5 Rekomendasi Game Moba Analog Terbaik, Rasakan Sensasinya!

Suka game moba? Contohnya saja, game moba seperti Mobile Legends ataupun Arena Of Valor yang sangat terkenal. Tapi, apakah game moba analog tersebut hanya itu-itu saja? Tentu tidak, banyak sekali game-game bergenre atau bertipe moba yang mungkin belum pernah kalian mainkan sebelumnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan kalian-kalian rekomendasi yang sangat memungkinkan, dan bisa jadi kalian akan langsung suka dan menjadi itu game kesukaan kalian.

Tentu, kami tidak akan memberikan game Mobile Legends ataupun Arena of Valor, karena memang sudah kalian kenal sebelumnya. Rekomendasi kami kali ini akan sangat berbeda dan memang game yang bertipe moba yang belum kalian mainkan. Dibalik keseruannya tentunya kalian sering dihinggapi rasa jenuh dan ingin mencoba beberapa game sejenis. Oleh karena itu kali ini kami akan berbaik hati untuk memberikan beberapa game bergenre MOBA yang wajib kalian coba selain ML ataupun AOV. Nah tunggu apa lagi, inilah 5 Rekomendasi Game Moba Analog Terbaik, Rasakan Sensasinya! Cek di bawah ini.


1Flame X Blaze

Rekomendasi pertama kami game moba terbaik adalah Flame X Blade. Ya, mungkin sebagian dari kalian belum pernah memainkan dan bahkan belum pernah mendengar nama ini sebelumnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan kalian detil tentang game ini. Game ini dikembangkan oleh Square Enix. Nah, game ini dengan format 3vs3 ini akan memiliki desain karakter Chibi, dengan tampilan grafis yang memukau khas Square Enix.

Secara gameplay game ini memiliki gaya yang sedikit unik, saat permainan di mulai kamu akan memiliki dua pilihan, dimana kamu bisa langsung menyerang base musuh mu atau memilih membunuh monster-monster. Uniknya saat kamu berhasil membunuh para monster dan bar mu penuh, kamu dapat memanggil semacam monster raksasa untuk membantu mu menghancurkan markas lawan.  Terlebih lagi, game ini tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, karena kalian akan mendapatkan item seiring naiknya level kalian. Seru banget kan, jadi tunggu apa lagi, ayo mainkan sekarang.


2Freedom of War 2

Rekomendasi game moba analog kedua kami adalah Freedom of War 2. Ya, selain Mobile Legends ataupun Arena of Valor, ini adalah salah satu pilihan game moba terbaik menurut kami. Dijamin, gabakal nyesel deh kalian mendownload ataupun memainkan game satu ini. Nah secara gameplay game ini sendiri kurang lebih memiliki gameplay yang sama dengan game MOBA Mobile pada umumnya, dimana akan tersedia 3 line dan 2 jungler. Namun perbedaan utama yang dimiliki Freedom of War 2 dengan game MOBA-MOBA pada umumnya adalah, tampilan graphic yang memuaku, dimana map game yang satu ini bisa dibilang merupakan gabungan dari AOV dan Vainglory.

Sedikit informasi, game ini memiliki map sedikit mirip dengan ainglory dan detail yang memukau disetiap sudutnya membuat game MOBA yang satu ini akan menjadi saingan utama game MOBA seperti AOV dan Mobile Legends. Untuk desain karakter sendiri game ini juga memiliki desain yang cukup unik dimana karkater-karakternya desain dengan gaya gabungan  futuristik dan moderan. Menariknya, game ini juga menghadirkan hero-hero yang beragam. Bahkan, hingga karakter manga ataupun animasi sekalipun. Jadi, enggak bakal nyesel deh memainkan game ini. Buruan download.


3War Song

Rekomendasi ketiga kami game moba analog terbaik kecuali Mobile Legends dan Arena Of Valor adalah War Song. Ya, game ini memang seperti game moba pada umumnya. Eit, jangan salah, karena banyak sekali pembeda dari game-game lainnya. Perlu kalian ketahui, War Song sepertinya benar-benar pintar mengambil celah dari kelebihan dan kekurangan game-game MOBA mobile yang ada di pasaran.

Salah satunya adalah masalah grafis, game ini memiliki tampilan detail yang sangat memanjakan mata dan memiliki grafis yang hampir mendekati realistis. Desain hero-hero dalam game ini akan memiliki gaya yang unik dengan ciri khas Jepang, sejauh ini ada sekitar lebih dari 20 hero yang bisa kamu pilih, dan terbagi kedalam 6 tipe, yaitu, Tank, Fighter, Marksman, Mage, Assassin, dan, Supporters.

Lalu, apakah yang jadi pembeda game ini dengan game moba lainnya? Nah yang menjadi pembedanya adalah adanya sistem Day and Night. Ketika permainan baru dimulai kamu bisa memilih menjadi kudu siang atau malam. Misal kamu memilih kubu siang, kamu akan mendapatkan buff yang memperkuat diri mu, dan tidak didapatkan oleh pemain lain yang memilih kubu malam. Sehingga tim mu harus imbang dalam pemilihan sistem Day and Night ini. Menarik banget kan? Game mana lagi coba yang mempunyai fitur yang sangat semenarik ini. Buruan download dan mainkan bareng teman kalian.


4Onmyoji Arena

Siapa sih yang enggak memainkan atau mengenal game Onmyoji Arena? Bahkan game ini digadang-gadang akan mengalahkan popularitas dari Mobile Legends nanti. Ya, karena didukung dari segi gameplay, map hingga skin-skin yang ada di game ini. Jujur, game ini lebih menarik dari Mobile Legends sendiri, grafisnya juga sangat mumpuni, dengan skill efek yang sangat realitas. NetEase, selaku developer ini mungkin mencoba menyaingi game terkenal buatan Tencent yaitu Honor of King atau lebih dikenal dengan nama AOV di Indonesia, melalui game ini.

Secara permainan Game ini memiliki sistem dan gameplay yang sangat mirip dengan game-game MOBA analog mainstream lainnya. Namun ada beberapa perbedaan yang dimiliki game ini, salah satunya adalah, luas peta petempuran akan lebih besar dibandingkan game MOBA yang lain, serta level maksimal tiap karakter mu adalah 18. Selain itu  akan tersedia 4 skill yang bisa kamu gunakan. Gimana? Menarik banget kan, rugi lho kalo enggak maen game satu ini. Mungkin kalian akan bisa moveon dari Mobile Legends ataupun Arena Of Valor.


5BarbarQ

Rekomendasi terakhir kami game moba analog terbaik selain Mobile Legends ataupun Arena of Valor adalah BarbarQ. Ya, mungkin sebagian dari kalian tidak mengetahui game satu ini. Tapi, game ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian. Karena apa? Dari segi gameplay, hingga grafis yang sangat memukau. Dan tidak hanya itu, banyak sekali fitur-fitur yang akan membuat kalian sangat menyukai game satu ini.

Nah, sedikit informasi, game ini menggunakan sistem 5vs5, game yang dikembangkan oleh Electronic Soul ini menawarkan sesuatu yang berbeda dengan format permainan 3vs3vs3, jadi kamu akan bermain sebagai tim melawan 6 orang lainnya, dan bersama-sama dengan dua rekan tim mu berusaha memenangkan pertandingan. Selain itu perbedaan utama yang dimiliki BarBarQ dengan game lain adalah, tidak akanya tower, dan pertandingan hanya akan berjalan selama 6 menit saja, jadi pemenang ditentukan dari jumlah point terbanyak. Menarik kan? Buruan download dan mainkan.


Nah itulah 5 Rekomendasi Game Moba Analog Terbaik menurut kami. Semoga bisa bermanfaat dan bisa moveon dari Mobile Legends ataupun Arena Of Valor. Karena, rekomendasi-rekomendasi di atas sudah tidak bisa dipungkiri lagi sangat seru dan memiliki kelebihan masing-masing. Bahkan, lebih bagus dari review atau ulasan kami sendiri.