Indonesia Jadi Calon Tuan Rumah MotoGP 2021, Inilah 8 Fakta Menarik KEK Mandalika yang Harus Kamu Ketahui

Indonesia Jadi Calon Tuan Rumah MotoGP 2021, Inilah 8 Fakta Menarik KEK Mandalika yang Harus Kamu Ketahui
Indonesia Jadi Calon Tuan Rumah MotoGP 2021, Inilah 8 Fakta Menarik KEK Mandalika yang Harus Kamu Ketahui

Menurut kabar, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara MotoGP 2021 nanti. Hal tersebut, tentu saja menjadi kebanggaan bagi tanah air ini, menjadi tuan rumah sebuah balapan bergengsi. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui beberapa Fakta Menarik KEK Mandalika, yang akan jadi tuan rumah MotoGP 2021nanti.

8 Fakta Menarik KEK Mandalika yang Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021

Jika MotoGP 2021 nanti berlangsung di KEK Mandalika, tentu saja kamu bisa menonton MotoGP secara langsung, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Atau, jika kamu merasa kurang greget jika terus menonton lewat tv saja, kamu bisa langsung terbang ke KEK Mandalika. Menonton MotoGP secara langsung, pasti lebih greget bukan?.

Fakta Menarik KEK Mandalika memang patut kita bahas, mengingat kawasan ini akan menjadi tuan rumah MotoGP dan Superbike di tahun 2021 nanti. Hal tersebut, bisa membuat KEK Mandalika ikut terkenal hingga ke seluruh dunia, dan otomatis mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Oleh karena itu, simak saja dulu beberapa Fakta Menarik KEK Mandalika yang ada di bawah ini:

1Jadi Tuan Rumah Balapan MotoGP 2021

Jadi Tuan Rumah Balapan MotoGP 2021
Jadi Tuan Rumah Balapan MotoGP 2021

Fakta Menarik KEK Mandalika yang pertama, sudah pasti sama seperti judul yang ada di atas. KEK Mandalika sudah ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggara MotoGP dan juga Superbike di tahun 2021 mendatang. Tentu saja hal ini berdasarkan kesepakatan yang telah dilakukan oleh Dorna, sebagai penyelenggara balapan MotoGP dan juga Superbike. Serta Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pada bulan Februari yang lalu.

Sirkuit yang nantinya dijadikan ajang balap MotoGP itu, berada di KEK Mandalika yang mempunyai konsep seperti sirkuit jalanan. Pembangunan sirkuit tersebu, direncanakan akan rampung pada tahun 2020 nanti. Yang artinya, pada tahun 2020 nanti, kamu sudah bisa melihat sirkuit jalanan di KEK Mandalika yang sesungguhnya. Kamu pasti bangga bukan?.

2Mandalika Merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Mandalika Merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Ya, Fakta Menarik KEK Mandalika yang tak lain adalah singkatan dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Yang menetapkannya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, tak lain adalah Presiden Joko Widodo. Selain itu, Mandalika sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata prioritas atau juga “10 Bali Baru” oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kita.

Mandalika mempunyai luas sebesar 1.034 hektar, yang dibangun untuk menunjukkan kepada dunia bahwa keindahan Indonesia tidak hanya berada di Bali saja. Tetapi juga keindahan Indonesia berada di semua sisi, termasuk di Mandalika, Lombok. Sebelum dibangun menjadi KEK, Mandalika memang sudah terkenal sangat indah pesona alamnya.

3KEK Mandalika Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar

KEK Mandalika Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar
KEK Mandalika Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar

Nah, Fakta Menarik KEK Mandalika yang selanjutnya ini, sangat berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Dengan ditetapkannya KEK Mandalika menjadi kawasan wisata skala besar tadi, secara otomatis akan ikut meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Bukan tidak mungkin, karena nantinya akan banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, ya diprediksi sejumlah 58 ribu orang kurang lebih banyaknya. Sehingga dengan dibukanya banyak lapangan pekerjaan, secara otomatis akan ikut meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat yang ada di KEK Mandalika. Dan perekonomian masyarakat di sekitarnya juga akan ikut  meningkat.

4Jadi Salah Satu Alternatif Liburan di NTB

Jadi Salah Satu Alternatif Liburan di NTB
Jadi Salah Satu Alternatif Liburan di NTB

Dengan ditetapkannya menjadi calon “Bali baru”, KEK Mandalika terus dikembangkan sebagai destinasi wisata prioritas. Sejauh ini, sudah ada delapan investor yang tertarik membangun hotel dan juga resor di sana. KEK Mandalika sekarang ini, telah siap menjadi destinasi liburan alternatif bagi kamu, yang hendak berlibur ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jadi untuk kamu yang ingin liburan ke Lombok, jangan hanya mampir ke Pulau Komodo atau Gili Trawangan saja ya, kamu menyempatkan untuk berkunjung ke KEK Mandalika juga. Dengan berbagai wisata alamnya yang indah, yang tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya yang ada di NTB.

5Banyak Destinasi Wisata di Sekitar KEK Mandalika

Banyak Destinasi Wisata di Sekitar KEK Mandalika

Fakta Menarik KEK Mandalika yang satu ini, masih sama dengan fakta sebelumnya. Yakni, saat kamu berlibur ke Mandalika, kamu bisa sekalian tur desa adat juga. Karena,  tidak jauh dari KEK Mandalika, ada Desa Adat Sade dan juga Desa Adat Ende khas masyarakat Sasak.

Kedua desa adat tersebut,  mempunyai keindahan alam dan keunikan budaya yang bisa kamu nikmati saat liburan di sana. Selain itu, KEK Mandalika juga dekat dengan pantai Tanjung Aan, lalu dekat dengan Bukit Merese, dan juga Batu Payung yang sangat indah untuk kamu jika ingin menikmati matahari terbenam.

6Jokowi Sempat Ngevlog di KEK Mandalika

Jokowi Sempat Ngevlog di KEK Mandalika

Presiden Indonesia, yakni bapak Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa pak Jokowi, belum lama ini, sempat ngevlog saat beliau mengunjungi KEK Mandalika. Dalam vlognya tersebut, beliau bersama dengan Gubernur NTB kala itu, Tuan Guru Bajang berada di depan hamparan laut biru di KEK Mandalika. Dalam vlognya, beliau dan KEK Mandalika siap menyambut siapapun untuk berwisata di KEK Mandalika.

7Ada Kisah Dibalik Nama Mandalika

Ada Kisah Dibalik Nama Mandalika
Ada Kisah Dibalik Nama Mandalika

Fakta Menarik KEK Mandalika yang satu ini, bahwa ada sebuah kisah dibalik nama Mandalika itu sendiri. Konon nama Mandalika berasal dari kisah turun-temurun rakyat yang telah terkenal di Suku Sasak, Lombok. Dalam kisah tersebut, menceritakan tentang seorang putri yang cantik bernama Mandalika, ia banyak diperebutkan oleh para lelaki.

Saking banyak lelaki yang ingin menikahinya, ia akhirnya tidak kuat menghadapinya. Kemudian, Mandalika memutuskan untuk bunuh diri dengan cara menjatuhkan dirinya  ke laut, untuk menghidari konflik tersebut. Sejak saat, daerah tersebut dinamakan dengan Mandalika untuk menghormati kematian sang putri.

Uniknya, ada sebuah fenomena unik di Pantai Mandalika, tempat sang putri bunuh diri tersebut. Yang terkadang di pantai tersebut, muncul banyak cacing laut yang bisa menyala pada malam hari. Namun, keunikan itulah yang menjadi salah satu daya tarik utama di KEK Mandalika ini.

8Sempat Tidak Terdeteksi Oleh Google Maps

Fakta Menarik KEK Mandalika yang terakhir ini, cukup mengagetkan juga. Pasalnya, Google Maps yang merupakan sebuah aplikasi peta digital, tidak dapat mendeteksi lokasi KEK Mandalika. Saat menggunakan Google Street View, yang muncul  hanya berupa tanah kosong saja. Hal tersebut dikarenakan pembangunan KEK Mandalika berjalan sangat lama, selama 29 tahun lamanya KEK Mandalika dibangun.

Namun, pada tahun 2019 ini kamu sudah bisa melihat KEK Mandalika di Google Maps secara langsung, baik menggunakan Google Street View. Jadi, untuk kamu yang ingin berkunjung ke KEK Mandalika, tidak usah takut nyasar ya.

Nah, itulah beberapa Fakta Menarik KEK Mandalika yang nanti akan menjadi calon tuan rumah penyelenggara balapan MotoGP dan juga Superbike, di tahun 2021 nanti. Seru bukan, jika Indonesia nantinya mempunyai sebuah sirkuit kelas MotoGP yang sudah pasti kualitasnya berkelas dunia?. Kamu dan warga Indonesia lainnya pastinya bangga dengan hal tersebut. Dan, tahun 2021 mendatang, kamu sudah bisa menonton MotoGP secara langsung di Lombok!