5 Game Terkenal ini akan Berusia 10 Tahun Loh, Penasaran? – Bagian 1

5 Game Terkenal ini akan Berusia 10 Tahun Loh, Penasaran? - Bagian 2

Berbicara mengenai video game, manusia lahir dengan rentang usia yang sangatlah terbatas, video game justru malah sebaliknya. Benda penghibur yang berpotensi untuk “memperbudak” jiwa kalian ini sama sekali tak memiliki batasan yang dapat mempengaruhi keberadaannya. Bahkan ia selalu dikenang dan awet untuk dimainkan sampai kapan pun kalian mau.

Usia 1 Dekade, atau bisa kita sebut sebagai 10 tahun merupakan usia yang tergolong masih kanak-kanak bagi kalian yang merasa dirinya pantas untuk dianggap sebagai manusia. Namun uniknya, usia ini bisa saja menjadi istimewa bagi sebuah video game, walau tetap saja tidak semua game yang nantinya akan menginjak usia sepersepuluh abad tersebut berhak mendapat sebuah penghormatan selayaknya kita menghormati seorang legenda.

Sebagian game yang sempat dirilis pada tahun 2008 lalu pasti ada yang terbilang “gagal” di pasaran. Sehingga untuk mencoba angkat topi pun, kita terkesan ada rasa tidak tulus dalam melakukannya. Namun, apabila khusus untuk game yang nyatanya betul-betul luar biasa, kita tak akan mungkin untuk ragu membangga-banggakan hingga menceritakannya kepada insan-insan yang sudah terlanjur lupa.

Oleh karena itu, untuk itu kami disini akan memberitahukan atau menginggatkan generasi – generasi muda mengenai game-game apa sajakah yang secara tidak kalian sadari sudah susah payah berjuang selama sekitar 10 tahun dalam mengusir rasa kebosanan kita semua? Berikut 5 Game Terkenal ini akan Berusia 10 Tahun Loh, Penasaran? – Bagian 1. Cek dibawah ini.

5 Game Terkenal ini akan Berusia 10 Tahun Loh, Penasaran? – Bagian 1


1. Far Cry 2

Dari game-game bermuatan EA, sekarang kita beralih ke salah satu franchise game ala “rambo” bikinan Ubisoft yang sangat begitu kental akan nuansa eksplorasi open worldnya. Pada tanggal 21 Oktober 2008, franchise Far Cry untuk pertama kali telah berhasil menelurkan sekuelnya yang berjudul Far Cry 2. Bisa dibilang bahwa game ini merupakan pionir dari game-game open-world Far Cry yang selanjutnya. Bersetting di wilayah pedalaman Afrika Tengah, Far Cry 2 Kabarnya memiliki luas map yang paling besar dalam sejarah game Far Cry berdiri, yakni sebesar sebesar 50 km persegi.

Dalam game ini, kalian akan berperan sebagai seorang tentara bayaran yang terjebak ke dalam sebuah perang antar dua kelompok bersenjata di wilayah Afrika. Di sana, kalian ditugaskan untuk menumpas seorang penyelundup senjata yang menamai dirinya sebagai “The Jackal”. Rupanya keberadaan “The Jackal” inilah yang menyebabkan permusuhan antar kedua faksi tersebut semakin berkecamuk di Afrika. Melihat bahwa game ini dirilis pada tahun 2008, Far Cry 2 hanya hadir untuk konsol Ps3, Xbox 360, dan PC.


2. GTA IV

Dapat dibilang merupakan salah satu franchise sejuta umat bagi para penggemar game open world di seluruh dunia. Siapa yang tidak mengenal sebuah game dimana kalian bisa bebas melakukan segala hal yang pastinya termasuk “ilegal” di dunia nyata ? Sebelum GTA V sempat merajalela, prekuelnya pun yang berjudul Grand Theft Auto IV  juga sempat menjadi primadona yang selalu didamba-dambakan oleh para komunitas gamer AAA.

Sesungguhnya sangatlah tidak terasa bila game yang menceritakan kisah-kisah kehidupan seorang imigran di sebuah kota metropolitan ini sudah memasuki tahunnya yang kesepuluh semenjak dirilis untuk konsol PS3 dan Xbox 360 pada tanggal 29 April 2008 lalu, sedangkan versi PCnya baru mulai dirilis pada tanggal 2 Desember 2008. GTA IV juga seakan menjadi prototype lewat pertama kali diperkenalkannya Cover System yang akan membuat sesi baku tembak di dalam game menjadi terasa lebih nyata.


3. Fallout 3

Merupakan seri franchise lawas yang sebelumnya memiliki genre sebagai game RPG isometrik. Ketika Bethesda sukses mendapat hak lisensi dari franchse Fallout, mereka secara resmi telah merombak hampir secara keseluruhan ciri khas dari franchise yang menceritakan tentang kehidupan tanah Amerika selepas perang nuklir. Sehingga game Fallout 3 yang mereka sudah rilis pada tanggal 28 Oktober 2008 lalu, hadir di tengah-tengah kita sebagai salah satu game Action RPG open world paling unik di dunia.

Yang membuat Fallout 3 terlihat unik adalah kalian tidak lagi memainkan game ini secara isometrik seperti di dalam prekuelnya. Justru kalian akan banyak bermain dalam sudut pandang first person, ataupun third person seperti yang kalian jumpai pada game-game action baku tembak. Bethesda sendiri juga berhasil menginovasikan sebuah sistem pertarungan yang memungkinkanmu untuk menghentikan waktu melalui mode VATS. Selayaknya pada game RPG, mode ini dirasa sangatlah membantu untuk menentukan mana titik-titik lemah musuh yang dapat diserang atau kalian tembak secara efektif ?

Selain itu, lore-lore di dalam game ini pun juga menyajikan segudang cerita yang sangat menarik dan menyentuh. Terutama tentang segala hal yang sudah terjadi akibat efek dari perang nuklir antara Amerika dan China pada saat itu. Sebagian juga ada yang dikemas ke dalam berbagai macam sidequest yang wajib tak boleh kalian lewatkan ketika memutuskan untuk menikmati game ini secara maksimal.


4. Dissidia Final Fantasy

Game ini bisa jadi adalah buah dari mimpi para fans untuk melihat karakter-karakter dari franchise Final Fantasy bisa saling berjibaku ataupun bertarung satu sama lain. Hasilnya, pada tanggal 18 Desember 2008, telah lahir sebuah game fighting 1 on 1 dari konsol PSP yang menampilkan karakter ikonik dari hampir keseluruhan seri JRPG legendaris tersebut berjudul Dissidia Final Fantasy.

Selain menampilkan satu karakter protagonis dan antagonis di tiap serinya. Setiap karakter dalam Dissidia juga masing-masing memliki gameplay mekanik yang berbeda dan cenderung unik. Sehingga pastinya hal ini akan memberikanmu banyak variasi dalam bermain. Game ini sepertinya juga menjadi perintis munculnya banyak game Final Fantasy yang bersifat crossover. Game Dissidia saja sekarang sudah berhasil mengevolusikan banyak versi seperti game Dissidia NT yang biasa kalian jumpai di PS4, hingga game Dissidia Opera Omnia yang telah dirilis untuk platform Android dan Ios.


5. Mirror’s Edge

Percaya tidak percaya, game yang satu ini datang dari salah satu developer dan publisher yang sekarang sudah dianggap sebagai “tokoh antagonis” di dalam dunia video game. Ya benar, tentu kalian ingat dengan perkataan mereka yang berbunyi “Game single player sudah mati” dimana kata-kata mutiara mereka tersebut mungkin selalu terngiang-ngiang di kepalamu belakangan ini. Walaupun begitu, bukan berarti bahwa EA maupun EA DICEselaku developer adalah orang-orang yang sangat tidak kompeten dalam membuat game-game single player.

Pada tanggal 11 November 2008, mereka telah membuat game first person adventure yang berjudul Mirror’s Edge. Game ini bisa dibilang telah berhasil mencuri perhatian banyak orang. Karena tidak hanya menghadirkan sang protagonis wanita yang cantik dan atraktif, gameplaypun seakan telah berhasil memberi sebuah dimensi baru di dunia game-game first-person. Dalam game ini, untuk pertama kalinya EA mampu memadukan unsur parkour yang sangat immersif ke dalam genre first person.

Mirror Edge sendiri menceritakan kisah tentang seorang kurir bernama Faith Connors yang ingin membersihkan nama baik adiknya, Kate yang difitnah karena dianggap telah membunuh seorang calon pejabat. Faith di sepanjang game akhirnya harus mencari banyak informasi dan petunjuk dengan menjelajah, memanjat, melompati gedung-gedung, hingga kabur dari kejaran para “satpam” melalui kemampuan parkournya. Game ini sendiri bisa kalian mainkan di konsol PS3, Xbox 360, dan pastinya PC.

Nah inilah 5 game terkenal yang sudah berusia 10 tahun pada tahun 2018 ini Bagian 1. Tentu semua game diatas sudah sangat jadul, tetapi mereka adalah teman terbaik saat – saat pada masa jayanya kan? Apakah dari deretan game diatas ada yang kamu sukai? Beri tanggapan dibawah ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.