Film Seperti Black Swan, Tentang Profesi Dan Ambisi

film_seperti_black_swan_4

Kosongan – Pada tahun 2010, industri perfilman dibuat takjub dengan film bergenre suspense karya Darren Aronofsky, Black Swan. Yang dibintangi oleh aktris kawakan, Natalie Portman sebagai pemeran utama. Film ini juga ‘lah yang menghantarkan Portman pada piala Oscar pertamanya sebagai Best Actress pada tahun 2011.

Lepas dari kontroversi pihak film Black Swan yang tidak mau mengakui penari pengganti Natalie Portman sebagai Nina, film ini merupakan salah satu karya yang menuai kritik positif karena jalan ceritanya yang suram dan memutar pikiran kamu sebagai penonton. Film ini menunjukan sisi lain dari dunia balet yang selama ini kita lihat sebagai dunia dongeng dengan keindahan dan kelembutan.

Dibalik kelembutan seorang penari balet, mereka juga memiliki ambisi yang besar ketika harus bersaingin untuk mendapatkan sebuah peran. Bahkan gadis selembut dan senaif Nina juga memiliki tekad yang besar, bahkan lebih besar dari para penari lainnya.

Karena Nina sebetulnya adalah perempuan yang tidak stabil dan rapuh, hal ini mempengaruhi kejiwaannya dan membuat dirinya seakan memiliki kepribadian ganda. Sama halnya dengan peran yang sedang ia dambakan yaitu sebagai White Swan dan Black Swan.

Jika kamu menyukai film seperti Black Swan yang menunjukan keindahan sekaligus ketegangan tentang dunia profesi seseorang, berikut beberapa film yang bisa kamu tonton.

4 Film Seperti Black Swan

4The Neon Demon (2016)

film_seperti_black_swan_2

Dibalik personanya yang tenang dan lemah, Jesse (Elle Fanning) memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi bahwa dirinya memiliki kecantikan yang memukau sebagai seorang model. Semua perempuan akan membunuh untuk memiliki wajah seperti dirinya, dan dalam hal film ini, hal tersebut memiliki makna secara harfiah.

The Neon Demon adalah film tentang dunia modeling yang terkenal keras dan memiliki persaingan yang ketat di antara para model. Wajah cantik dan tubuh ideal saja tidak cukup.  Dan Jesse memiliki pesona tersebut dan dengan mudah mendapatkan apa yang ia mau, perhatian dari para desainer dan pekerja di industri ini.

Film ini memiliki visual yang menakjubkan didukung dengan musik yang menciptakan vibe khas. Dialognya cukup minim, karena film ini lebih bercerita banyak secara visual. Mungkin akan cukup membosankan bagi kamu yang tidak suka film absurd yang terkesan “kosong”. Namun jika kamu memiliki selera yang terbuka dengan film, The Neon Demon patut kamu tonton untuk pengalaman menonton yang baru.

3Whiplash (2014)

film_seperti_black_swan_1

Whiplash adalah salah satu film terbaik pada tahun 2014 yang sempat masuk dalam nominasi Oscar sebagi Best Picture pada tahun 2015. Film ini merupakan debut dari sutradara yang mulai diperhitungkan dalam industri film, Damien Chazelle, yang juga dikenal dengan karyanya La La Land (2016).

Berkisah tentang Andrew (Miles Teller), seorang pemain drum di sebuah sekolah musik jazz. Setelah bertemu dengan Fletcher (J.K Simmons), instruktur musik yang terkenal kejam dan sangat disiplin, ambisi dan dedikasi Andrew pun semakin membara seiring berjalannya waktu. Tak hanya ingin mendapatkan posisi sebagai pemain drum utama, Andrew terus berlatih habis-habisan untuk menjadi pemain drum terbaik.

Chemistry yang terjalin di antara Andrew dan Fletcher dieksekusi dengan sempurna bagai deruh drum jazz yang dinamis namun tersinkronasi.  Film ini menampilkan ambisi dan perjuangan hingga titik darah penghabisan, secara harfiah. Penampilan Miller sebagai Andrew pada akhir film dijamin akan membuat kamu terpukau dan sangat bersyukur bisa menonton film satu ini.

2Cam (2018)

film_seperti_black_swan_3

Cam bisa jadi merupakan salah satu harta karun di Netflix tahun ini. Melalui film ini, kamu bisa “mengintip” sisi lain internet yang mungkin belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Berkisah tentang Lola a.k.a Alice (Madelline Brewer), seorang camgirl yang memiliki akun di sebuah situs pornografi dan memiliki acaranya sendiri untuk menghibur banyak orang.

Lola berambisi masuk dalam urutan 50 besar dalam situs tersebut dan terus menyuguhkan konten khasnya, hingga suatu hari ia melanggar aturannya sendiri dan terjebak dalam sebuah mimpi buruk. Seorang perempuan misterius yang sangat mirip dengannya meng-hack aku Lola dan mencuri pekerjaan dan kehidupannya.

Film ini cukup menjanjikan melalui beberapa menit adegan pembukanya yang sangat mengundang dan dieksekusi dengan sempurna sebagai film suspense. Penampilan Madelline Brewer juga patut diapresiasi dalam film ini.

1Perfect Blue (1997)

film_seperti_black_swan

Film seperti Black Swan berikutnya datang dari dunia anime. Banyak orang yang menganggap bahwa Black Swan memiliki vibe dan jalan cerita yang cukup serupa dengan Perfect Blue yang telah rilis terlebih dahulu pada tahun 1997. Buat kamu yang tidak suka anime, jangan berpaling dulu, film anime satu ini dijamin akan memuaskan untuk kamu yang benar-benar ingin menonton film serupa. 

Perfect Blue garapan Satoshi Kon berkisah tentang seorang gadis naif bernama Mima Kirigoe, seorang mantan anggota idol grup, CHAM! Mima memutuskan untuk beralih menjadi aktris dengan image yang lebih dewasa ketika mendapatkan kesempatan tersebut. Namun ternyata kehidupan aktris dewasa tidak semudah yang ia bayangkan.

Mima mengalami disorientasi selama proses adaptasi yang disertai dengan berbagai kasus pembunuhan tidak wajar disekitar tempat kerja barunya.

Film ini memiliki alur cerita yang akan memutar otak dan membuat kamu juga merasakan disorientasi. Mana yang nyata dan yang ilusi semata. Vibe 90-an pada visual film anime satu ini sangat khas dan tidak seperti anime yang selama ini kamu tonton. Semuanya didesain serealistis mungkin agar tidak terkesan kartun fuwa fuwa ala anime pada umumnya.

Perfect Blue merupakan film anime yang paling recommended dalam list satu ini.