Film Sejarah Tentang Perang Dunia Ke II Terbaik

film-sejarah-perang-dunia-2-1

Kosongan – Film merupakan salah satu media edukasi yang efektif. Film sejarah merupakan salah satu genre yang sering diangkat oleh para moviemaker. Tak sedikit pula film bermuatan sejarah selalu menghiasi daftar nominasi ajang penghargaan film tertinggi seperti Oscar. Hal ini karena film sejarah memiliki pesan dan dampak yang nyata pada penontonnya. Para penonton yang lebih tua biasanya juga merasa relevan dengan film sejarah dan tersentuh.

Salah satu tema sejarah yang paling sering diangkat adalah sejarah Perang Dunia ke II. Terutama kisah tentang perlawanan dunia terhadap rezim Nazi yang sangat berkuasa dan meninggalkan kengerian pada catatan sejarah dunia. Adapun beberapa film yang bersifat fiksi namun mempresentasikan sesuatu yang mungkin terjadi saat perang namun tidak terliput media.

Buat kamu yang menyukai film berbobot, berikut beberapa film tentang perang dunia ke II yang patut kamu tonton.


7 Film Tentang Perang Dunia ke II

1Dunkirk (2017)

Film pertama adalah Dunkirk, bercerita tentang tentara Perancis, Inggris, Belanda, dan Belgia yang terjebak di sebuah semenanjung bernama Dunkirk. Mereka di kepung oleh tentara Jerman mengalami serangan udara bertubi-tubi sembari menunggu pertolongan dari negara mereka.

Film ini berlatar pada kisah nyata dari Perang Dunia ke II ketika Jerman menyerang para tentara yang mengekavuasi diri di Dunkirk pada bulan Mei tahun 1940.

Film ini merupakan film adaptasi kejadian nyata yang dikerjakan oleh maestro film suspense, Christopher Nolan. Dengan sentuhan suram dan cinematic yang dramatis dan megah, film ini akan membawa kamu dalam suasana mencekam yang dirasakan para tentara pada masa peperangan.

2Darkest Hour (2017)

Darkest Hour merupakan film dengan latar waktu dan tema yang sama dengan Dunkirk namun lebih mengungkap kisah tentang para pemerintahan Inggris dalam mengambil keputusan pasca penyerangan di Dunkirk. Winston Churchill (Gary Oldman) harus dihadapkan dengan pilihan untuk menyerahkan Inggris ke tangan Jerman atau tetap melakukan penyerangan militer sampai titik darah penghabisan.

Ditengah tekanan berbagai pihak yang sudah ingin menyerah pada Nazi, perdana mentri Churchill tetap keras kepala untuk menyelamatkan para tentara yang terjebak di Dunkirk dan kembali menyerang Jerman.

Film satu ini dijamin kan membuat para warga Inggris merasa nasionalis dan mengenang sosok pemberani, Wiston Churchill yang dibawakan sempurna oleh aktor Gary Oldman.

3Imitation Game (2014)

Satu lagi sosok pahlawan dalam Perang Dunia ke II tanpa senjata adalah Alan Turing. Kisah Alan Turing di angkat pada film Imitation Game. Bercerita tentang seorang pemuda super genius namun tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Diperankan oleh Bennedict Cumberbatch, film ini mengisahkan Alan yang berhasil memecahkan pesan dari Jerman dengan mesin Enigmanya.

Sayangnya, akhir hidup Alan tidak sepadan dengan jasanya pada negara. Alan adalah seorang homosexual yang pada jaman itu adalah perilaku dengan konsekuensi hukum di Inggris.

4Schindler’s List (1993)

Film berikutnya adalah pemenang Oscar Best Picture pada tahun 1994. Film ini disutradari oleh Steven Spielberg. Bercerita tentang seorang pengusaha pada Perang Dunia ke II bernama Oskar Schindler yang diperankan oleh Liam Neeson. Oskar awalnya datang ke Polandia untuk mengambil keuntungan dalam perang dengan membuka sebuah lapangan usaha.

Ia merekrut banyak pengawai Yahudi awalnya hanya untuk keuntungan semata dan memandang mereka sebagai aset. Hingga suatu hari ia melihat kekejaman Jerman membantai para orang Yahudi. Ia mulai melindungi para pegawainya dari kamp konsentrasi yang kejam.

Film ini berdasarkan kisah nyata dan akan membuatmu merasakan kengerian pembantaian Jerman di Krakow pada para orang Yahudi. Banyak adegan kekerasan dan filter hitam putih pada film semakin membangkitkan nuansa jaman dahulu yang suram pada saat perang.

5The Pianist (2002)

The Pianist merupakan film adaptasi otobiografi berjudul ” The Pianist: The Extraordinary True Story of One Man’s Survival in Warsaw, 1939 – 1945″ tentang seorang pianis bernama Wladyslaw Szpilman yang diperankan oleh Adrien Brody. Ia adalah seorang Yahudi yang memiliki profesi sebagai pianis di stasiun radio kota.

Setelah kota Warsaw berubah semenjak pembantaian para tentara Nazi kepada para Yahudi, Wladyslaw bersembunyi dan berpindah-pindah dari runtuhan satu ke rutuhan lainnya.

6Ally (2016)

Berikutnya adalah film romantis dengan latar Perang Dunia ke II. Bercerita tentang dua agen rahasia bernama Max Vatan (Brad Pritt) dan Marianne Beausehour (Marion Cotillard) yang melakukan misi pembunuhan salah satu komandan Nazi di Casablanca. Setelah selamat dari misi tersebut, keduanya jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah dan memulai hidup baru.

Pernikahan mereka terasa baik-baik saja apalagi setelah dikaruniai seorang bayi perempuan. Hingga suatu hari Max mendapat infromasi bahwa istrinya adalah mata-mata Jerman dan terancam hukuman mati.

Banyak yang membandingan film ini dengan Mr. & Mrs. Smith (2005), hanya karena sekali lagi Brad Pitt menjadi agen rahasia yang menjalin cinta dengan agen lainnya. Ally murni film drama tragedi dengan kisah yang lebih melankolis dan konflik yang serius.

7Downfall (2004)

Berikutnya ada film sejarah tentang Perang Dunia ke II yang menunjukan kisah dari sudut pandang kubuh Hitler, pemimpin rezim Nazi.

Pada tahun 1942, Traudl Junge (Alexandra Maria Lara) akhirnya mendapatkan pekerjaan impiannya sebagai sekretaris Adolf Hitler (Bruno Ganz) yang sedang berada di puncak kejaannya pada masa perang.

Buat kamu yang penasaran dengan detik-detik terakhir jatuhnya rezim Nazi dan Adolf Hitler, film ini akan menyuguhkan informasi tersebut dari sudut pandang Traudl Junge yang tinggal di kerjaan Hitler yang berubah menjadi bunker rahasia ketika ia mulai dikhianati oleh sekutunya dan bersiap menghadapi akhir dari kekuasaannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.