10 Film Hollywood Terbaik Tentang Bencana Alam

10 Film Hollywood Tentang Bencana Alam yang Tidak Pernah Terlupakan Sepanjang Masa
10 Film Hollywood Tentang Bencana Alam yang Tidak Pernah Terlupakan Sepanjang Masa

Hollywood tentu mampu membuat trade center atau kiblat referensi yang bagus bagi penikmat film atau para sutradara film nasional dan dunia. Terlebih, sebagai contohnya Film Bencana Alam Hollywood yang mampu membuat memacu adrenalin kamu saat menontonnya. Maka dari itu, film bertema “Disaster Movie” atau Film Bencana Alam Hollywood, selalu memiliki tempat istimewa di kalangan penggemar film.

10 Film Bencana Alam Hollywood Terbaik yang Ceritanya Tidak Pernah Bisa Dilupakan Sepanjang Masa

Bagaimana tidak, Film Bencana Alam Hollywood yang punya berbagai cerita menarik, tidak bisa dilupakan begitu saja ceritanya. Sampai sekarang, cerita yang ada dalam filmnya, bisa sangat membekas. Pasalnya, film yang dibuat, terasa begitu nyata. Sama halnya ketika terjadi bencana, pastinya bencana tersebut akan sangat membekas dihati kita bukan?.
Agar tidak membuat penasaran lagi, inilah beberapa Film Bencana Alam Hollywood yang bisa kamu saksikan kembali, semua dalam daftar di bawah ini:

12012 (2009)

2012 (2009)
2012 (2009)

Kejadian isu jika tahun 2012 akan datang kiamat, membuat Film Bencana Alam Hollywood ini diluncurkan. Belum lagi bertepatan di tahun itu juga, NASA mengeluarkan berita mengenai adanya letupan badai matahari (solar flare) atau Coronal Mass Ejection (CME) – lontaran massa korona paling kuat dalam kurun waktu 150 tahun, membuat berita ‘kiamat’ semakin santer terdengar.

Dimulai dari hancurnya seluruh daratan di Amerika akibat remuknya lempengan di sana. Lalu kota Los Angels hancur lebur di film ini. Film ini menceritakan perjuangan seorang keluarga yang ingin selamat atas bencana alam hebat tersebut. Film ini pun sempat booming dan menjadi perdebatan yang cukup panjang kala itu.

2Poseidon (2006)

Poseidon (2006)
Poseidon (2006)

Film Bencana Alam Hollywood yang berjudul Poseidon ini, akan mengingatkan kamu tentang bencana laut kapal Titanic. Walaupun beda cerita, tapi kedua film tersebut sama-sama menceritakan kejadian besar yang menimpa kapal pesiar mewah di tengah laut.

Adalah Robert Ramsey, seorang mantan walikota New York, bersama putrinya Jennifer Ramsey dan kekasihnya Christian, mereka bertiga menumpang di Posedion dalam perjalanan pulang dari London untuk kembali ke New York dengan melintasi samudera Atlantik Utara. Gelombang besar (tidal wave) tiba-tiba muncul dan menghantam kapal, membuat Poseidon berputar terbalik. Sang sutradara, Wolfgang Petersen, benar-benar membuat cerita Poseidon ini sangat menarik.

3Armageddon (1998)

Armageddon (1998)
Armageddon (1998)

Armageddon ini, sebuah Film Bencana Alam Hollywood tersukses berkat visual efek yang mumpuni di zamannya. Film ini dibuka dengan hancurnya pesawat NASA yang sedang hinggap di sebuah satelit guna memperbaiki instalasi yang rusak. Tiba-tiba ratusan meteor sebesar bola basket menghujani pesawat ulak-alik tersebut hingga bubuk.

Hujan meteor kecil itu, adalah awal dari meteor asli yang berukuran seukuran wilayah Texas, USA yang bisa saja menghantam bumi. Film ini mengankat sisi emosional yang baik, terdapat jiwa patriot dari para pemeran utamanya. Kerjasama dan pengorbanan yang kuat, yang membuat film ini masih tetap layak untuk di tonton.

4Volcano (1997)

Volcano (1997)
Volcano (1997)

Film ini memperlihatkan bahwa kota Los Angeles berada diatas jalur lempengan gunung berapi aktif. Juga dari San Fransico hingga San Diego menempati jalur gunung berapi ini, dan suatu saat akan meledak. Jalur tersebut dikenal dengan Cascade Range.

Dari fenomena inilah, Film Bencana Alam Hollywood berjudul Volcano dibuat. Lewat film Volcano, menjelaskan bagaimana hebatnya semburan lahar panas menghancurkan kota Los Angeles. Film ini seperti film bencana alam lainnya yang sangat cocok untuk dinikmati meskipun film ini merupakan film yang cukup lama.

5San Andreas (2015)

San Andreas (2015)
San Andreas (2015)

Nah, Film Bencana Alam Hollywood San Andreas memang sangat menarik untuk ditonton. Film ini dimulai dengan scene gempa bumi berskala 7.1 SR yang menghancurkan bendungan Hoover dan disusul oleh Gempa berkekuatan 9 skala ritcher yang datang menghancurkan seluruh wilayah di Los Angeles dan San Francisco.

Gempa yang mengguncang Los Angeles itu hanyalah permulaan, karena kejadian itu menimbulkan efek domino. Selain menjadi hiburan, film San Andreas kerap memberikan pelajaran berharga mengenai keluarga juga harapan. Film ini diperankan oleh Dwayne Jhonson (The Rock) yang terkenal lewat film- film action.

6Into The Storm (2014)

Into The Storm (2014)
Into The Storm (2014)

Bila ingat film Twister, maka Film Bencana Alam Hollywood ini tentu jauh lebih baik. Tentu saja, film Twister yang di produksi tahun 1996 akan sangat jauh dengan CGI dan 3D yang ditampilkan di film, Into The Storm keluaran tahun 2014. Film tema bencana alam yang satu ini, diawali dengan cerita sekelompok orang yang sedang bercengkrama di dalam sebuah mobil. Ketika sedang asyik mengobrol, tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang memperlihatkan sebuah tornado besar menghampiri mereka. Film ini memang memiliki alur yang simpel, namun sangat layak untuk di tonton.

7The Day After Tomorrow (2004)

The Day After Tomorrow (2004)
The Day After Tomorrow (2004)

Pecahnya es di Antartika yang diakibatkan oleh pemanasan global, adalah sebuah dampak bencana alam yang terjadi dalam Film Bencana Alam Hollywood ini. Film bencana alam ini, memperlihatkan sosok Tom Cruise sebagai pemeran utama, yang berjuang menghadapi suhu ekstrim yang dingin di dunia. Tentu saja film ini mengajarkan kita, agar kita waspada dengan beberapa efek pemanasan global. Karena film ini memang dikaji secara ilmiah.

8The Impossible (2012)

The Impossible (2012)
The Impossible (2012)

Film ini merupakan film yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada desember 2004 silam. Bencana ini merupakan bencana tsunami terbesar yang mengguncang negara- negara di lautan hindia termasuk Indonesia. Dan bencana ini menewaskan lebih dari 230.000 orang. Film The Impossible menceritakan tentang sebuah keluarga yang sedang mengadakan liburan natal dipantai yang berada di Thailand.

Namun ketika mereka sedang bermain asyik dan bersantai di kolam renang, air laut tiba-tiba meluap dan memporak-porandakan seluruh bangunan yang berada di dekat pantai. Termasuk kota yang mereka kunjungi. Cerita yang disajikan dalam film ini sangat dramatis dan sangat realistis. Film ini merupakan film yang sangat sukses dan mendapatkan banyak penghargaan.

9Deep Impact (1998)

Deep Impact (1998)
Deep Impact (1998)

Umat di dunia terancam musnah karena ancaman meteor yang berdatangan. Namun bila di film Armageddon kota hancur dan luluh lantak akibat ledakan, maka Deep Impact adalah meteor yang mengakibatkan tsunami. Ketika meteor besar bisa musnah, meteor lainnya berhasil sampai di bumi. Menghantam samudera Atlantik sehingga menghempaskan jutaan kubik air laut ke daratan. Saat menonton adegan air masuk kedalam kota, penonton akan terkejut mengingat besarnya tinggi air yang datang!

10The Perfect Storm (2000)

The Perfect Storm (2000)
The Perfect Storm (2000)

Tahun 1991 yang lalu, terdapat sebuah peristiwa nyata dimana seorang nelayan mampu melawan ombak besar di lautan. Cerita tersebut cukup populer oleh karena itu dijadikan sebuah film tema bencana alam, dengan judul The Perfect Storm pada tahun 2000. Dikisahkan, seorang nelayan yang punya masalah karena tangkapan ikannya tidak terlalu banyak.

Dirinya merasa direndahkan oleh sang majikan. Oleh karena itu, nelayan berkapal kecil tersebut nekat untuk menerjang kawasan terlarang demi mendapatkan tangkapan ikan yang banyak. Film ini sangat seru untuk di tonton bersama keluarga besar, karena ketegangan dan perjuangan tokoh utama di lautan yang penuh bahaya.

Itulah kesepuluh Film Bencana Alam Hollywood yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Namun, Film Bencana Alam Hollywood ini hanyalah sebatas hiburan saja. Adapun kejadian yang mirip, mungkin hanya kebetulan saja. Dan tentunya banyak pelajaran yang bisa diambil dari berbagai film tersebut.