Gila-gilaan 2019 Smartphone Dengan Kamera 68 Megapiksel?

kamera 5

Kosongan – Seiring berkembangnya teknologi, inovasi pun tidak ada habisnya. Selalu ada yang baru serta pengembangannya, terutama teknologi pada smartphone. Berikut ini adalah inovasi smartphone terbaru di 2019.


Inovasi Smartphone Terbaru 2019


1Infinity O-display

 

Jika perusahaan smartphone lainnya merilis smartphone dengan notch display, Samsung sendiri menggagas sebuah inovasi baru yaitu Infinity-O Display. Gambarannya, kamera depan smartphone yang biasanya terhubung dengan bingkai smartphone, dibuat terpisah dan akan tampak seperti sebuah black hole (lubang hitam).

Meski inovasi ini telah diaplikasikan pada Samsung Galaxy A8s yang rilis pada Desember 2018 lalu, nampaknya inovasi ini dikembangkan Samsung dan mungkin akan menjadi tren Samsung di 2019 ini. Jika di Samsung A8s hanya terdapat satu buah kamera pada Infinity O-display, maka di tahun ini Samsung juga telah menggunakan dual-camera seperti yang ada pada Samsung Galaxy S10.

24K HDR OLED Display

Di tahun 2019 ini, Sony telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya yang merupakan smartphone dengan layar 4K HDR OLED. Bagi yang belum tahu, teknologi HDR umumya digunakan pada kamera ataupun pada TV, dengan teknologi HDR maka gambar yang ditampilkan akan lebih jelas dan detail.

Pada tahun 2016 lalu Sony telah meluncurkan smartphone pertama yang menggunakan panel HDR, yaitu Sony Xperia X Premium. Dan di tahun ini Sony kembali merilis varian terbarunya, Sony Xperia 1 yang menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan layar 4K HDR OLED. Bisa dibayangkan kan, layar 4K HDR Sony yang sudah sangat jernih ditambah lagi menggunakan panel OLED?

3Pop up Camera/ Sliding Camera

Smartphone dengan bezel lebar atas bawah, kemudian muncul inovasi full display sehingga bezel smartphone menjadi tipis. Bezel bagian atas yang merupakan tempat kamera dirasa masih cukup tebal hingga muncullah gagasan notch layar, ada yang berbentuk poni lebar kemudian semakin kecil berbentuk U maupun V.

Hingga kemudian muncul kamera depan smartphone dibuat terpisah dari bezel karena display yang benar-benar hampir menutupi semua bagian depan smartphone, membentuk semacam lubang di layar.

Dan tidak hanya sampai disitu kini telah hadir inovasi terbaru, yaitu pop-up camera. Dengan teknologi ini, tampilan depan smartphone hanya akan dipenuhi oleh layar tanpa adanya kamera yang mengganggu. Lalu apakan kamera depannya dihilangkan? Jawabannya tentu tidak, karena kamera ini berada di tempat tersembunyi.

Sebelumnya, teknologi ini sudah digunakan oleh Oppo pada produk Oppo Find X-nya yang dirilis pada 2018 lalu. Konsepnya adalah dengan sliding (menggeser) layar smartphone. Namun di 2019 ini, teknologi pop-up kamera ini akan lebih canggih. Karena kita tidak perlu menggeser layar smartphone ke bawah, melainkan kameranya yang akan muncul ke atas.

4Foldable phone (Ponsel Lipat)

Mendengar istilah ponsel lipat mungkin akan mengingatkan kita pada ponsel-ponsel jadul yang layarnya bisa dilipat (dibuka tutup). Nah di tahun 2019 ini kita bisa melihat ponsel lipat dalam arti yang sebenarnya. Iya, layarnya benar-benar bisa dilipat. Tidak percaya?

Beberapa produsen smartphone sudah mulai memperkenalkan smartphone dengan kosep foldable-nya, sebut saja dua produsen ternama Samsung dan Huawei. Namun tahukah kalian? Smartphone pertama di dunia yang mengusung teknologi ini adalah Royole Flexpai yang sudah dirilis pada akhir 2018 lalu. Namun saat ini tentu saja vendor-vendor smartphone lain juga akan segera merilis smartphone foldable mereka.

55 Buah Kamera

Smartphone dengan dual kamera belakang? Sudah biasa. Triple kamera belakang? Bagaimana kalau empat? Itu belum seberapa. Di awal tahun 2019 ini produsen ponsel legendaris Nokia merilis smartphone terbarunya yang mengusung lima buah kamera belakang.

Tampil beda, penempatan kamera belakang smartphone ini pun tidak vertikal atau berjejer horizontal. Dengan lima buah kamera utama, satu buah lampu flash, dan satu buah sensor 3d depth yang membentuk formasi persegi enam dengan titik di tengah.

Lima buah kamera yang diusung Nokia 9 Pureview ini mengusung resolusi masing-masing sebesar 12 MP. Pada peluncururannya, smartphone ini diumumkan telah bekerja sama dengan Adobe Lightroom. Hal tersebut berarti hasil foto dari Nokia 9 Pureview ini dapat diolah dalam bentuk RAW dalam sebuah mode khusus di Adobe Lightroom untuk mengoptimalkan hasil foto yang diambil. Dan tidak hanya lima kamera utama tersebut, smartphone ini juga memiliki sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 20 MP.

6Kamera 48 Mega Piksel

Untuk yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Di awal tahun ini Redmi yang merupan sub-brand dari Xiaomi telah merilis smartphone unggulannya yang mengusung kamera beresolusi tinggi yaitu 48 MP.

Tidak hanya itu, kamera tersebut juga dilengkapi dengan kamera kedua yang memiliki resolusi 5 MP. Namun kamera keduanya tersebut hanya berfungsi untuk sensor kedalaman (depth sensing). Selain itu smartphone ini juga memiliki kamera depan (selfie) dengan resolusi 13 MP yang sudah dilengkapi pula dengan teknologi AI Beauty dan pengaturan HDR.

7Kamera Kolektif 68 Mega Piksel

Tidak puas dengan smartphone lima kamera atau yang punya resolusi 48 MP? Di awal tahun ini Huawei telah merilis varian flagship terbarunya, yaitu Huawei P20 Pro yang memiliki kamera triple yang secara kolektif memiliki resolusi sebesar 68 MP.

Berbeda dengan Redmi Note 7 yang satu kameranya memiliki resolusi 48 MP, kamera 68 MP smartphone ini merupakan jumlah kolektifnya. Huawei P20 Pro memiliki tiga buah kamera utama. Masing-masing yaitu, kamera monokrom sebesar 20 MP, kamera telephoto sebesar 8 MP, dan kamera RGB (Red, Green, Blue) yang memiliki resolusi sebesar 40 MP.

Tidak hanya itu, kamera di smartphone ini juga dilengkapi dengan lampu flash, sensor temperatur warna, laser receiver, dan laser transmitter.

810x Lossless Zoom Camera

Masih seputar kamera, kali ini ada teknologi terbaru yang merupakan inovasi dari produsen smartphone OPPO. Teknologi tersebut dinamakan 10x Lossless Zoom Camera yang merupakan pengembangan dari 5x Lossless Zoom Camera.

Teknologi yang diperkenalkan OPPO dalam Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona ini merupakan yang pertama di dunia. Teknologi Lossless zoom ini menggunakan tiga buah lensa kamera, yaitu kamera telephoto, kamera ultra wide, dan kamera utama. Selai itu, pada kamera telephoto dan kamera utama OPPO juga menyematkan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) yang bertujuan untuk menghasilkan gambar yang lebih stabil.

9Chipset Snapdragon 855

Di tahun 2019 ini para produsen smartphone berlomba-lomba untuk mengeluarkan smartphone yang disenjatai dengan prosesor Snapdragon 855. Chipset ini merupakan keluaran terbaru Qualcomm yang baru saja dirilis pada akhir 2018 lalu.

Chipset Snapdragon 855 merupakan chipset pertama di dunia yang mendukung konektivitas jaringan 5G. Selain itu sistem chipnya juga sudah mengedepankan teknologi teknologi AI. Pemaksimalan performa dan visual yang lebih baik, hingga keunggulan pada sektor kamera.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.