Film Indonesia Terpopuler yang Mendunia, Ada yang Dicekal!

Killers

Kosongan – Tidak kalah dengan film-film Hollywood, Indonesia juga punya film-film keren yang mendunia. Diputar di berbagai festival film internasional, dan memenangkan berbagai penghargaan, berikut ini daftar film Indosia terpopuler yang mendunia.


Film Indonesia Terpopuler yang Mendunia


1The Raid

Setelah sukses dengan film aksi pertamanya yang berjudul Merantau, sutradara Gareth Evans kemudian kembali menggarap film laga yang juga kembali dibintangi oleh aktor Iko Uwais dan kawan-kawan.

Film yang menampilkan keterampilan pencak silat para aktor dalam laganya ini menceritakan mengenai pemberantasan gembong narkoba yang dilakukan oleh sekelompok pasukan polisi khusus. Sekelompok polisi yang berjumlah 20 orang ini dipimpin oleh Rama yang diperankan oleh Iko Uwais. Mereka menyusun rencana untuk menggrebek sebuah gedung tua yang merupakan markas para kriminal yang dipimpin oleh Tama (Ray Sahetapy).

Film ini pertama kali diputar di festifel film internasional di Toronto pada tahun 2011, dan meraih suksesnya hingga akhirnya didistribusikan penjualannya di beberapa negara di luar negeri.


2The Raid 2: Berandal

Setelah film The Raid pertama yang tayang pertama kali pada tahun 2011, Gareth Evans kembali merilis film The Raid 2 yang merupakan sekuel dari film pertamanya. Dan masih dibintangi oleh para aktor di film sebelumnya, film ini juga dibintangi oleh aktor Jepang seperti Kazuki Kitamura yang pernah membintangi film Merantau.

Menceritakan kisah kelanjutan film The Raid pertama, tepatnya selang dua jam setelah kejadian akhir di film pertamanya. Di film ini, Rama yang sebelumnya merupakan seorang polisi harus menyamar menjadi seorang anggota mafia. Hal itu ia lakukan untuk dapat memberantas kejahatan dan membalaskan dendam atas kematian kakaknya.


3Something in The Way

Film garapan sutradara Teddy Soeriaatmadja ini merupakan film khusus yang dibuat untuk diikutkan dalam festival film internasional di Berlin. Sedangkan untuk ditayangkan di dalam negeri tidak memungkinkan, film ini dicekal karena banyaknya adegan dewasa yang ditampilkan.

Film ini menceritakan kisah Ahmad seorang supir taksi yang diperankan oleh Reza Rahardian, dan Kinar seorang PSK yang diperankan oleh aktris Ratu Felisha. Awalnya Ahmad merupakan seorang pecandu buku dan film dewasa, namun suatu hari Ahmad yang juga ternyata rajin ke masjid jatuh cinta kepada Kinar. Ia pun mencoba untuk mendekati Kinar namun ia mendapat masalah dari mucikari Kinar.


4Pengabdi Setan

Film yang satu ini merupakan salah satu film horor yang sangat ditunggu-tunggu dan bahkan sangat booming setelah penayangan pertamanya di bioskop. Meski film garapan sutradara Joko Anwar ini adalah remake dari film pertamanya yang tayang pada 1980 silam, namun film ini terbilang sangat berhasil.

Terbukti film ini menjadi film horor terlaris, memenangkan berbagai penghargaan yang salah satunya adalah mendapatkan predikat sebagai film horor terbaik di kancah internasional.


5Jagal (The Act of Killing)

Dikenal juga dengan judul The Act of Killing, film Indonesia yang satu ini disutradarai oleh Joshua Oppenheimer yang merupakan seorang berkewarganegaraan Amerika Serikat. Namun meskipun ia bukan orang Indonesia, Joshua berhasil mengangkat sisi gelap sejarah Indonesia dalam film ini.

Keberhasilannya dibuktikan dengan banyaknya pujian yang ia terima baik dari para juri maupun kritikus film saat pemutaran premier film ini di Toronto International Film Festival (TIFF) tahun 2012 lalu. Namun di Indonesia sendiri, film yang menceritakan mengenai pembunuhan massal PKI yang berlatar di kota Medan ini ternyata menuai banyak kontroversi.


6Merantau

Film ini meupakan sebuah film laga yang menampilkan ilmu bela diri khas Indonesia, yaitu pencak silat. Sesuai judulnya, film ini menceritakan budaya merantau yang ada di tanah minang, Padang. Dimana para pemuda ketika sudah cukup umur maka mereka harus pergi untuk merantau mencari pekerjaan.

Dibintangi oleh Iko Uwais yang memerankan tokoh utama Yuda, film ini juga menjadi film debut Iko Uwais yang kemudian melambungkan namanya di dunia film laga. Selain itu, film yang disutradarai oleh Gareth Evans ini juga dibintangi oleh Yayan Ruhian, Donny Alamsyah, Sisca Jessica, dll.


7Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Film ini merupakan salah satu film Indonesia terbaik yang memenangkan sangat banyak penghargaan di kancah perfilman Internasional. Baik itu dari segi sinematografi, ide cerita, aktris terbaik, sutradara terbaik, film terbaik, dan masih banyak lagi. Film yang digarap oleh sutradara Mouly Surya ini memiliki genre drama thriller yang sederhana namun mampu membawa penonton menikmati setiap alur ceritanya.

Mengambil latar di sebuah pedesaan di tanah Sumba, film ini menceritakan kisah Marlina seorang janda yang diperankan oleh Marsha Timothy. Dari empat babak yang diceritakan, babak pertama di film ini dibuka dengan adegan pembunuhan yang dilakukan Marlina terhadap ketua kelompok penjahat yang berusaha mengganggu dan ingin memerkosanya.


8Killers

Merupakan sebuah film koraborasi Indonesia dengan Jepang, film ini diproduksi oleh kerjasama rumah produksi Guerilla Merah Films Indonesia dan rumah produksi Nikkatsu Jepang. Film ini pun dibintangi oleh aktor dan aktris Jepang Kazuki Kitamura dan Rin Takanashi, sedangkan dari Indonesia ada Oka Antara dan Luna Maya.

Film ini disutradarai oleh Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel yang juga dikenal dengan sebutan Mo Brothers. Film ini menawarkan sebuah kisah pshycological thriller. Film ini menceritakan mengenai Bayu (Oka Antara) seorang jurnalis yang putus asa terhadap karirnya. Ia kemudian terinspirasi mengikuti jejak Nomura (Kazuki Kitamura) yang senang membunuh dan membagikan videonya di jejaring sosial.


9A Copy of Mind

Film ini merupakan sebuah film yang disutradai oleh Joko Anwar. Film yang tayang pada bulan Februari 2016 ini cukup unik karena dibuat dalam dua versi. Satu versi full lengkapnya yang dibuat untuk ditayangkan di festival film internasional. Sedangkan satunya lagi adalah versi yang telah disensor. Beberapa bagiannya ada yang dihilangkan agar bisa ditayangkan di tanah air.

Film yang dibintangi oleh Chico Jericho dan Tara Basro ini menceritakan kisah cinta Sari (Tara Basro) dan Alek (Chico Jericho). Sari merupakan seorang pegawai di sebuah calon kecantikan. Sedangkan Alek merupakan seorang pembuat terjemahan bahasa dari dvd bajakan. Dan uniknya kisah mereka diceritakan dengan latar belakang kondisi politik di negeri ini. Dimana hukum akan tajam ke bawah dan tumpul ke atas.


10Rumah Dara/ Macabre

Film yang satu ini juga merupakan film garapan Mo Brothers, bahkan lebih dulu dibanding film Killers yang telah dibahas sebelumnya. Mengusung tema yang sama film ini juga memiliki genre psychological thriller bahkan horor.

Film ini dibintangi oleh Shareefa Danish, Imelda Therinne, Arifin Putra, dan kawan-kawan. Film rumah dara menceritakan kisah sebuah rumah yang menjadi tempat pembantaian keluarga kanibal. Namun berbeda dengan film horor Indonesia seperti kebanyakan yang lainnya, film ini sangat berbeda. Alurnya sulit ditebak dan memicu adrenalin yang menontong di setiap adegannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.