Inilah 4 Ilmuwan asal Indonesia yang Membuat Penemuan Fenomena di Dunia!

Inilah 4 Ilmuwan asal Indonesia yang Membuat Penemuan Fenomena di Dunai!

Kosongan – Kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia tak kalah dengan negara lain. Banyak orang-orang hebat asal Indonesia mampu menciptakan atau menemukan produk yang belum pernah ada di negara-negara dunia.Dengan demikian, temuan-temuannya tersebut bisa tembus ke pasar internasional. Berikut adalah empat ilmuwan Indonesia yang menciptakan produk spektakuler.

1. Sedyatmo

Sedyatmo dikenal sebagai orang yang menemukan “Konstruksi Cakar Ayam” pada 1962.
Temuan Sedyatmo awalnya digunakan dalam pembuatan apron Pelabuhan Udara Angkatan Laut Juanda, Surabaya, landasan bandara Polonia, Medan dan landasan Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.Fondasi yang dibuatnya mampu mengurangi hingga 75 persen tekanan pada permukaan tanah di bawahnya dibandingkan dengan fondasi biasa.

2. Warsito Purwo Taruno

Warsito Purwo Taruno merupakan pencipta teknologi Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT). Pada 2004, prototipe ECVT lahir. Meski masih prototipe, temuannya segera menjadi incaran sejumlah perusahaan minyak terkemuka di Amerika Serikat dan lembaga antariksa NASA. Sebab, teknologi temuan Warsito mengungguli kemampuan CT scan dan MRI. Warsito kemudian mematenkan karya teknologi pemindai 4D pertama di dunia itu di Amerika Serikat pada lembaga paten internasional PTO/WO.

3. Yogi Ahmad Erlangga

Yogi Ahmad Erlangga adalah seorang ilmuwan muda Indonesia peraih gelar doktor dari Universitas Teknologi Delft, Belanda. Gelar ini diraihnya pada usia 31 tahun.
Yogi berhasil menemukan solusi atas Persamaan Helmholtz pada Desember 2005. Metode baru yang ditemukannya untuk menyelesaikan Persamaan Helmholtz membuat banyak perusahaan minyak dunia bergembira.

Sebab, dengan metode temuan Yogi, perusahaan minyak dapat lebih cepat dalam menemukan sumber minyak di perut bumi. Rumus ini juga bisa diaplikasikan di industri radar, penerbangan, dan kapal selam. Selain itu, Persamaan Helmholtz juga telah diterapkan untuk teknologi Blu-ray, sehingga keping Blu-Ray bisa memuat data dalam jumlah yang jauh lebih besar.

4. Khoirul Anwar

Khoirul Anwar dikenal sebagai pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Penemuan ini mendapat award sebagai Best Paper untuk kategori Young Scientist pada Institute of Electrical. Selain itu, juga mendapat penghargaan di Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC) 2010-Spring yang digelar 16 hingga 19 Mei 2010, di Taiwan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.