Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake!

Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake
Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake

Kosongan – Beberapa tahun belakangan ini, menjadi sebuah tren sebuah game jadul yang dihidupkan kembali dalam sebuah remastered ataupun remake untuk konsol termutakhir. Ada perbedaan antara remastered dengan remake.

Jika sebuah game ingin dibuatkan remake, tentunya pengembang game tersebut membutuhkan sumber daya yang lebih banyak dibandingkan jika hanya melakukan remastered. Hal ini dikarenakan remake biasanya akan mengubah aspek grafis dengan menggunakan engine berbeda, mekanisme gameplay yang ditawarkan, atau bahkan ceritanya juga diubah.

Berbicara mengenai Playstation One atau yang populer disebut PS1, tentu akan muncul cukup banyak judul yang disebut-sebut layak dihidupkan kembali. Mulai dari game bergenre RPG, adventure, racing dan bahkan simulation juga memiliki kenangan tersendiri bagi para pemainnya. Nah, berikut beberapa judul game Playstation One yang layak mendapatkan remake:

Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake

1Resident Evil 3 Nemesis

Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake

Dirilis oleh Capcom pada 1999, Resident Evil 3 Nemesis berperan sebagai sekuel ketiga serial tersebut. Game ini disebut-sebut sebagai game yang berhasil menjadikan nama besar waralaba Resident Evil menjadi semakin populer di mata para pecandu genre horror berkat pengalaman survival intens di dalamnya.

Dalam game ini, sobat kosongan akan berperan sebagai Jill Valentine, dan memiliki tujuan untuk keluar dari Racoon City yang sudah dilanda wabah zombie. Tidak hanya zombie biasa, para pemain pun akan dihantui oleh sosok zombie super yang disebut Nemesis sepanjang permainan.

2Crash Team Racing (CTR)

Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake

Dirilis oleh Naughty Dog pada 1999, Crash Team Racing (CTR) adalah game spin-off balapan yang semua karakternya berasal dari karakter-karakter original game Crash Bandicoot, game 3D platformer yang sama-sama dibesut Naughty Dog untuk PS1.

Dengan kualitas grafis yang tergolong oke untuk saat itu, CTR juga memiliki gameplay yang sangat seru untuk dimainkan. Selain menyediakan mode single player, sobat kosongan juga bisa bermain dengan satu hingga tiga teman lainnya lewat mode multiplayer yang membuat game ini semakin asyik dimainkan.

3Vigilante 8: 2nd Offense

Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake

Vigilante 8: 2nd Offense resmi dirilis pada 1999 oleh pengembang Luxoflux dan mendapatkan kesuksesan yang cukup besar. Secara garis besar, game ini menawarkan sensasi seperti seri Twisted Metal namun dengan suasana retro khas tahun 70an namun tercampur suasana futuristik.

Meski tidak segelap seri Twisted Metal, namun Vigilante 8: 2nd Offense tetap seru berkat kesan battle-royale ala-ala vehicular combat. Terutama game-game bertema battle-royale sedang amat digandrungi sekarang, rasanya menghidupkan kembali waralaba ini akan membawa kesuksesan besar.

4Digimon World 3

Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake

Bertindak sebagai sekuel ketiga, tentunya Digimon World 3 bisa dibilang sebagai penyempurnaan dari seri pertama hingga kedua dalam aspek mekanisme gameplay, jalan cerita, dan dunia yang lebih luas nan kompleks untuk dijelajahi. Game ini sendiri pertama rilis pada 2002 oleh pengembang Bandai untuk konsol PS1.

Di game ini, sobat kosongan akan berperan sebagai seorang anak 12 tahun yang terjebak dalam dunia digital. Untuk mekanisme gameplaynya, Digimon World 3 menawarkan genre turn-based RPG dan pemain bisa membawa tiga digimon sekaligus.

5Tenchu: Stealth Assasins

Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake

Game ini pertama kali dirilis pada 1998 dan merupakan game pertama dari waralaba Tenchu. Tenchu: Stealth Assasins menawarkan pertarungan intens melawan musuh menggunakan katana, kunai, pisau, bom asap dan senjata-senjata khas ninja lainnya. Tidak hanya menjual aksi heboh, game ini juga dibalut dengan unsur stealth nan menegangkan.

Kini hak paten waralaba Tenchu sudah dipegang oleh FromSoftware, developer waralaba game keji Dark Souls yang terkenal itu. Dengan begitu, masih ada harapan untuk serial ini akan dihidupkan kembali di konsol yang lebih modern suatu saat nanti.

6Suikoden

Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake

Suikoden mungkin merupakan salah satu waralaba masterpiece milik Konami yang seolah dilupakan. Pasalnya, meskipun antusiasme luar biasa dari para penggemar, Konami seolah masih enggan untuk menghidupkan kembali waralaba yang satu ini. Suikoden merupakan game RPG yang terkenal di era Playstation hingga Playstation 2.

Suikoden pertama kali dirilis pada 1995 untuk konsol PS1 oleh Konami. Ceritanya sendiri berpusat pada intrik politik, korupsi, revolusi dan kristal mistik yang disebut True Runes dan 108 Stars of Destiny. Cerita Suikoden disebut-sebut sebagai adaptasi lepas dari novel China klasik berjudul Shui Hu Zhuan.

7Dino Crisis

Game Jadul PS1 yang Layak Mendapatkan Remake

Game bertema surival horror yang menggunakan Dinosaurus sebagai musuh utama ini pertama kali dirilis pada 1999 untuk PS1 oleh Capcom. Meskipun dibidani oleh Shinji Mikami, bapak seri Resident Evil yang super populer itu, namun pendekatan yang dibawa Dino Crisis tidak terlalu populer saat itu. Namun siapa yang menyangka, pendekatan yang dibawa game tersebut justru meraih kesuksesan yang cukup besar.

Dino Crisis berpusat mengenai orang-orang yang berada dalam sebuah pulau terisolasi dan terjebak dalam pusat penelitian yang dikuasai oleh para dinosaurus buas nan mematikan. Meski membawa senjata, tetap saja akan tetap terasa ngeri menghadapi dinosaurus-dinosaurus itu.

Selain game-game tersebut, apa adalagi game yang menurut sobat kosongan layak dihidupkan kembali? Jangan sungkan untuk berbagi pendapat di kolom komentar, ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.