7 Film Kartun Bertema Suram Dan Gelap

kartunbertemasuram.2
Coraline (2009)

Kosongan – Kartun tidak selalu bertema ceria dengan warna-warna eye catching, adapun berbagai judul film kartun bertema suram yang telah diproduksi. Film kartun dengan tema suram biasanya nampak dari visualnya yang gelap, hingga tema ceritanya yang cenderung suram. Buat kamu yang menyukai animasi dengan gaya gothic, bertema alam supranatural atau pun kisah tragedi, mungkin kamu akan menyukai beberapa film kartun berikut ini.

Simak berbagai kartun bertema suram yang telah dirangkum khusus buat kamu.

7 Film Kartun Bertema Suram

1The Nightmare Before Christmas (1993)

The Nightmare Before Christmas adalah kartun stop motion garapan sutradara Tim Burton.

Bercerita tentang Jack Skellington, the pumpkin king dari Halloweentown. Ia terkenal karena kehebatannya menyebarkan teror pada hari liburan Halloween di dunia nyata. Di puncak karirnya, Jack mulai merasa bosan karena setiap tahun ia harus merayakan hari liburan yang sama. Hingga suatu hari ia jatuh dalam pusaran pohon yang membawanya ke Christmastown tempat dimana keajaiban dan kehangatan Natal diciptakan. Jack pun hendak mengambil alih tugas Sinterklas dengan cara mencuri Sinterklas. Apakah Jack Skellington berhasil menciptakan Natal yang menyenangkan oleh anak-anak di dunia nyata? Atau justru menebar kengerian dan mimpu buruk pada malam Natal.

Film kartun satu ini memiliki sentuhan musikal dengan lagu-lagu ikonik, seperti This Is Halloween hingga Kidnap The Sandy Claws. Karakter Jack Skellington pastinya sudah tidak asing bagi kamu. Jangan hanya memiliki aksesoris tengkorang yang unik, tonton filmnya agar lebih maksimal.

2Coraline (2009)

Coraline adalah seorang gadis yang baru saja pindah di sebuah rumah baru. Namun ia merasa bosan dan kesal karena kedua orang tuanya terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka. Coraline yang suntuk pun menelusuri rumah barunya dan menemukan sebuah lorong yang membawanya ke dunia pararel di mana ia mendapatkan perhatian dari kedua orang tuanya yang bermata kancing. Namun keadaan mulai terasa mengelisahkan ketika The Other Mother ingin Coraline tetap tinggal di dunia tersebut. Coraline pun harus menemukan jalan untuk kembali ke keluarga aslinya dan mengentikan teror dari The Other Mother.

Buat kamu yang menyukai film misteri dengan petualangan, film satu ini bisa menjadi pilihan untuk kamu. Tidak hanya horror, sosok Caroline yang pemberani akan membawa kamu pada petualangan mengakhiri teror musuh besarnya.

3Corpse Bride (2005)

Tim Burton memang terkenal dengan berbagai film kartun bertema suram ciptaannya. Selain The Nightmare Before Christmas, Corpse Bride juga memiliki auro gelap sekaligus menyedikan dalam kisahnya.

Bercerita tentang seorang pemuda bernama Victor yang sedang gugup menghadapi upacara pernikahan dengan kekasihnya, Victoria. Ia pun berlatih mengucapkan janji pernikahan di hutan dan memasang cicin pada ranting pohon. Hal tersebut ternyata mengantar Victor pada perjanjian pernikahan dengan sebuah mayat pengantin perempuan bernama Emily.

4Frankenweenie (2012)

Victor Frankenstein adalah seorang anak laki-laki pencinta ilmu science yang tidak memiliki banyak teman di sekolah. Namun ia memiliki sekor anjing bernama Sparky yang ia anggap sebagai sahabat sejatinya. Hingga suatu hari Sparky meninggal karena kecelakaan mobil. Victor pun patah hati dan tidak bisa menerima kepergian Sparky. Hingga guru science-nya memberi ide untuk mengejutkan Sparky dengan metode tertentu untuk mengembalikan nyawa Sparky.

Kartun bertema suram satu ini juga disutradarai oleh Tim Burton dengan teknik stop motion dan nuansa hitam putih yang membuat kartun ini semakin suram.

5Chicken Run (2000)

Chicken Run adalah animasi keluaran Dreamwork tentang kehidupan sekumpulan ayam di Peternakan Ayam Yorshire. Setiap hari, ayam-ayam betina harus menghasilkan telur. Hingga suatu hari, seekor ayam jantan hadir di pertenakan dan hendak mengajari para ayam untuk terbang dan kabur dari peternakan. Waktu mereka untuk kabur semakin sempit ketika sebuah mesin pie canggih datang untuk mengubah para ayam menjadi pie yang siap dijual.

Film kartun satu ini bertema komedi dengan setuhan noir yang akan membuat kamu merasa gelisah. Chicken Run akan berhasil membuat kamu merasakan bagaimana rasanya menjadi ayam yang hendak diekploitasi untuk kebutuhan manusia.

6Marry Anda Max (2009)

Kartun berikutnya adalah Marry And Max, sebuah kartu drama indie buat kamu yang menyukai film-film drama dengan cerita tidak biasa. Film kartun ini berkisah tentang pertemanan pena tidak biasa antara Marry dan Max. Marry adalah seorang gadis cilik dari Australia, sementara Max adalah laki-laki berusia 44 tahun asal New York penyendiri yang menderita Asperger.

Tidak hanya melalui visualnya yang didominasi hitam putih, suasan cerita yang dibawakan juga bertema hangat namun suram. Bagi kamu yang sensitif, siapkan tisu untuk akhir cerita dari film kartun satu ini.

7Igor (2008)

Igor adalah seorang laki-laki berpunuk yang harus memendam bakatnya sebagai seorang ilmuan hanya karena kondisi fisiknya. Ia pun bekerja dengan seorang ilmuan bernama Dr. Glickenstein. Untuk pertarungan science berikutnya, Igor pun hendak menunjukan bakatnya dengan menciptakan monster yang tidak hanya tercipta dari mesin, namun juga memiliki jiwa. Tercipta Eve, monster wanita besar namun memiliki sifat yang manis dan sopan. Daripada menjadi petarung, Eve lebih memilih untuk menjadi aktris.

Igor merupakan kartun bertema suram dengan latar dan tema visual yang gelap dan jauh dari keceriaan. Namun kamu masih bisa merasakan kehangatan melalui hubungan Igor dan Eve yang berkemabang menjadi hubungan percintaan yang tidak biasa. Akhir film pun memiliki nuansa yang lebih terang dan membuat kamu merasa hangat setelah dari awal film dirundung dengan kesuraman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.