dan perusahaan-perusahaan swasta lainnya, bisa berkompetisi dan juga bersaing dengan produk-produk lainnya. Apalagi produk-produk dari luar negeri. Ia mengatakan, jika kuncinya harus mempunyai kualitas dan juga harga yang baik. Dengan begitu, masyarakat pasti akan membeli.

Nah, itulah beberapa berita mengenai Fakta Menarik Mobil Esemka yang harus kamu ketahui. Pasalnya, mobil tersebut adalah produksi dalam negeri. Kamu harus mencintai produk-produk Indonesia, dengan cara mendukung mobil Esemka. Jika suatu saat nanti kamu hendak membeli mobil, kenapa tidak memilih mobil Esemka saja bukan?.