Gak Cuma Pahala! Ini Manfaat Shalat Tarawih Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Shalat Tarawih Bagi Tubuh Manusia
Manfaat Shalat Tarawih Bagi Tubuh Manusia

Kosongan – Di hari-hari biasa, Umat Islam melakukan shalat 5 waktu dalam sehari. Namun, ketika memasuki bulan Ramadhan, ada tambahan shalat Tarawih yang dilakukan seusai shalat Isya. Bagi Umat Islam, shalat Tarawih merupakan salah satu ibadah yang dilaksanakan saat bulan Ramadhan selain ibadah puasa pada siang harinya. Shalat Tarawih termasuk ke dalam shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari dan hukum mengerjakannya ialah sunnah muakkad. Shalat Tarawih amat dianjurkan dilaksanakan secara berjamaah.

Manfaat Shalat Tarawih sangatlah banyak. Selain manfaat berupa ganjaran pahala, rupanya Shalat Tarawih juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia lho. Gerakan shalat biasa diketahui dapat meningkatkan fleksibiltas dan kebugaran otot tubuh, apalagi Shalat Tarawih yang durasi dan jumlah rakaatnya lebih banyak. Berikut ini adalah manfaat Shalat Tarawih bagi kesehatan tubuh manusia:

Manfaat Shalat Tarawih bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Ketika kita melakukan gerakan-gerakan dalam Shalat Tarawih, terjadi peningkatan daya tahan, stamina, fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Shalat menghasilkan perubahan fisiologis yang setara dengan melakukan joging, namun tanpa memiliki efek samping.

Sebelumnya, ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 17.000 orang alumni Harvard. Penelitian tersebut memberikan bukti kuat bahwa joging sekitar 3 mil sehari dapat meningkatkan kesehatan. Seseorang yang menggunakan energi sekitar 2000 kkal dalam seminggu memiliki tingkat kematian beberapa kali lebih rendah dibandingkan yang sedikit atau tidak berolahraga sama sekali.

Gerakan-gerakan dalam shalat secara aktif menguatkan tulang dan sendi manusia, terutama Shalat Tarawih yang jumlah rakaatnya lebih banyak dari shalat biasanya. Selain itu, berkat gerakan-gerakan di dalamnya, Shalat Tarawih juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, terutama setelah berbuka puasa kita memiliki kecenderungan untuk makan makanan manis.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat melakukan gerakan berulang dan teratur selama Shalat Tarawih kekuatan otot, tendon, fleksibilitas sendi dan respon kardiovaskular akan meningkat. Oleh karena itu, Shalat Tarawih memungkinkan tubuh manusia untuk meningkatkan daya tahannya. Karena ini juga, kita relatif lebih kuat berpuasa dan terhindar dari penyakit selama bulan Ramadhan.

3. Mengontrol Berat Badan

Shalat Tarawih dapat mengontrol berat badan dengan mengeluarkan kalori tanpa meningkatkan nafsu makan. Kombinasi dari pembatasan asupan makanan saat berpuasa di siang hari disertai gerakan berulang nan teratur selama Shalat Tarawih pada malam harinya bisa membantu kita untuk mengurangi berat badan. Akan tetapi, kontrol berat badan ini disertai syarat jangan berlebih-lebihan memberi asupan makanan pada tubuh baik pada saat sahur maupun berbuka.

Selain itu, Shalat Tarawih juga efektif bagi orang yang tidak terlalu banyak memiliki waktu untuk berolahraga. Dengan Shalat Tarawih, kita bisa tetap beribadah sambil mengontrol berat badan. Karena memiliki efek seperti aktifitas olahraga, Shalat Tarawih juga ternyata dapat meningkatkan stamina tubuh dan membuat kita tidak cepat lelah dan mengantuk di saat berpuasa pada siang harinya.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Olahraga diketahui dapat meningkatkan suasana hati sekaligus mengurangi kecemasan dan depresi. Layaknya olahraga, Shalat Tarawih secara rutin bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan stress dan tekanan yang dialami sepanjang hari. Selain itu, diketahui bahwa melafalkan doa dan ayat kitab suci saat beribadah seperti shalat dapat mengatur tekanan darah, tingkat pernapasan dan denyut jantung.

Shalat Tarawih secara rutin bisa meningkatkan peredaran darah ke otak dan menjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan sehingga otak bisa bekerja secara optimal, hal ini akan membantu kita untuk dapat lebih berkonsentrasi terutama saat bekerja meskipun anda sedang berpuasa. Selain itu saat Shalat, tubuh terutama otak akan melepaskan senyawa endhorpin yang bisa meningkatkan perasaan nyaman dan membuat mood kita menjadi baik.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Saat melakukan gerakan shalat, secara rutin tubuh menjaga keseimbangan detak jantung. Hal itulah yang membuat kita merasa nyaman saat shalat. Efek ini bertambah lagi pada saat melakukan Shalat Tarawih, karena jumlah rakaat dan durasi Shalat Tarawih relatif lebih panjang dari shalat biasa. Berdasarkan hasil riset, ditemukan bahwa shalat tarawih memiliki efek yang sama dengan latihan kardio atau senam jantung.

Kurang lebih, begitulah manfaat Shalat Tarawih bagi tubuh manusia, Sobat Kosongan. Sekarang tau ‘kan manfaat Shalat Tarawih? Selain memeberikan manfaat secara psikis, seperti: meningkatkan keimananan, memberikan ketenangan batin, meningkatkan solidaritas sosial, menghilangkan kesenjangan sosial dan melatih kesabaran, rupanya Shalat Tarawih juga memiliki manfaat bagi tubuh kita lho.

Eits, meskipun begitu, ada baiknya ketika akan melakukan Shalat Tarawih hendaknya jangan semata-mata berniat untuk menjaga kesehatan saja lho, sobat kosongan. Ada baiknya kita juga berniat untuk mencari pahala dan ridho Tuhan, karena innamal amalu binniyat. Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapat ganjaran dari apa yang diperbuat tergantung dengan apa yang orang tersebut niatkan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.