Suka Membuat Catatan, Manfaat dan Cara Menjadikannya Kebiasaan Seperti Orang Sukses

Seorang pencatat yang rajin bukanlah suatu kesalahan atau pun kejelekan di mata orang lain. Dengan kebiasaan membawa buku catatan kecil dan pena bisa membantu dalam banyak hal. Barang ini bisa digunakan untuk menulis catatan dari pembicaraan penting, menangkap ide saat mengikuti seminar dan menjadi tempat untuk menuliskan ide.

Mencatat dapat membantu kamu untuk mengeluarkan apa yang sedang kamu pikirkan dan dituang di atas kertas. Hal ini juga membuat kamu bisa mengambil tindakan dari apa yang telah kamu tulis. Catatan ini menjadi referensi kreatif untuk membangun ide dari yang sudah ada dan membantu meningkatkan manajemen waktu dan produktivitas.

Nah, di sini kami akan memperlihatkan seberapa pentingnya mencatat hal penting dan bagaimana agar kamu bisa mulai membuat catatan, menjadikannya sebagai kebiasaan dan maju selangkah mendekati tujuan yang ingin kamu capai.

Siapa sih orang-orang sukses yang hobi mencatat?

Seni mencatat adalah kebiasaan umum di antara orang-orang paling sukses di dnuia. Mencata dapat membantu kamu mengatur pikiran dan mencatat informasi penting di setiap area bisnis dan kehidupan.

Richard Branson, seorang industrial asal Inggris yang telah mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group percaya setiap orang harus mengambil catatan dan membawa buku bersamanya. Dia menyebut catatan sebagai salah satu kebiasaannya yang paling penting.

Berikut beberapa orang sukses yang suka mencatat :

  • Thomas Edison – Selama hidupnya Thomas Edison telah mencatat lebih dari 5 juta halaman. Keterampilan pencatatannya dikembangkan untuk memastikan bahwa segala sesuatu yang berguna atau penting telah direkam dan diabadikan sehingga dapat dirujuk kembali untuk proyek di masa depan.
  • Bill Gates – Menurut banyak laporan, Bill Gates adalah pencatat yang hebar dan lebih suka menggunakan notebook kuning dan pena untuk menangkap informasi penting.
  • George Lucas – Direktur Star Wars menyimpan sebuah buku catatan saku dikantongnya setiap saat untuk menuliskan ide, pemikiran, dan sudut cerita.
  • Tim Ferris – Enterpreneur dan author Tim Ferris menmbuat catatan tulisan tangan yang memungkinkan dia untuk mengingat bagian terpenting dalam hidupnya. Dia membuat sebuah kutipan dengan mengatakan, “Aku percaya pena paling lebih lebih baik dari ingatan terkuat.”

Pencatat penting hadir dari masa lalu dan masa sekarang termasuk Ernest Hemingway, Mark Twain, Pablo Picasso, Sheryl Sandberg, J.K. Rowling, Bruce Springstenn, dan Aaron Sorkin.

Mengapa menulis catatan sesuatu yang penting?

Mencatat adalah bagian penting dari kesuksesan dalam bisnin dan kehidupan. Hal ini dapat membantu kamu meningkatkan cara mendengar, belajar, memvisualisasikan, dan menciptakan. Tetapi bagi sebagian orang, mencatat masih masih tidak digemari walau banyak manfaatnya.

Ada beberapa alasan mengapa menulis catatan itu penting :

  • Membantu kamu menekankan poin-poin penting dan membuatnya jelas dalam pikiranmu sendiri.
  • Membantu kamu terlibat dengan konten pada level yang lebih dalam saat pertemuan, kuliah atau acara lain dan tidak kehilangan konsentrasi.
  • Membantu kamu untuk membuat hubungan antara pemikiran dan gagasan terkait.
  • Biarkan kamu mengilustrasikan catatan yang ditulis sehingga sesuai dengan gaya masing-masing dan membantu mengingat informasi.
  • Membantu kamu meringkas informasi.
  • Biarkan kamu membuat catatan apa yang ingin kamu pahami dan dalami untuk masa mendatang.
  • Membantu kamu menangkap pemikiran atau ide sederhana yang bisa terlupakan.

12 Manfaat mencatat

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat yang didapat jika kamu memiliki kebiasaan / hobi mencatat :

1. Bebaskan dirimu dari informasi yang berlebihan

Tentu saja ada begitu banyak hal yang terlintas dalam pikiranmu pada suatu waktu sehingga terasa agak kewalahan di pikiranmu. Jadi, tuangkan idemu, pikiran, frustrasi, tuliskan daftar semuanya sehingga hilang dari pikiran. Kemudian, kamu dapat menghabiskan waktu untuk membaca kembali catatanmu dan memutuskan hal menarik mana yang menjadi prioritas untuk dikerjakan.

2. Membuat kamu menjadi pendengar yang lebih baik

Ketika kamu terlibat dalam sesuatu yang melibatkan pendengaran, baik dalam pertemuan, seminar atau nongkrong dengan teman, otakmu disetel untuk menerima dan mengingat sesuatu. Daripada informasi yang seharusnya disimpan terbuang sia-sia, Kamu dapat membuat catatan. Daripada bingung dengan apa yang baru didengarkan, kamu dapat membuat catatan sembari mendengarkan percakapan.

3. Membuat semuanya teras lebih nyata

Sesutau yang ajaib akan hadir saat kamu mencatat. Kata-kata tersebut akan menghasilkan kekuatan baru dan itu membantu kamu memastikan bahwa tindakanmu sepenuhnya melibatkan otak. Membuat catatan sembarangan tidak akan membantu kamu. Mengubah catatan tersebut menjadi ide yang bisa dikerjakan barulah hal yang benar-benar penting.

4. Atur pikiranmu untuk menangkap informasi penting

Ketika mencatat mulai menjadi kebiasaan, kamu akan memulai merasa secara alami untuk membuat catatan selama pertemuan. Sebuah catatan atau ide sederhana bisa berubah menjadi sesuatu yang jauh lebih besar. Richard Branson telah mengatakan bahwa jika dia tidak pernah menulis catatan dari kerjanya di masa lalu, banyak perusahaan dan proyek Virgin yang tidak akan pernah dimulai.

5. Membuat kamu menjadi pembaca yang lebih efisien

Baik membaca buku untuk pengembangan pribadi atau bisnis, pencatatan benar-benar dapat membantu mempertahankan fokus dan memberi kamu kemampuan untuk mempertahankan kutipan, proses, atau teknik berpikir yang penting. Membuat tanda atau menggarisbawahi buku memang bisa dilakukan, tapi kesempatan untuk berpikir dan menarik keluar inti-inti kunci dari buku akan mudah didapat jika kamu adalah seorang dengan kebiasaan mencatat.

6. Meningkatkan ingatan

Manusia cenderung kehilangan hampir 40% informasi baru dalam 24 jam pertama setelah membaca atau mendengarnya. Jadi, pencatatan yang efektif dapat membantu kamu mempertahankan dan mengambil hampir 100% informasi yang kamu terima. Ketika kamu menulis catatan tangan, kamu menulis dan mengatus saat berpikir, yang memaksa pemikiranmu untuk memproses informasi dengan cara yang lebih dalam.

7. Membantumu mengatur pikiran dengan lebih baik

Satu tantangan yang dimiliki orang-orang dengan mencatata adalah untuk dapat mengaturnya dengan cara yang dapat kamu rujuk kembali nanti. Catatan saja tidak cukup. Kamu harus meninjau kembali catatan dan memasukkan informasi penting di pikiranmu. Jika catatannya berantakan, tentu akan sulit dilakukan. Untuk membuat proses ini lebih sederhana, kamu dapat menyimpan semua catatan di tempat yang sama, menyamakan formatnya dan meninjau setiap seminggu atau dua minggu sekali.

8. Meningkatkan rentang perhatian

Ketika kamu memiliki buku catatan dan pena bersamamu, kamu menjadi lebih aktif dan terlibat dalam lingkunganmu. Kamu akan lebih fokus dan lebih perhatian. Ketika kamu mengembangkan keterampilan mencatat, kamu menjadi lebih terlibat, tertarik dan mencacat informasi yang ingin kamu ambil. Kemudian, kamu dapat menyaring, menyortir, dan mengatur catatan kamu untuk meningkatkan pengalaman belajar atau berpikir untuk mengembangkan ide-ide yang lebih besar.

9. Melatih untuk menangkap hanya informasi yang penting

Mencatat membuat kita menjauh dari mentranskripsikan semua yang kita dengan di pertemuan atau kelas. Dengan menyiapkan pulpen dan buku kecil, pikiran memulai untuk menyesuaikan dengan hal-hal atau ide-ide yang penting. Kita dapat menfilter ‘gangguan’ dan fokus pada poin yang paling relevan, kata kunci atau ide yang dapat dibangun atau dirujuk kembali.

10. Membantu mengajukan pertanyaan yang lebih baik

Jika kamu sedang rapat dan bersamaan dengan membuat catatan, pikiran bisa mulai terbuka dan proses berpikir akan meluas. Kamu mulai melihat koneksi yang mungkin terlewatkan jika tidak menulis catatan tertentu. Hal ini membantu kamu mengajukan pertanyaan yang lebih baik karena mungkin memerlukan sesuatu untuk diperjelas lebih lanjut atau telah membuka ide baru yang ingin dijelajahi lebih dalam.

11. Membuatmu menjadi pelajar yang lebih aktif

Tindakan fisik dalam menulis sesuatu dapat membantu menjelaskan pemikiran dan gagasan yang ada dalam pikiranmu. Begitu semuanya ditulis, ada bentuk stimulasi mental dan koneksi di dalam pikiran yang membuatmu akan ingat dengan sendiri dari hal yang telah kamu catat.

12. Membantu kamu mencapai tujuan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa proses mencatat membantu orang untuk meningkatkan pembelajaran dan mencapai tujuan mereka. Salah satu filosofi Brian Tracy untuk pencapaian tujuan sering membuat kita berantakan karena komitmen pada yang kita dituliskan berlawanan dengan apa yang kita katakan.

Seorang profesor dari California baru-baru ini mempelajari seni dan ilmu pengetahuan tentang penetapan tujuan. Dia menemukan bahwa orang yang secara teratur menuliskan tujuannya 42% lebih memungkinkan untuk sukses menggapai tujuan dan impiannya. Kamu hanya cukup menulisnya secara teratur.

Cara menjadikan mencatat adalah sebuah kebiasaan

Menjadikan mencatat suatu kebiasaan dapat membuat kamu lebih fokus, lebih produktif, dan lebih kreatif. Hal ini dapat membantu kamu menangkap semua pemikiran, ide, dan menyimpan informasi yang dapat membantu kamu meraih kesuksesan.

Tetapi bagaimana kita dapat menjadikan kebiasaan mencatat dalam kehidupan sehari-hari kita untuk memastikan bahwa itu berfungsi dengan baik di ruang rapat, pertemuan, kelas atau di mana pun kamu menghabiskan waktumu?

1. Investasikan dalam buku catatan

Luangkan sedikit waktu untuk menemukan buku catatan yang kamu sukai. Notebook hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna, jadi ini tentang menemukan yang cocok dengan seleramu. Kebiasaan orang akan menggunakan campuran moleskine dan notebook kulit. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan buku catatan itu dan menulis di dalamnya, maka itu akan tetap tersembunyi karena ukurannya yang mini dan gampang dibawa kemana-mana.

2. Simpan catatanmu di tempat yang sama

Untuk memastikan catatan yang kamu buat teratur dan direferensikan dengan mudah, simpan di satu tempat yang sama. Kamu dapat memilih untuk memiliki buku catatan untuk berbagai situasi dan pengalaman belajar. Mungkin untuk ide, kamu bisa memiliki satu untuk kerja dan untuk belajar. Dan buku lainnya bisa digunakan untuk pengembangan pribadi. Lebih baik untuk menyimpan semua catatan di satu tempat tetapi mudah untuk diindeks sehingga kamu dapat merujuk kembali catatanmu dengan mudah. Seperti, menggunakan pemisah halaman untuk setiap topik yang dituliskan.

3. Selalu bawa buku catatan dalam sakumu

Tindakan sederhana membawa buku catatan di sakumu akan menginspirasi dan stimulasi kamu untuk membuat catatan. Coba ini! Bawalah buku catatan di sakumu selama 21 hari dan lihat kapan dan di mana kamu akan membuat catatan dan kapan kamu tidak mencatatnya. Ini akan memastikan kamu memiliki buku catatan yang berguna untuk rapat, kegiatan, dan peluang yang penting.

4. Temukan gaya membuat catatan yang kamu sukai

Banyak dari kita memiliki gaya penulisan catatan yang berbeda, jadi temukan gaya yang sesuai dengan cara berpikirmu dan itu memastikan kamu mendapatkan manfaat maksimal dari catatan yang kamu ambil. Satu kata dari catatan atau pemikiran bisa sama kuatnya dengan gambaran rapat yang lebih rinci.

Inilah beberapa catatan yang bisa kamu coba dan dicontoh lebih lanjut :

  • Pemetaan pikiran
  • Metode Garis Besar
  • Metode Charting
  • Metode Cornell
  • Metode Maria Popova
  • Metode Pencatatan Cepat

5. Gunakan format yang sama

Setelah kamu menemukan metode dan sistem yang sesuai, patuhi dan ubah sesuai dengan kepribadian Kamu. Jika Kamu memotong dan mengubah gaya, akan lebih sulit untuk menelusuri kembali dan menguraikan catatan yang telah kamu secara efektif di kemudian hari.

Salah satu kunci yang harus diikuti adalah memastikan bahwa halaman catatan diberi tanggal dan informasi utama atau topik utama ditampilkan di bagian atas halaman. Jika Kamu membuat simbol atau huruf berbeda sebagai titik referensi, misalnya, R untuk Rapat, pastikan ini juga dimasukkan dalam catatanmu.

6. Tinjau catatan yang telah ditulis

Kamu mungkin merasa sulit untuk menemukan waktu untuk meninjau kembali catatan tetapi sangat penting untuk kamu lakukan kembali. Sisihkan waktu untuk meninjau catatan, idealnya dalam 48 jam setelah membuatnya.

Jika Kamu membiarkan catatan tertumpuk, hingga menjadi sarang laba-laba dan berdebu selama seminggu atau lebih setelah mengambilnya, ingatanmu tidak menjadi semakin kuat, kamu akan malas dan cenderung tidak akan mengambil tindakan apa-apa terhadapnya.

Beberapa catatan akan memunculkan pertanyaan lebih lanjut, beberapa akan memerlukan pemikiran lebih dalam dan yang lain tidak akan menjadi prioritas untuk saat itu. Dengan meluangkan waktu untuk meninjaunya, kamu akan selalu memiliki sikap proaktif daripada hanya sekedar reaktif.

7. Ambil tindakan

Salah satu kunci untuk membangun kebiasaan yang sukses adalah kamu mencapai beberapa bentuk keberhasilan, betapapun kecilnya itu. Kesuksesan ini akan membangun momentum, membantu perkembangan dan tumbuh setiap hari. Ini juga memastikan kebiasaan itu melekat di badan dan otakmu.

Mencatat adalah salah satu kunci keberhasilan bagi banyak pengusaha tingkat tinggi dan jika kamu bisa menjadikannya sebagai kebiasaan, kamu akan membuat keputusan yang lebih baik, menyelesaikan masalah dengan lebih baik, menjadi lebih kreatif, meningkatkan pembelajaranmu dan meningkatkan produktivitas.

Mungkin diperlukan banyak disiplin untuk menjadikan mencatat sebagai kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi setelah kamu menemukan proses yang berhasil kamu lalui, manfaatnya yang terasa akan sangat besar.

Nah itulah sedikit manfaat, tips cara menjadikan mencatat sebagai kebiasaan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan tujuan yang kamu diimpikan akan segera tercapai.

“aku membaca lusinan buku catatan setiap tahun dan menuliskan semua ku alami setiap hari, sebuah ide yang tidak ditulis adalah ide yang hilang. Saat inspirasi datang, Kamu harus menangkapnya. ” Richard Branson

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.